📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Menyalakan AC Mobil saat Hujan, Bolehkah?

Menyalakan AC Mobil saat Hujan, Bolehkah

Terkadang, pemilik kendaraan suka menyalakan AC mobil saat hujan. Namun, boleh tidaknya menyalakan AC mobil saat hujan masih menjadi sebuah pertanyaan. Sebenarnya, apakah menyalakan AC mobil saat hujan berdampak negatif bagi sistem pendingin kendaraan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai hal tersebut di bawah ini!

Bolehkah Kita Menyalakan AC Mobil saat Hujan?

Menyalakan AC Mobil saat Hujan

Ketika ditanya mengenai bolehkah kita menyalakan AC mobil saat hujan, jawabannya adalah boleh. Hal ini terjadi karena ketika hujan, suhu udara cenderung lebih rendah. Rendahnya suhu udara di luar sebenarnya tidak berdampak negatif pada kinerja AC. Oleh sebab itu, boleh-boleh saja menyalakan AC mobil saat hujan.

Seperti yang kita ketahui, pendingin udara atau AC mobil seharusnya membantu Anda mengurangi panas di kabin kendaraan. Jadi, mengapa suhu dapat berdampak negatif pada AC mobil Anda? Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca yang lebih panas, atau musim kemaraunya sangat panas, Anda mungkin mengalami AC mobil yang rusak selama waktu tersebut. Dengan suhu yang lebih dingin, seperti menyalakan AC mobil saat hujan, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan karena sistem AC mobil Anda sebenarnya terlindung dari cuaca dingin. Jadi, menyalakan AC mobil saat hujan bukan masalah.

Namun, pada dasarnya cuaca atau suhu udara luar tetap berpengaruh pada AC mobil. Bagaimakah cuaca atau suhu udara luar dapat mempengaruhu AC mobil? Berikut penjelasan lengkapnya:

Suhu Panas

Saat cuaca panas, kita semua mengandalkan sistem AC mobil kita untuk menghilangkan panas. Namun, suhu panas dapat berdampak negatif pada AC mobil Anda. Itu karena saat suhu tinggi, AC mobil Anda harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan kendaraan Anda. Sistem AC di mobil Anda bekerja dengan mengubah gas pendingin (freon) menjadi cairan yang kemudian mendinginkan interior kabin Anda.

Ketika gas itu terlalu panas, akan lebih sulit bagi sistem untuk melakukan tugas ini. Saat AC mobil Anda bekerja lebih keras, masa pakainya akan berkurang. Itulah mengapa Anda mungkin merasakanbahwa AC mobil Anda memiliki lebih banyak masalah jika Anda tinggal di iklim yang lebih panas, atau sering diparkir di bawah sinar matahari langsung.

Saat AC mobil Anda harus bekerja lebih keras untuk mengatur suhu kendaraan Anda atau lebih sering digunakan dalam cuaca panas, AC akan menggunakan lebih banyak freon. Karena freon sangat penting untuk mendinginkan mobil Anda, kekurangan freon dapat menyebabkan udara yang keluar menjadi panas.

Itu tentu tidak ideal saat cuaca panas. Itulah mengapa layanan isi ulang freon AC mobil sangatlah penting. Pengisian ulang freon AC adalah proses sederhana dan cepat yang mengisi ulang pasokan zat pendingin mobil Anda. Karena beberapa freon bekerja lebih baik pada suhu yang lebih panas, biasanya bengkel profesional akan dapat menyesuaikan mobil Anda dengan jenis freon yang tepat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga: Penunjang Kesejukan Dalam Kabin Mobil, Freon AC Mobil Tahan Berapa Lama?

Kelembaban Tinggi

Sistem AC mobil bekerja dengan menarik udara dari luar untuk mendinginkan mobil Anda. Saat kelembapan tinggi, AC mobil Anda harus menghilangkan kelembapan dari udara sebelum mengalirkannya melalui sistem. Itu dapat menyebabkan tekanan pada unit AC mobil Anda. Ini juga dapat mencegah AC kendaraan Anda mendinginkan mobil dengan benar, sehingga udara yang keluar dari ventilasi menjadi panas.

Jika AC mobil Anda terpengaruh oleh cuaca lembap, maka Anda perlu segera membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah tersebut. Tim mekanik yang profesional dapat bekerja dengan cepat untuk memperbaiki AC mobil Anda sehingga Anda terbebas dari masalah AC mobil yang timbul saat hari yang panas dan lembap.

Suhu Dingin atau Hujan

Sebagian besar, cuaca dingin atau hujan tidak menimbulkan ancaman bagi sistem AC mobil Anda. Satu-satunya masalah yang mungkin timbul terjadi jika Anda tidak menyalakan AC secara berkala selama cuaca dingin. Tetapi mengapa Anda perlu menyalakan AC mobil saat hujan? Bukankah menyalakan AC mobil saat hujan tidak perlu mengingat suhu sudah dingin? Nah, ketika AC mobil Anda tidak digunakan dalam waktu lama, debu dan bakteri dapat menumpuk di dalam sistem. Selain itu, sistem AC yang tidak aktif dapat berkarat dan rusak jika tidak digunakan secara berkala.

