bengkel mobil terdekat

Besaran Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Kena Berapa?

Tarif Tol Jakarta Bandung
Tarif Tol Jakarta Bandung

Ingin tahu tarif tol Jakarta Bandung untuk rencana liburan hingga pulang ke kampung halaman? Simak informasi terbaru dan tips bermanfaat dalam artikel ini untuk perjalanan Anda yang lebih menyenangkan, yuk!

Salah satu aspek yang perlu Anda pertimbangkan adalah tarif tol Jakarta Bandung.

Jalan tol adalah pilihan yang nyaman dan cepat untuk mencapai destinasi Anda, tetapi biaya tol bisa menjadi pertimbangan penting dalam perencanaan perjalanan.

Artikel ini akan memberikan informasi terbaru tentang tarif tol Jakarta Bandung serta beberapa tips berkendara yang nyaman agar perjalanan Anda lebih lancar.

Tarif Tol Jakarta-Bandung

Sebelum Anda memulai perjalanan dari Jakarta ke Bandung, penting untuk mengetahui tarif tol yang akan Anda bayar. Tarif tol ini dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa informasi terbaru tentang tarif tol Jakarta Bandung untuk beberapa jenis kendaraan:

Gerbang TolTarif Golongan ITarif Golongan IITarif Golongan III
PadalarangRp63.000Rp101.500Rp140.000
BarosRp64.500Rp104.000Rp142.500
PasteurRp66.000Rp110.500Rp150.000
Pasir KojaRp67.000Rp110.000Rp150.000
KopoRp67.500Rp110.000Rp150.000
Moh TohaRp67.500Rp110.000Rp150.000
Buah BatuRp68.500Rp112.500Rp153.000
CileunyiRp72.500Rp119.000Rp162.500

Jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Bandung terbagi menjadi tiga lajur utama, yakni tol Jakarta-Cikampek, tol Padaleunyi, dan tol Cipularang.

Untuk menggunakan tol Jakarta-Cikampek (dari Cawang hingga Cikampek), Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000.

Sementara itu, tol Cipularang (dari SS Sadang hingga SS Padalarang) memiliki tarif sebesar Rp42.500.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Adapun tarif tol Padaleunyi dapat bervariasi, mulai dari Rp500 hingga Rp10.000, tergantung pada gerbang tol yang Anda pilih saat memasuki Bandung.

Tips Berkendara di Jalan Tol

Selain mengetahui tarif tol Jakarta Bandung, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk perjalanan yang nyaman dan aman. Berikut adalah beberapa tips penting untuk berkendara di jalan tol:

  1. Cek Kendaraan Anda

Sebelum Anda memulai perjalanan panjang dari Jakarta ke Bandung melalui jalan tol, langkah pertama yang sangat penting adalah memeriksa kendaraan Anda dengan seksama.

Ini akan membantu menghindari kerusakan atau masalah teknis di tengah perjalanan yang dapat mengganggu rencana perjalanan Anda.

Agar performanya lebih optimal, pastikan lakukan perawatan di mobil Anda terlebih dulu dengan service tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Tune up Jet Clean di Dokter Mobil berbeda dari layanan tune up mobil di bengkel mobil lain, seperti:

Perbedaan Tune Up Jet Clean Dokter Mobil dan Tune Up di Bengkel Mobil Biasa

Selain itu, seringkali ada promo-promo menarik yang bisa Anda manfaatkan juga, lho. Sehingga Anda bisa dapatkan performa mobil yang optimal dengan biaya yang jauh lebih minimal.

tol jakarta bandung

  1. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Patuhi aturan lalu lintas adalah prinsip dasar dalam berkendara, terutama ketika Anda menggunakan jalan tol. Di jalan tol, aturan lalu lintas harus dipatuhi dengan sangat ketat. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan meliputi:

KecepatanSelalu patuhi batas kecepatan yang berlaku di jalan tol.

Jangan melebihi kecepatan yang diizinkan, karena ini dapat berisiko tinggi dan mengakibatkan kecelakaan serius.

Selalu perhatikan tanda-tanda kecepatan yang terpampang.

Sinyal dan Rambu Lalu LintasPatuhi semua sinyal dan rambu lalu lintas yang Anda temui di jalan tol.

Ini termasuk rambu peringatan, larangan, dan petunjuk arah.

Jangan lupa untuk memberikan isyarat dengan benar saat akan berbelok atau mengganti lajur.

SIM dan STNKPastikan Anda selalu membawa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang sah.

Polisi lalu lintas dapat memeriksa dokumen ini, dan tidak membawanya dapat mengakibatkan denda atau masalah hukum lainnya.

Pijakan KhususGunakan jalur khusus yang ditujukan untuk kendaraan tertentu.

Beberapa jalan tol memiliki jalur khusus untuk kendaraan dengan tiga atau lebih penumpang.

Manfaatkan jalur ini jika Anda memenuhi syarat, karena seringkali lebih cepat dan memiliki lalu lintas yang lebih ringan.

  1. Istirahat Secukupnya

Perjalanan panjang di jalan tol dapat menjadi sangat melelahkan, terutama jika Anda mengalami kemacetan atau cuaca buruk.

Oleh karena itu, sangat penting untuk beristirahat secara teratur untuk menghindari kelelahan dan menjaga kewaspadaan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk beristirahat dengan baik:

  • Berhenti di Rest Area: Manfaatkan rest area yang tersedia di jalan tol. Rest area biasanya dilengkapi dengan fasilitas toilet, tempat makan, dan tempat istirahat yang nyaman. Anda dapat berhenti sejenak untuk istirahat, makan, dan meregangkan kaki.
  • Istirahat Rutin: Lakukan istirahat rutin setiap 2-3 jam atau sesuai kebutuhan Anda. Ini akan membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi saat berkendara.
  • Konsumsi Air Minum: Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik selama perjalanan. Air minum yang cukup akan membantu menjaga tingkat kewaspadaan Anda.
  1. Siapkan Kebutuhan Penting

Selama perjalanan panjang, penting untuk selalu siap dengan kebutuhan penting, terutama jika Anda akan melewati jalan tol yang sebagian besar merupakan jalur tol yang terisolasi dari fasilitas umum.

Berikut adalah beberapa barang yang sebaiknya Anda bawa:

  • Air Minum: Selalu bawa cukup air minum untuk Anda dan penumpang. Menjaga tubuh terhidrasi adalah kunci untuk menjaga konsentrasi dan kewaspadaan Anda saat berkendara.
  • Makanan Ringan: Bawa makanan ringan atau camilan yang mudah diakses. Ini akan berguna jika Anda merasa lapar di tengah perjalanan atau jika Anda terjebak dalam kemacetan panjang.
  • Alat Pertolongan Pertama: Persiapkan kit pertolongan pertama yang berisi perban, obat-obatan umum, serta alat-alat kecil seperti gunting dan pinset. Ini dapat berguna jika Anda atau penumpang mengalami cedera kecil selama perjalanan.
  • Pakaian dan Perlengkapan Cuaca: Jika Anda merencanakan perjalanan melalui daerah dengan kondisi cuaca yang bervariasi, pastikan Anda membawa pakaian yang sesuai. Selimuti atau jaket hujan juga bisa berguna jika cuaca tiba-tiba berubah.
  • Peta dan Dokumen: Selalu bawa peta jalan sebagai cadangan, meskipun Anda telah menggunakan aplikasi navigasi. Selain itu, pastikan Anda memiliki salinan dokumen penting seperti kartu identitas, SIM, STNK, dan dokumen kendaraan.
  1. Gunakan Aplikasi Navigasi

Aplikasi navigasi seperti Google Maps, Waze, atau aplikasi sejenisnya dapat menjadi sahabat terbaik Anda selama perjalanan.

Aplikasi ini tidak hanya memberikan petunjuk arah yang akurat, tetapi juga memberikan informasi lalu lintas terkini, perkiraan waktu tiba, dan rute alternatif jika Anda menghadapi kemacetan.

Selain itu, aplikasi ini sering kali dapat memberikan informasi tentang lokasi rest area, pom bensin, dan fasilitas penting lainnya di sepanjang jalan tol.

Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi dan memperbarui data peta sebelum berangkat, terutama jika Anda akan melewati area dengan sinyal seluler yang lemah.

  1. Pertimbangkan Cuaca

Kondisi cuaca dapat memengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Sebelum berangkat, periksa perkiraan cuaca untuk rute perjalanan Anda.

Jika cuaca buruk diharapkan, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

HujanJika Anda menghadapi hujan, pastikan wiper kaca depan berfungsi dengan baik dan cairan pembersih kaca depan terisi penuh.

Redakan kecepatan Anda dan jaga jarak aman antara kendaraan.

KabutKabut tebal dapat mempengaruhi visibilitas. Nyalakan lampu utama dan perlahankan laju kendaraan Anda.

Jangan nyalakan lampu kabut belakang kecuali benar-benar diperlukan, karena hal ini dapat mengganggu pengendara di belakang Anda.

Tarif tol Jakarta Bandung adalah salah satu pertimbangan penting ketika Anda merencanakan perjalanan dengan mobil dari Jakarta ke Bandung.

Pastikan Anda mengetahui tarif yang berlaku untuk jenis kendaraan Anda dan persiapkan diri dengan baik sebelum berangkat.

Selalu patuhi aturan lalu lintas dan gunakan tips di atas untuk menjadikan perjalanan Anda lebih aman dan nyaman. Semoga perjalanan Anda menuju Bandung berjalan lancar dan menyenangkan!

Untuk perjalanan yang lebih aman, pastikan untuk bawa mobil ke Dokter Mobil agar dapatkan perawatan yang maksimal. Anda bisa datangi langsung ke lokasi cabang Dokter Mobil berikut:

Dokter Mobil Kalimalang
Kontak Live Chat

Dokter Mobil Ngagel
Kontak Live Chat

Dokter Mobil Cirendeu
Kontak Live Chat

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/