📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Cara Menangani Masalah Tape Mobil Mati Total

tape mobil mati total

Tape atau unit radio pada mobil merupakan salah satu komponen entertainment yang banyak digunakan, namun komponen ini sering mendapatkan masalah salah satunya seperti tape mobil mati total. Lalu sebenarnya apa sajakah faktor penyebab masalah  tersebut? Yuk kita simak bersama penjelasan lengkap mengenai beberapa faktor penyebab masalah tape mobil yang mati total di bawah ini!

Beberapa Faktor Penyebab Tape Mobil Mati Total

tape mobil mati total

  1. Antena atau Tuner Bermasalah

Ketika kendaraan memiliki antena panjang yang dipasang di spatbor atau di tempat lain di bagian luar kendaraan, antena ini rentan terlempar saat mencuci mobil atau menghilang begitu saja tanpa penjelasan. Jika antena di kendaraan Anda bermasalah, Anda akan menemukan bahwa bagian lain dari sistem seperti pemutar CD akan berfungsi, tetapi radio dasar tidak akan berfungsi. Gejala yang sama akan muncul jika tuner di radio telah berhenti bekerja. Cara terbaik untuk mengetahui permasalahannya adalah dengan mempercayakan teknisi terlatih.

  1. Ada Masalah dengan Speaker atau Kabelnya

Pada dasarnya, setiap speaker dihubungkan ke unit kepala utama. Jika kabel ini tidak dirutekan dan disambungkan dengan benar, satu atau beberapa speaker dapat terputus. Terlebih lagi, tape atau speaker akan memburuk seiring waktu . Ketika speaker sudah digunakan dalam waktu yang lama, pada akhirnya alat ini menjadi kurang efektif. Anda mungkin mengenali masalah ini sebagai suara berderak dari speaker yang jika dibiarkan terlalu lama maka Anda akan mendapat masalah tape mobil mati total.

  1. Ada Masalah dengan Kabel

Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan radio stok yang tidak dimodifikasi, masalah kabel jauh lebih jarang terjadi. Namun, kendaraan dengan sistem audio mobil aftermarket banyak yang memiliki masalah kabel. Hal ini biasa terjadi karena sistem ini tidak selalu dipasang dengan benar, atau sistem tidak dirancang untuk bekerja pada model kendaraan yang dipasangnya. Pengkabelan untuk daya, antena, speaker, dan bahkan kontrol roda kemudi semua harus dilakukan dengan benar agar sistem audio bekerja dengan lancar.

  1. Sekering Perlu Diganti

Radio mobil akan memiliki setidaknya satu sekring untuk melindungi unit dari hal-hal seperti lonjakan daya atau masalah listrik lainnya. Jika terlalu banyak arus yang dikirim ke sistem audio, maka sekring ini akan putus dan memutuskan sirkuit untuk menyelamatkan radio utama. Pada model yang lebih baru, ada berbagai sekering untuk perangkat entertainment kendaraan. Jika Anda terbiasa dengan voltase dasar atau pengukur kontinuitas listrik, memeriksa sekringnya relatif mudah. Seringkali, hanya mengganti sekering yang rusak akan menyelesaikan masalah. Namun, jika sekring baru putus sesaat setelah dipasang, masalah lain dengan sistem kelistrikan perlu ditangani.

Dibaca Juga: 5 Faktor Penyebab Mobil Mati Mendadak Saat Berjalan

Hal yang Perlu Dilakukan Apabila Tape Mobil Mati Total

  • Periksa Sekring

Setelah Anda mendapati tape mobil mati total, Anda perlu memeriksa sekeringnya. Pada titik ini, Anda harus mengeluarkan beberapa alat diagnostik mobil dasar, seperti multimeter dan lampu uji. Sebagian besar radio mobil memiliki satu atau dua sekering yang harus Anda periksa, dan Anda mungkin juga memiliki sekering ampli mobil dan komponen terkait lainnya. Satu akan ditempatkan di blok sekering utama atau aksesori kendaraan Anda, dan sering kali akan diberi label dengan cara yang jelas.

Anda dapat menguji sekering otomotif dengan memeriksanya secara visual, atau Anda dapat menggunakan multimeter atau lampu uji untuk memeriksa daya di kedua sisi sekering. Jika Anda memiliki akses ke multimeter atau tes seperti itu, itu cara yang lebih baik karena ada kemungkinan sekering gagal sedemikian rupa sehingga sulit untuk membedakan satu atau lain cara hanya dengan melihatnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Beberapa unit kepala memiliki sekering built-in, biasanya terletak di sisi belakang, dan beberapa instalasi memiliki sekering in-line tambahan yang terletak di suatu tempat di kabel listrik atau kabel. Jika salah satu dari sekering ini putus, itu mungkin adalah faktor mengapa tape mobil mati total, jadi gantilah sekering untuk melihat apakah itu dapat memperbaiki masalah. Tentu saja, sekering yang putus sering kali menunjukkan masalah lain, jadi Anda tidak boleh mengganti sekering yang putus dengan arus listrik yang lebih besar.

  • Periksa Daya di Head Unit

Jika sekringnya bagus, dan koneksinya bagus, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa daya di radio atau tape itu sendiri. Sebagian besar radio mobil memiliki dua kabel daya, satu yang selalu panas, yang memberikan daya ke memori, dan satu yang hanya panas saat Anda menghidupkan kunci kontak. Jika kabel listrik ini dibalik, radio akan gagal berfungsi dengan baik atau tidak berfungsi sama sekali.

Meskipun Anda dapat memeriksa daya di bagian belakang radio dengan lampu uji, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih lengkap jika menggunakan multimeter. Misalnya, jika Anda memiliki kurang dari tegangan baterai di radio, menunjukkan penurunan tegangan, mungkin sulit untuk mengetahuinya dengan lampu uji. Jika Anda tidak menemukan daya di unit kepala, tetapi ada daya di blok sekering, Anda mungkin berurusan dengan kabel yang putus, jadi Anda harus melacak kabel daya kembali ke sumbernya. Mungkin juga ada sekering in-line yang tersembunyi di suatu tempat di sepanjang kabel yang tidak Anda sadari sebelumnya.

  • Periksa Ground di Head Unit

Ground head unit yang buruk lebih mungkin menyebabkan masalah seperti ground loop daripada kegagalan berupa tape mobil mati total, tetapi jika semuanya diperiksa, Anda akan ingin memverifikasi bahwa head unit Anda memiliki ground yang baik sebelum Anda mengutuk unit.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini, mulai dari memeriksa bagian bawah secara langsung untuk memverifikasi bahwa tidak ada karat dan terhubung dengan erat, hingga menggunakan multimeter untuk memeriksa tanah antara pigtail head unit dan ground yang diketahui baik di badan mobil. kendaraan. Dalam kebanyakan kasus, ground yang buruk tidak akan menyebabkan head unit gagal berputar sama sekali, sedangkan ground yang telah terputus sama sekali akan menyebabkannya.

  • Bench Test Head Unit dan Ganti jika Diperlukan

Jika tape Anda memiliki daya dan ground, dan tidak dalam mode khusus apa pun, maka kemungkinan tape mobil mati total, dan satu-satunya perbaikan adalah menggantinya. Anda dapat menguji unit dengan menghubungkan kabel daya dan ground langsung ke 12V positif dan negatif, tetapi jika daya dan ground keduanya menunjukkan baik di dalam kendaraan, Anda tidak akan menemukan hasil yang berbeda dengan unit dilepas. Mungkin sudah waktunya untuk mengganti head unit.

Cara Menangani Masalah Tape Mobil Mati Total dengan Mengunjungi Bengkel Terpercaya

Secara umum, masalah tape mobil mati total memang tak jarang dirasakan oleh para pemilik kendaraan. Namun bagaimanapun masalah tape mobil mati total cukup mengganggu sehingga sangatlah penting untuk langsung memperbaikinya melalui layanan profesional. Apabila tape mobil mati total tidak ditangani dengan baik, maka hal ini dapat merembet ke masalah yang lebih serius.

Untuk mendapatkan layanan pengecekan dan servis komponen kelistrikan mobil termasuk tape mobil mati total, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan professional dari bengkel terkemuka seperti Bengkel DOMO ELECTRIC dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, DOMO ELECTRIC merupakan bengkel mobil yang menyediakan ragam jenis layanan pengecekan, dan perbaikan berbagai masalah kelistrikan pada kendaraan Anda. Proses pemeriksaan dan perbaikan tape atau komponen listrik kendaraan lainnya di bengkel DOMO ELECTRIC semuanya dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga dijamin kualitasnya akan sangat memuaskan.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa faktor penyebab tape mobil mati total dan cara menanganinya. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan apabila Anda mengalami masalah pada tape kendaraan, yakni ketika tape sudah mati total. Namun, beberapa caranya cukup rumit dan membutuhkan peralatan khusus, sehingga sangat disarankan untuk langsung memeriksakan kendaraan ke bengkel terpercaya seperti DOMO ELECTRIC untuk hasil terbaik. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9822

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