Kompresor AC Mobil Berisik
 
Posted by admin AC

Kompresor AC Mobil Berisik

kompresor-ac-mobil-berisik

Suara mesin mobil tidak pada umumnya yang terjadi pada mesin mobil, biasanya adalah terdengarnya bunyi seperti ketukan. Jika bunyi ketukan ini masih terdengar teratur penyebabnya umumnya adalah pada sistem klep atau katup. Pada saat putaran mesin lambat suara ketukan ini tidak terdengar dengan jelas, namun pada saat putaran mesin dipercepat  maka bunyi ketukan tersebut menjadi terdengar dengan keras dan jelas.

Suara berisik pada mesin mobil bisa juga disebabkan karena pada celah katup yang disetel sangat longgar. Jika setelannya sangat longgar dan tidak sesuai dengan setelan spesifikasi bawaan pabriknya, hal inilah yang dapat menimbulkan suara berisik pada mesin dan efeknya masa kerja katup hisap dan katup pembuangan jadi kurang maksimal. Akan tetapi sebaliknya jika celah katup disetel terlalu kecil maka katup-katup tersebut cenderung dalam keadaan terangkat dan menyebabkan kemampuan mesin menjadi menurun karena masa kerja katup hisap dan katup pembuangan tidak sempurna dan kompresi mesin menjadi tidak baik.

Suara berisik pada mesin mobil bisa juga disebabkan dari komponen atau bagian lain yang mengalami aus/ kering dan rusak. Contohnya, pada saat mobil dinyalakan terdengar suara yang bising seperti ketukan logam  yang beradu. Jika pedal gas ditekan dan ditahan beberapa saat  suara berisik itu menghilang. Kadang – kadang bunyi berisik  terdengar pada saat  mobil diparkir terlalu lama atau pada pagi hari ketika mobil sedang dipanaskan. Suara berisik itu muncul dari rantai mesin atau timing chain yang telah kering  atau rusak.

Suara berisik atau bising lainnya yang sering muncul dari bagian mesin adalah suara berderit atau mencuit. Pada umumnya suara ini berasal dari tali kipas yang sudah sangat kendor,bisa juga berasal dari kompresor Ac Mobil. Untuk suara atau bunyi mencuit yang berasal dari AC, Jika bunyi mencuitnya lebih keras ketika Ac hidup, masalah ini disebabkan karena bantalan kompresor atau seal poros kompresor yang sudah aus.Tapi jika ac dimatikan dan pada saat itu bunyi mencuit lebih keras berarti disebabkan oleh bantalan puli yang sudah aus atau kering.

Suara atau bunyi yang tidak normal lainnya adalah suara gemeretak yang hanya terdengar satu kali pada saat mesin digeber atau di tekan gas penuh biasanya disebabkan karena ujung baling – baling kipas pendingin menyentuh ke bagian radiator atau pelindung kipas.Ini biasanya muncul pada mobil dengan sistem penggerak roda belakang. Ini terjadi karena dudukan pada mesin yang kendor atau karetnya retak sehingga mengakibatkan mesin bergerak ke depan secara mendadak di saat pedal gas ditekan.

Dokter Mobil,
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

2 Comments

  1. Apa harus mengganti kompresor ac apalagi kejadiannya seperti ini?? Kompresor ribut saat ac dinyalakan, dan berapa harga ac honda crv??

    • admin

      Tidak harus. Tergantung tingkat kerusakan. Ada yang cukup dengan flushing, ada yang cukup dengan pengencangan sambungan, ada yang cukup dengan mengganti bearing, dll.

      Saran yang dapat diberikan adalah, coba kunjungi Dokter Mobil untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh dan mendapatkan saran tindakan apa yang harus dilakukan ( perlu ganti ac kah, atau hanya perlu flushing, dll).

      Untuk harga AC, semua tergantung pada :
      – merk AC
      – kondisi AC (baru/bekas)

      harga dapat berkisar dari 2 jutaan hingga 5 jutaan.

      Pak Wahyuli dapat mencoba mengunjungi indoneka.com untuk melihat-lihat produk-produk AC mobil yang sekiranya cocok dengan mobil bapak.

      Terimakasih. Dan semoga jawaban yang kami berikan berkenan.

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *