New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Ketika AC Mobil Bunyi Cit Maka Sebaiknya Lakukan Penanganan Segera Sebelum Kerusakan Makin Parah

Faktor Penyebab AC Mobil Bunyi Cit dan Solusi Mengatasinya

Guna perawatan berkala adalah mencegah AC mobil bunyi cit yang dapat menyebabkan munculnya masalah lainnya. Salam otomotif.

Untuk dapat menghilangkan bunyi cit ini, setidaknya kita harus mencari tahu sumber penyebab munculnya AC mobil bunyi cit. Mengapa? Karena dengan menemukan penyebab munculnya masalah, anda akan lebih mudah menentukan:

  • Solusi mengatasi bunyi cit pada AC mobil anda tersebut
  • Cara mencegah kembalinya masalah serupa
  • Estimasi biaya perbaikan untuk mengatasi AC mobil bunyi cit ini
  • Spare part apa saja yang perlu diganti sehingga tidak ditipu oleh oknum bengkel AC mobil nakal

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa penyebab, solusi, dan cara mencegah munculnya masalah AC mobil yang mengeluarkan bunyi berdecit ini.

Penyebab Utama AC Mobil Mengeluarkan Bunyi Cit

AC Mobil Bunyi Cit

Ada banyak sekali penyebab bunyi bunyian di AC mobil ketika dinyalakan. Mulai dari tali kipas AC yang kendor, bearing AC yang sudah aus dan waktunya untuk diganti, sampai yang paling parah adalah kompressor AC itu sendiri yang bermasalah. Dan agar anda lebih memahami penyebab AC mobil berbunyi mencicit saat dihidupkan, sebaiknya anda juga perlu tahu ciri kerusakan AC mobil. Tujuannya sederhana, agar nantinya anda bisa dengan mudah melakukan penanganan dengan tepat.

Fanbelt AC kendor

Sistem AC mobil juga membutuhkan fanbelt atau tali kipas yang nantinya dihubungkan dan digunakan untuk memutar kompresor AC. Untuk jenisnya ada yang berupa tali / belt kompressor tunggal, dimana tali belt ini dihubungkan hanya antara pulley crankshaf dan pulley kompressor AC. Ada pula tali belt AC yang selain dihubungkan dengan pulley kompressor, juga dihubungkan ke pulley alternator atau bahkan semua bagian pulley hanya dihubungkan oleh satu tali kipas. Tali atau belt yang kendor juga bisa menimbulkan bunyi berdecit.

Ciri utama bila yang bermasalah adalah tali kipasnya yang kendor. Ketika pertama kali AC dinyalakan, maka bunyi tersebut akan secara terus menerus terdengar sampai anda mematikan AC baru bisa hilang. Untuk memeriksa apakah belt ini yang menjadi penyebab bunyi, kalian bisa menyetel kekencangan tali / belt ini. Atau bisa juga melumasi tali kipas dengan menggunakan gemuk / vet / grease. Lalu mencoba menyalakan mesin mobil, kemudian menyalakan AC.

Bearing Pulley Kompressor yang Aus

Penyebab bunyi decit pada saat AC mobil dinyalakan selanjutnya adalah karena disebabkan oleh rusak atau ausnya komponen bearing pulley kompressor sehingga setiap kali AC dinyalakan, baik pada saat kompressor AC Mobil Bunyi Cit  tersebut tidak akan tetap terdengar.

Lihat Juga: Memperbaiki AC Mobil yg Tidak Dingin

Untuk lebih memastikan bahwa bearing pulley yang bermasalah anda bisa mencoba melepaskan fanbelt kompressor AC ini, baru kemudian memutar pulley kompressor dengan tangan. Bila putaran pulley terdengar kasar maka bisa dipastikan bunyi tadi disebabkan oleh bearing pulley yang rusak.

Langkah mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian bearing pulley ( bila bisa diganti ) atau mengganti pulley kompressor AC jika ternyata bearingnya tidak bisa dilepas.

Kompressor AC Bermasalah

Dan penyebab kenapa AC Mobil Bunyi Cit mobil dihidupkan selanjutnya ialah karena adanya kerusakan di dalam komponen kompressor AC,. Bisa jadi piston kompressor atau yang lainnya. Ciri utama bila kompressor yang bermasalah adalah, ketika AC dinyalakan dan kompressor sedang bekerja maka bunyi decit tadi akan muncul. Namun ketika kompressor AC nya tidak sedang bekerja maka bunyi berdecit tadi akan hilang.

Bila kompressor AC Mobil Bunyi Cit yang jadi sumber masalah bunyi sebaiknya anda lakukan servis / perbaikan agar kerusakannya tidak semakin parah. Biaya servis kompressor AC mobil ini walaupun terlihat agak mahal, namun jauh lebih murah jika dibandingkan anda mengganti kompressor baru yang harganya berjuta juta itu.

Komponen yang ada didalam kompressor AC ini sangatlah banyak. Dan penyebab kenapa kompressor bisa sampai berbunyi juga bermacam macam. Mungkin di lain kesempatan akan kami bahas mengenai hal ini.

Solusi Mengatasi AC Mobil Bunyi Cit

Sebelum ganti fan belt, mungkin suara cit cit hampir 3 detik dan setelah ganti baru hanya sekali bunyi sekitar 1 detik hilang. Akhirnya saya coba semprotkan pakai cairan belt dressing dan memang berhasil mengatasi bunyi berdecit tapi lagi-lagi cuma bertahan 1 hari.

Lantas apa solusi yang bisa diterapkan? Anda bisa mencoba untuk mengencangkan fan belt AC mobil anda.

Mengencangkan Fan Belt
Caranya kendorkan dulu baut dengan kunci ring 12 lalu tahan dengan besi dibagian yang diberi tanda panah agar terdorong ke depan.

Setelah terdorong kemudian tahan lalu kencangkan sedikit-sedikit dan coba lagi hidupkan mesin, dan hasilnya ternyata cukup efektif suara cit cit tersebut hilang.

Jika memang sumber bunyi tersebut dari fan belt maka ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk mengganti coba dulu beri belt dressing. Dan jika masih bunyi periksa kembali kekencangannya bisa jadi kendor atau malah terlalu kencang.

Demikianlah beberapa informasi penyelesaian masalah yang dapat kami berikan. Semoga dengan artikel ini, masalah AC mobil bunyi cit yang sedang anda hadapi bisa terselesaikan. Senang rasanya jika hal tersebut terjadi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5343

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya