New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Tips Sederhana Membersihkan AC Mobil

Tips Sederhana Membersihkan AC Mobil- AC Mobil merupakan komponen utama dalam memberikan kenyamanan rilexasi saat berkendara. Jika AC Mobil mengalami kerusakan tentunya sangat menganggu moment kendaraan Anda. Untuk menghindari kerusakan, rajin-rajinlah membersihkan komponen AC Mobil.

Gejala yang biasa dirasakan saat filter AC kotor dan evaporator kemasukan debu ialah AC tidak bisa menghembuskan hawa dingin secara maksimal lagi. Masalah seperti bau atau tidak dingin merupakan imbas dari kurangnya perawatan dari bagian AC ini.

Namun, bagian manakah yang harus dibersihkan?

Untuk membersihkannya, tidak sulit karena kita tinggal membongkar bagian glovebox. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih dan jangan lupa juga membersihkan filter yang belum terlalu kotor. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara membersihkan AC sendiri di rumah.

Bongkar Evaporator AC Sendiri

Sebelum membersihkan evaporator AC, pastikan mobil diparkir di tempat yang tidak berdebu. Tujuannya, supaya nanti sirkulasi udara dari luar kabin masuk ke dalam mobil tetap baik. Saat kalian ingin bersihkan evaporator, pastikan juga kondisi mesin mobil mati.

Siapkan semua peralatan pembersih yang dibutuhkan, seperti brush atau sikat gigi, dan cairan pembersih evaporator. Kita perlu mengetahui di mana letak saluran masuk udara blower, biasanya ada di bagian glove box. Kamu tenang saja, karena umumnya pabrikan mobil telah meletakkan filter ini pada area yang mudah dijangkau.

Pertama, buka glove box atau laci di sisi dasbor penumpang. Buka laci tersebut, biasanya menggunakan obeng plus (+). Setelah terlepas, kamu akan menemukan komponen berbentuk persegi panjang yaitu box filter AC. Buka dan ambil filter AC dari dalam kotak tersebut.

Setelah filter AC dilepas, kamu perlu meraba bagian kotak filter tersebut. Cari tahu, apakah blower lokasinya ada di bagian atas atau bawah. Tujuannya, agar saat menyemprotkan cairan, kamu tidak salah lubang.

Periksa kondisi filter AC, apabila belum terlalu kotor maka bisa kita bersihkan dengan cara mudah. Cukup disikat bagian permukaan filter yang kotor sampai bersih dan debu rontok semua. Apabila sudah sangat kotor, maka sebaiknya filter AC diganti baru karena akan sulit dibersihkan.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus saat Bersihkan AC

Proses berikutnya yaitu mempersiapkan cairan pembersih AC. Cairan ini banyak dijual di bengkel AC atau online shop sehingga tidak sulit mendapatkannya. Disarankan pilih cairan pembersih yang berbentuk spray dengan kandungan foam.

Kocok kaleng spray tersebut lebih dulu agar kandungan dalam cairannya tercampur rata. Kemudian, sisipkan kaleng spray mendekati blower AC mobil dengan posisi moncong spray ke arah blower AC. Ini agar semprotan spray mengenai sasaran. Hidupkan mesin mobil kemudian hidupkan AC mobil selama sekitar 5 menit.

Hal tersebut bertujuan agar permukaan evaporator mengeluarkan embun untuk membasahi permukaan evaporator. Dengan begini, proses pembersihan nantinya bisa berlangsung lebih mudah. Jangan lupa, putar blower ke kecepatan tertinggi dan suhu terdingin agar hembusan angin maksimal.

Setelah AC menyala selama lima menit, arahkan selang cairan pembersih AC ke bagian blower melalui kotak filter AC. Tekan sprayer hingga cairan tersebut keluar, sebaiknya sampai habis. Cairan akan menyebar di permukaan evaporator dibantu oleh embun.

Cairan yang disemprotkan akan membentuk foam atau busa. Nah, kamu nanti akan melihat busa-busa keluar dari lubang ventilasi yang ada di kolong mobil. Biarkan semua foam tersebut mengeluarkan air dari ventilator AC mobil, hingga busa-busa tersebut habis. Diamkan mesin mobil dalam kondisi hidup kurang lebih 10 – 15 menit saat foam mulai berkeluaran dari ventilator AC.

Menguras Kotoran dari Evaporator AC

Agar pembuangan sisa kotoran tetap lancar, kamu perlu memastikan selang ventilasi AC tidak tersumbat. Cara membersihkanya cukup mudah, cukup pakai lidi yang tumpul lalu tusukkan ke dalam selang ini. Sogok sampai bersih dan pastikan tidak ada sumbatan di dalam selang ventilasi itu.

Setelah membiarkan mesin mobil hidup selama 15 menitan, kamu sebaiknya periksa suhu AC di kabin. Rasakan apakah hembusan suhu udara dari AC sudah kembali dingin atau tidak. Apabila tidak ada kerusakan dalam sistem AC, semestinya suhu kembali dingin seperti sediakala.

Pasang kembali filter udara bersih pada kotaknya, jangan pernah memasang filter yang kotor karena bisa membuat permukaan evaporator kembali kotor. Langkah terakhir usai membersihkan AC, pasang kembali laci dasbor dengan cara seperti semula dan AC siap digunakan.

 

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil

Nah, itulah ulasan terkait Tips Sederhana Membersihkan AC Mobil. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya