📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

CEO DOKTER MOBIL INDONESA

PROFESSIONAL TIPS

Ko Lung-Lung merupakan seorang S2 lulusan dari Universitas of Western Sydney. Pengetahuannya yang mendalam di bidang mechatronik dan robotik menjadikannya diterima di beberapa team balap mobil luar negeri sebagai Konsultan Ahli dan juga CEO dari Dokter Mobil Indonesia.

Masalah Mobil Diesel dan Kiat Perawatannya ala Ko Lung-lung Dokter Mobil

Pengin punya mobil diesel dan sedang cari tahu apa saja kiat pakai mobil diesel yang pas agar tak ‘merepotkan’? Ko Lung-lung akan beberkan infonya untuk Anda!

Thayne Lika

Thayne Lika

Alias Ko Lung-Lung merupakan seorang S2 lulusan dari Universitas of Western Sydney. Pengetahuannya yang mendalam di bidang mechatronik dan robotik menjadikannya diterima di beberapa team balap mobil luar negeri sebagai Konsultan Ahli dan juga CEO dari Dokter Mobil Indonesia.
Thayne Lika

Thayne Lika

Alias Ko Lung-Lung merupakan seorang S2 lulusan dari Universitas of Western Sydney. Pengetahuannya yang mendalam di bidang mechatronik dan robotik menjadikannya diterima di beberapa team balap mobil luar negeri sebagai Konsultan Ahli dan juga CEO dari Dokter Mobil Indonesia.

Post Views

54.436 Views

Watch Time

10 Menit

Pengin punya mobil diesel dan sedang cari tahu apa saja kiat pakai mobil diesel yang pas agar tak ‘merepotkan’?

Pemilihan jenis kendaraan sering kali menjadi dilema, terutama antara mobil bensin dan diesel.

Di Indonesia, negara yang punya preferensi kuat terhadap bensin, pemahaman mendalam tentang perawatan mobil diesel menjadi sangat penting.

Ko Lung-lung dari Dokter Mobil berbagi wawasan luas melalui sebuah video YouTube dari Dokter Mobil yang mengupas tuntas tentang perawatan mobil diesel, mengungkap mitos yang beredar, dan memberikan tips penting bagi pemilik mobil diesel di Indonesia.

Beban Lebih pada Transmisi Mobil Diesel

Mobil diesel dikenal dengan torsi yang lebih tinggi dibandingkan mobil bensin.

“Secara umum, torsi yang lebih tinggi ini memberikan beban lebih kepada transmisi,” ujar Ko Lung-lung.

Ini merupakan poin penting yang sering terlewatkan oleh pemilik mobil diesel.

Beban yang lebih besar ini membutuhkan perhatian khusus pada perawatan transmisi, agar mobil dapat beroperasi dengan optimal dan menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Transmisi yang tidak dirawat dengan baik dapat mengalami keausan lebih cepat, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Pentingnya pemeliharaan transmisi pada mobil diesel tidak hanya terbatas pada penggantian oli secara berkala.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pemilik mobil juga harus memperhatikan kondisi fisik dan fungsional dari komponen transmisi.

Ini termasuk memeriksa adanya kebocoran oli, mendengarkan suara yang tidak biasa dari transmisi, dan memastikan bahwa perpindahan gigi lebih halus.

Kegagalan dalam melakukan perawatan ini dapat menyebabkan kerusakan transmisi yang mahal untuk diperbaiki.

Selain itu, pemilik mobil diesel harus menyadari bahwa karakteristik torsi tinggi dari mesin diesel mereka memerlukan jenis oli transmisi khusus yang dapat menangani beban kerja yang lebih berat.

Penggunaan oli transmisi yang tepat sangat penting untuk memastikan umur panjang transmisi dan performa berkendara yang optimal.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan manual pemilik atau ahli otomotif profesional ketika memilih oli transmisi untuk mobil diesel.

Baca Juga: Penyebab hingga Solusi Perpindahan Transmisi Matic Kasar

Indonesia Ini Negara Bensin, Bukan Diesel!

Indonesia memiliki karakteristik unik sebagai negara pengguna bensin.

“Kita adalah negara petrol, bukan negara diesel, berbeda dengan Thailand dan Eropa yang lebih banyak menggunakan diesel,” jelas Ko Lung-lung.

Distribusi solar yang tidak merata dan sering kali kelangkaan menjadi salah satu alasan utama.

Hal ini menimbulkan tantangan tersendiri bagi pemilik mobil diesel di Indonesia, terutama dalam hal ketersediaan bahan bakar dan perawatan yang tepat.

Kondisi ini memaksa pemilik mobil diesel untuk lebih proaktif dalam merencanakan pengisian bahan bakar dan memilih stasiun pengisian yang tepat.

Ketergantungan Indonesia pada bensin juga mencerminkan infrastruktur dan kebijakan energi yang ada.

Dengan subsidi bensin yang signifikan dibandingkan diesel, pemerintah secara tidak langsung mendorong penggunaan bensin. Ini berdampak pada pilihan konsumen dan jenis kendaraan yang tersedia di pasar.

Pemilik mobil diesel harus menyadari dinamika ini dan mungkin perlu menyesuaikan kebiasaan berkendara mereka untuk mengakomodasi ketersediaan bahan bakar yang lebih terbatas.

Selain itu, persepsi publik terhadap mobil diesel di Indonesia sering kali dikaitkan dengan aspek negatif seperti polusi dan biaya perawatan yang tinggi.

Namun, dengan teknologi modern, banyak dari asumsi ini telah terbantahkan.

Mobil diesel kini lebih bersih dan efisien, dengan sistem pembakaran yang lebih canggih dan filter partikel diesel yang mengurangi emisi.

Pemilik mobil diesel di Indonesia dapat menikmati manfaat efisiensi bahan bakar yang luar biasa dan torsi yang kuat, asalkan mereka berkomitmen untuk perawatan yang tepat.

Baca Juga: 10 Mobil Diesel Paling Irit dan Murah: Kualitasnya Tangguh!

Keluhan Umum dan Solusi di Mobil Diesel

Ini beberapa keluhan umum dan solusi dari permasalahan yang sering muncul di mobil diesel:

  1. Filter Solar Kotor

Salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik mobil diesel adalah penurunan performa setelah remapping.

“Sering kali, masalah ini bisa diatasi dengan mengganti filter solar yang ternyata kotor,” ungkap Ko Lung-lung.

Filter solar yang kotor dapat menghambat aliran bahan bakar, sehingga mengurangi efisiensi dan performa mesin.

Oleh karena itu, pemilik mobil diesel disarankan untuk secara rutin memeriksa dan mengganti filter solar, terutama setelah melakukan remapping.

Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa mesin diesel beroperasi pada efisiensi maksimal dan menghindari kerusakan jangka panjang yang dapat disebabkan oleh kontaminan dalam bahan bakar.

Pentingnya menjaga kebersihan filter solar tidak hanya terbatas pada performa mesin.

Ini juga berdampak pada umur panjang sistem bahan bakar dan dapat mengurangi risiko kerusakan pada komponen penting seperti pompa bahan bakar dan injektor.

Kontaminan dalam solar, seperti air dan partikel kotoran, dapat menyebabkan korosi dan keausan pada komponen-komponen ini, yang pada akhirnya akan menimbulkan biaya perbaikan yang signifikan.

Selain itu, pemilihan bahan bakar yang tepat juga sangat penting.

Di Indonesia, kualitas solar dapat bervariasi secara signifikan, dan penggunaan solar berkualitas rendah dapat meningkatkan risiko kontaminasi dan penumpukan residu.

Pemilik mobil diesel disarankan untuk menggunakan solar dengan spesifikasi yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan, jika mungkin, memilih bahan bakar dengan rating kualitas yang lebih tinggi.

Ini akan membantu dalam menjaga kebersihan sistem bahan bakar dan memaksimalkan performa dan efisiensi mesin diesel.

  1. Kurang Aware dengan Perawatan Berkala

Perawatan berkala menjadi kunci utama dalam menjaga performa mobil diesel. Ini termasuk injector cleaning, EGR cleaning, dan intake cleaning.

“Mobil yang dilengkapi dengan diesel particulate filter juga membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang,” tambah Ko Lung-ung.

Perawatan ini tidak hanya menjaga mobil agar tetap beroperasi dengan baik tetapi juga membantu dalam menjaga lingkungan.
Injector yang bersih memastikan penyemprotan bahan bakar yang optimal, mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Pembersihan EGR dan intake membantu dalam mengurangi penumpukan karbon, yang dapat mengurangi efisiensi mesin dan meningkatkan emisi.

Untuk pembersihan-pembersihan ini bisa Anda dapatkan secara lengkap dalam satu paket service saja melalui paket service tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Perawatan berkala juga mencakup pemeriksaan dan penggantian komponen aus seperti filter udara, filter oli, dan busi (untuk mobil diesel yang menggunakan sistem pemanasan busi).

Penggantian komponen-komponen ini pada interval yang direkomendasikan oleh pabrikan membantu dalam menjaga kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, perawatan berkala memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kecil sebelum berkembang menjadi masalah besar yang memerlukan perbaikan mahal.

Pentingnya penggantian oli mesin pada interval yang tepat tidak dapat diremehkan.

Oli mesin yang kotor atau sudah terlalu lama digunakan dapat menyebabkan peningkatan gesekan dan keausan pada komponen mesin, yang pada akhirnya akan mempengaruhi umur panjang dan performa mesin.

Pemilik mobil diesel harus memastikan bahwa oli mesin diganti sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan, menggunakan oli dengan spesifikasi yang sesuai untuk mesin diesel mereka.

  1. Abai Ganti Oli Transmisi secara Berkala

Penggantian oli transmisi sering kali diabaikan oleh pemilik mobil diesel.

