New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
service kompresor ac mobil

Ingin Service Kompresor AC Mobil, Ketahui Hal Ini Dulu

Sebelum ke bengkel untuk service kompresor AC mobil, ada baiknya Anda tahu lebih dulu apa yang menyebabkan kompresor jadi bermasalah. Biasanya, ketika kompresor AC ada masalah sudah timbul gejala-gejala ringan, seperti bunyi yang tidak wajar, hembusan udara panas ketika rpm rendah dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan lengkap gejala-gejala kerusakan kompresor AC.

Penyebab AC Mobil Bermasalah & Service Kompresor AC Mobil

service mobil panggilan

  • Suara Terdengar Kasar

Ciri dari kompresor bermasalah yang pertama yaitu suaranya terdengar kasar seperti suara ngorok pada saat AC diubah k posisi “1-2-3”. Apabila tombol digeser ke posisi OFF maka suara akan kembali normal. Umumnya yang menyebabkan suara terdengar kasar lantaran oli kompresornya habis, pistonnya aus, trush bearing longgar dan AS kurang presisi.

  • Kompresi berkurang

Salah satu masalah yang sering ditemukan ketika service kompresor AC mobil yaitu kompresi yang berkurang. Gejala dari berkurangnya kompresi yaitu udara AC akan terasa tidak dingin ketika rpm rendah. Sebaliknya, pada saat digas atau mobil mulai melaju pada kecepatan tertentu, maka hembusan akan mulai berubah alias lebih dingin.

  • Mengalami kebocoran

Gejala berikutnya yaitu kompresor mengalami kebocoran. Kebocoran ini akan menyebabkan hembusan udara AC jadi tidak dingin. Apabila semakin besar bocornya, maka semakin cepat habis freonnya dan semakin tidak dingin udara pada kabin. Umumnya, rata-rata kebocoran di kompresor akan membutuhkan waktu satu sampai enam minggu hingga habis total.

  • Magnetic Clutch mengalami kerusakan

Penyebab berikutnya yaitu magnetic clutch-nya mengalami kerusakan, dimana ciri-cirinya yaitu udara kabin mendadak tidak dingin apabila mobil sedang terkena macet. Umumnya, ketika tombolnya dimatikan dalam waktu beberapa saat dan dihidupkan kembali akan membuat AC jadi normal, dan akan disertai dengan rpm mesin tinggi dan di atas angka 1 (1000 rpm.  Apabila Anda menemukan gejala seperti ini segera bawa mobil ke bengkel, karena apabila diabaikan akan membuat perambatan kerusakan ke komponen lain. Ketika hal itu terjadi, maka biaya perbaikannya tidak sedikit.

Baca Juga : Membersihkan Mesin Mobil

Apabila Anda membutuhkan bengkel service kompresor AC Mobil, maka Dokter Mobil jawabannya. Kami menyediakan berbagai layanan servis AC mobil yang sudah didukung oleh peralatan dan mesin-mesin yang canggih, serta dijamin akan mengembalikan suhu maksimal 5 derajat Celcius. Bahkan apabila Anda ingin melakukan pengecekan saja, bisa dicek secara gratis di bengkel Dokter Mobil, dan dapatkan garansi servis 100% apabila hasil servisnya tidak maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!