Kebanyakan orang tidak menyalakan AC mobil saat hujan karena alasan yang jelas, yaitu suhu udara sudah dingin. Namun, jika Anda melihat masalah dengan AC kendaraan Anda setelah suhu yang lebih hangat bergulir lagi, itu mungkin karena Anda sudah lama tidak menggunakan AC. Hal inilah yang menyebabkan Anda perlu menyalakan AC mobil saat hujan.

Ragam Masalah AC Mobil yang Sering Dialami

Bolehkah Kita Menyalakan AC Mobil saat Hujan

Setelah mengetahui bahwa seringkali terdapat permasalahan pada AC mobil, untuk mengetahui lebih jauh lagi, berikut adalah berbagai permasalahan pada AC mobil yang sering muncul untuk bisa Anda antisipasi.

  1. Tidak Ada Udara Dingin dari AC

Paling sering masalah ini disebabkan oleh kebocoran zat pendingin atau freon. Komponen AC mobil Anda sangat bergantung pada zat pendingin untuk mendinginkan kendaraan. Tanpa freon yang cukup, komponen AC lainnya tidak akan bisa berfungsi. Kebocoran dapat terjadi kapan saja tetapi paling sering karena lubang pada sambungan, selang, kompresor, kondensor, atau evaporator yang pecah. Tidak seperti kebocoran oli, sayangnya kebocoran freon sulit diidentifikasi. Ini karena freon dimaksudkan untuk menguap saat terpapar ke lingkungan.

Solusi: Teknisi otomotif ahli perlu menambahkan pewarna pelacak kebocoran fluoresen dan freon ke sistem. Setelah ditambahkan, teknisi akan menjalankan AC dan menggunakan lampu hitam, akan dapat mengidentifikasi kebocoran untuk memulai perbaikan dan terakhir melakukan isi ulang freon agar bisa meniupkan udara dingin.

  1. Udara Sejuk Tapi Tidak Dingin

Paling sering masalah ini disebabkan oleh tingkat freon yang rendah. Ketika freon tidak cukup dalam sistem, tekanan berkurang yang mencegah kopling memicu kompresor untuk memulai siklusnya. Jika cukup freon dalam sistem, hal itu juga dapat disebabkan oleh:

    • Kondensor Terblokir atau Rusak

Kondensor adalah perangkat yang mengambil zat pendingin dari keadaan gasnya dengan menghilangkan panas dan mengubahnya kembali menjadi keadaan cair. Jika kondensor tersumbat atau rusak, udara yang masuk melalui ventilasi tidak akan dingin.

    • Kerusakan pada Sakelar Kopling

Jika komponen ini tidak berfungsi, kompresor udara tidak akan dapat beroperasi, sehingga mencegahnya untuk mengembunkan freon cair menjadi gas.

Solusinya adalah teknisi perlu menguji komponen utama ini untuk mencari penyumbatan, kerusakan, atau kegagalan dan menggantinya seperlunya.

  1. AC Berbau Jamur

Saat Anda menyalakan AC dan bau jamur yang berbahaya mulai tercium, itu bisa terjadi karena pertumbuhan bakteri di dalam sistem. Hal ini biasa terjadi pada kendaraan yang jarang menggunakan AC, usia pakai yang lebih tua, atau yang sering menggunakan setelan maksimal (karena kelembapan ekstra di dalam unit). Bakteri, jamur, dan mikro-organisme lainnya dapat berkembang di balik dashboard pada evaporator. Pertumbuhan ini menghasilkan bau busuk yang keluar dari ventilasi. Oleh karena itu, penting untuk tetap menyalakan AC mobil saat hujan, namun pastikan ventilasinya baik.

Solusinya adalah dengan mengganti filter udara AC untuk membantu mengatasi masalah ini. Jika mengganti filter tidak menghilangkan bau busuk, teknisi perlu menambahkan larutan anti bakteri ke area evaporator untuk membunuh jamur dan kontaminan lain dari sistem.

Solusi Terbaik untuk Segala Jenis Masalah pada AC Mobil

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pada dasarnya pada dasarnya cuaca atau suhu luar ruangan cukup berpengaruh pada sistem AC kendaraan. Selain itu, dapat diketahui pula bahwa memang ada banyak masalah yang sering terjadi pada AC mobil.

Akhir Kata

Inilah informasi lengkap seputar apakah menyalakan AC mobil saat hujan diperbolehkan atau tidak. Ternyata menyalakan AC mobil saat hujan diperbolehkan. Hal ini guna menghindari udara yang sangat pengap di dalam kabin mobil sebab kaca mobil yang ditutup.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!