“Jangan percaya pada ATPM yang mengatakan oli transmisi bisa bertahan hingga 50.000 km,” tegas ahli tersebut.

Berdasarkan pengalaman dan data yang ada, penggantian oli transmisi sebaiknya dilakukan setiap 25.000 km.

Ini untuk mencegah kerusakan pada transmisi yang dapat disebabkan oleh beban kerja yang lebih berat pada mobil diesel.

Penggantian oli transmisi yang teratur tidak hanya memperpanjang umur transmisi tetapi juga memastikan perpindahan gigi yang halus dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Pengabaian terhadap penggantian oli transmisi dapat menyebabkan akumulasi kotoran dan partikel logam dalam oli, yang dapat merusak komponen internal transmisi.

Ini dapat menyebabkan perpindahan gigi yang keras, penurunan performa, dan bahkan kegagalan transmisi total.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik mobil diesel untuk memperhatikan kondisi oli transmisi mereka dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi ahli atau pabrikan.

Selain itu, pemilik mobil diesel harus menyadari bahwa jenis oli transmisi yang digunakan sangat penting.

Oli transmisi yang dirancang khusus untuk mobil diesel sering kali memiliki aditif dan karakteristik yang berbeda untuk menangani torsi yang lebih tinggi dan suhu operasional yang lebih tinggi.

Penggunaan oli transmisi yang salah dapat mengurangi efektivitas pelumasan, meningkatkan keausan, dan pada akhirnya memperpendek umur transmisi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu menggunakan oli transmisi yang direkomendasikan oleh pabrikan atau berkonsultasi dengan ahli otomotif profesional.

  1. Pakai Oli Palsu

Ko Lung-lung juga mengingatkan tentang bahaya oli palsu.

“Satu kali lu pakai oli palsu, kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat merugikan,” katanya.

Penggunaan oli asli sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur panjang mesin mobil diesel.

Pemilik mobil harus sangat berhati-hati dalam memilih oli dan memastikan bahwa mereka mendapatkan produk asli.

Pasar oli palsu tidak hanya merugikan secara finansial tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan komponen lainnya.

Kerusakan yang disebabkan oleh oli palsu sering kali tidak langsung terlihat.

Seiring waktu, oli palsu dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan residu yang berlebihan, mengurangi efisiensi pelumasan, dan pada akhirnya menyebabkan keausan prematur pada komponen mesin.

Ini dapat mengakibatkan penurunan performa, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, dan bahkan kegagalan mesin.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik mobil untuk membeli oli dari sumber yang terpercaya dan memeriksa keaslian produk sebelum menggunakan.

Selain itu, pemilik mobil harus menyadari bahwa penggunaan oli yang tepat sangat penting untuk kesehatan mesin.

Oli mesin untuk mobil diesel sering kali memiliki spesifikasi yang berbeda dari oli mesin untuk mobil bensin, termasuk viskositas dan aditif khusus yang dirancang untuk mengatasi kondisi operasional mesin diesel.

Penggunaan oli yang salah dapat mengurangi efektivitas pelumasan, meningkatkan pembentukan karbon dan residu, dan pada akhirnya merusak mesin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Daripada kena jebakan oli palsu, Anda bisa percayakan pilihan oli mesin yang paling asli dengan oli 9Circle dari Dokter Mobil.

Oli 9Circle diformulasikan langsung dari Jerman agar sesuai dengan iklim tropis di Indonesia, agar tak mudah menguap dan punya blending yang baik dalam melindungi komponen mesin dari gesekan.

Oli ini juga hanya diproduksi dan dijual KHUSUS oleh Dokter Mobil dan unit-unit bisnisnya saja, jadi soal keaslian produknya jelas tak perlu diragukan lagi.

Perawatan Mobil Diesel Tidak Serumit yang Dibayangkan

Di akhir video, Ko Lung-lung menyimpulkan bahwa perawatan mobil diesel sebenarnya tidak terlalu rumit. Dengan perawatan yang tepat dan rutin, mobil diesel dapat beroperasi dengan optimal.

“Jangan lupa untuk selalu mengganti filter solar dan melakukan perawatan berkala lainnya,” tutupnya.

Video ini telah menjadi sumber informasi yang berharga bagi banyak pemilik mobil diesel di Indonesia, memberikan mereka pengetahuan yang lebih baik tentang cara merawat kendaraan mereka agar tetap dalam kondisi terbaik.

Kalau Anda masih bingung dengan kiat-kiat yang tepat dalam menggunakan mobil diesel dan bagaimana cara perawatannya, Anda bisa konsultasi dan servis berkala dengan kunjungi langsung cabang bengkel Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo Paket Service Terbaru dari Dokter Mobil!

[embedyt] https://www.youtube.com/embed?listType=playlist&list=UU6C1CMhgcglG7saIX-btfjg[/embedyt]

Latest Posts

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!