📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Selang Hawa AC Mobil: Fungsi Utama, Harga, hingga Cara Pemilihannya

Selang Hawa AC Mobil

Sedang bingung cari-cari selang hawa AC mobil agar kualitas pendinginan di AC mobil selalu prima? Artikel ini punya jawabannya!

Di tengah teriknya matahari dan udara yang panas, sistem AC mobil merupakan fitur yang sangat dihargai.

Namun, di balik kesejukan yang ditawarkan, banyak komponen yang harus bekerja dengan harmonis untuk menghasilkan udara sejuk – salah satunya adalah selang hawa AC mobil.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas lebih mendalam mengenai peran krusial selang hawa AC mobil, menyentuh beberapa aspek penting seperti fungsi esensialnya, panduan harga, tips dalam memilih selang berkualitas, serta tanda-tanda jelas yang mengindikasikan waktu penggantian selang telah tiba.

Fungsi Selang Hawa AC Mobil

Selang hawa AC mobil, meskipun sering tersembunyi dari pandangan, memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pendingin udara.

Fungsi utama selang hawa adalah sebagai penghubung vital antara berbagai komponen dalam sistem AC.

Melalui selang ini, refrigeran bergerak dari kompresor AC menuju komponen-komponen lainnya, seperti kondensor dan evaporator.

Seiring perjalanan refrigeran, panas yang diambil dari dalam kabin diserap dan dibuang keluar.

Tidak hanya itu, selang hawa juga membawa udara dari luar yang diperlukan untuk menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman dalam kabin mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Daftar Harga Selang Hawa AC Mobil

Dalam mengganti atau merawat selang hawa AC, memahami kisaran harga yang relevan adalah langkah awal yang bijaksana. Harga selang hawa AC mobil dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor.

Merek mobil, model, jenis selang, dan kualitasnya akan mempengaruhi harga akhir yang harus Anda bayarkan. Secara umum, harga selang hawa AC berkisar dari beberapa ratus ribu hingga sekitar satu juta rupiah.

Namun, saat melihat harga, jangan hanya fokus pada angka belaka. Lebih baik berinvestasi dalam selang yang berkualitas tinggi, karena selang hawa yang murah dan buruk kualitas dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dan biaya perbaikan yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Penting untuk mencatat bahwa selang hawa AC berkualitas tinggi tidak hanya memberikan kinerja yang lebih baik, tetapi juga memiliki daya tahan yang lebih lama dan mampu menjaga performa AC mobil Anda secara konsisten.

Cara Memilih Selang Hawa AC Mobil yang Bagus

Agar bisa memilih selang hawa AC mobil berkualitas, pastikan untuk memperhatikan komponen ini dengan detail sebelum membelinya dengan cek bagian-bagian ini:

  1. Material Berkualitas Tinggi

Ketika memilih selang hawa, perhatikan bahan pembuatannya. Selang hawa yang berkualitas tinggi umumnya terbuat dari bahan karet khusus yang tahan terhadap suhu ekstrem dan tekanan tinggi.

Selang yang kuat dan tahan lama akan mampu menangani fluktuasi suhu dan tekanan dalam sistem AC, menghindarkan potensi kebocoran dan kerusakan.

  1. Kompatibilitas dan Spesifikasi

Setiap mobil memiliki spesifikasi yang unik, termasuk dalam hal sistem pendinginan. Sebelum membeli selang hawa baru, pastikan selang tersebut kompatibel dengan merek, model, dan tahun produksi mobil Anda.

Memilih selang yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda akan memastikan kelancaran instalasi dan kinerja yang optimal.

  1. Ulasan dan Reputasi Merek

Sebelum memutuskan untuk membeli selang hawa dari merek tertentu, lakukan riset terlebih dahulu. Cari ulasan dari pengguna lain mengenai produk yang sama.

Reputasi merek juga penting untuk diperhatikan. Merek yang telah terbukti handal dan memiliki umpan balik positif dari pelanggan dapat memberikan kepercayaan tambahan dalam pembelian Anda.

  1. Mudah Dirawat dan Tahan Lama

Selang hawa yang berkualitas tinggi tidak hanya memiliki kinerja optimal, tetapi juga mudah dirawat.

Pilih selang yang tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrem, seperti paparan sinar UV atau kelembapan.

Selang yang dirancang untuk tahan lama akan mengurangi risiko kerusakan dan memperpanjang umur pakai selang.

Baca Juga: Sistem Kerja AC Mobil dan Fungsi Komponen di Dalamnya

Untuk dapatkan selang hawa AC mobil berkualitas prima, bawa ke Dokter Mobil adalah pilihan paling tepat untuk dilakukan.

Tertarik untuk coba dapatkan selang hawa AC mobil dan service AC mobil yang berkualitas di Dokter Mobil?

Anda bisa langsung hubungi cabang-cabang Dokter Mobil terkait atau langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil tersebut di:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Kontak Reservasi Live Call

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250
Kontak Reservasi Live Call

Dokter Mobil Lontar
Lokasi Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216
Kontak Reservasi Live Call

Tanda Selang Hawa AC Mobil Perlu Diganti

Pastikan selang hawa AC mobil Anda selalu diganti sebelum alami kerusakan yang lebih parah. Nah, berikut adalah beberapa tanda kapan selang hawa AC mobil harus diganti:

  1. Kebocoran Freon

Salah satu tanda yang paling jelas bahwa selang hawa AC perlu diganti adalah ketika sistem AC tidak lagi mampu memberikan udara dingin sebagaimana seharusnya.

Kebocoran pada selang dapat menyebabkan freon keluar dari sistem, mengurangi kemampuan pendinginan secara keseluruhan.

  1. Suara Tidak Biasa

Jika Anda mendengar suara berisik atau mendesis ketika sistem AC dihidupkan, hal ini bisa mengindikasikan adanya tekanan yang tidak normal dalam selang.

Suara-suara ini mungkin merupakan tanda kebocoran atau gangguan dalam aliran refrigeran.

  1. Kerusakan Fisik Terlihat

Lakukan pemeriksaan visual secara berkala pada selang hawa. Jika Anda melihat tanda-tanda fisik seperti retakan, bengkak, atau kerusakan lain pada selang, ini adalah tanda bahwa selang telah mengalami keausan dan perlu segera diganti.

  1. Performa AC Berkurang

Jika Anda merasa bahwa performa AC semakin menurun, seperti tidak mampu mencapai suhu yang diinginkan atau perlu waktu lebih lama untuk mendinginkan kabin, ini mungkin disebabkan oleh selang hawa yang sudah aus atau bocor.

Selang hawa AC mobil adalah komponen yang tidak boleh diabaikan dalam sistem pendingin udara.

Dengan pemahaman yang mendalam mengenai fungsinya, panduan harga yang relevan, tips dalam memilih selang yang tepat, serta tanda-tanda penting untuk mengganti selang, Anda dapat menjaga kinerja AC mobil Anda pada level yang optimal.

Tapi soal perawatan AC mobil yang paling tepat, selalu percayakan pada ahlinya hanya di Dokter Mobil.

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!