📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

4 Penyebab Air Bag Mobil Tidak Mengembang, Pernah Alami?

Air Bag Mobil Tidak Mengembang

Kenapa dan Apa Penyebab Air Bag Mobil tidak mengembang saat terjadi benturan atau kecelakaan? Mungkin pertanyaan ini akan muncul bagi para pengguna mobil.

Anda akan panik dan bertanya-tanya, kenapa komponen perlindungan ini tidak berkerja, mungkin ada beberapa penyebab yang bisa membuat airbag mobil tidak mengembang.

Penyebab Air Bag Mobil tidak Mengembang

Sistem Bermasalah

Seperti komponen lainnya, Airbag juga tidak bisa lepas dari kerusakan jika digunakan.

Faktor mulai dari cacat pabrik, terkena air, atau kecelakaan sebelumnya bisa menyebabkan air bag tidak mengembang.

Benturan tidak Keras

Jika mobil anda mengalami benturan dan kejadian ini tidak terlalu keras, maka airbag menerima bahwa benturan tidak terlalu ringan.

Sensor pada mobil airbag tidak terpicu dan mengembang, tentu saja komponen ini memiliki sensor cnaggih yang bisa mendeteksi tingkat keparahan benturan.

Baca disini:  3 Jenis Air Bag Mobil, Wajib Paham

Posisi Duduk tidak Tepat

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika posisi duduk anda tidak normal atau terlalu dekat, maka hal ini bisa menjadi penyebab Air Bag Mobil tidak Mengembang.

Hal ini bisa disebabkan oleh posisi duduk yang terlalu dekat dengan kemudi, airbag tidak akan mengembang dengan tepat.

Tidak Gunakan Sabuk Pengaman

Seat Belt atau Sabuk pengaman yang tidak anda gunakan saat berkendara juga bisa menjadi penyebab Air Bag Mobil tidak Mengembang.

Sebelum berkendara pastikan komponen ini telah terpasang hingga bunyi klik sebelum berkendara, jika tidak digunakan maka bisa mengakibatkan kecelakaan yang fatal.

Jika airbag tidak mengembang, maka bisa menyebabkan cedera serius bagi para pengemudi dan penumpang, hal ini bisa menyebabkan cedera kepala, leher dan bagian badan lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Airbag Mobil? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Cara Kerja Airbag Mobil

Tentu saja setelah mengetahui penyebab Airbag Mobil Tidak Mengembang, anda harus memahami cara kerja airbag pada mobil.

  • Sensor benturan, Sensor ini tertelah dibagian mobil, seperti bumper depan, samping, nantinya akan medeteksi gaya dan tingkat keparahan benturan.
  • Modul Kontrol, Setelah menerima dari sensor benturan, modul kontrol akan memutuskan airbag perlu mengembang atau tidak.
  • Genetaror gas, Hal ini untuk menghasilkan gas nitrogen yang diperlukan untuk mengembang airbag dengan cepat, karena tentunya komponen ini perlu terbuka dalam waktu yang singat kurang lebih dari 0,1 detik.

Apabila lampu indikator airbag mobil menala atau berkedip anda harus segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan.

Selain itu pastikan jika komponen ini dilakukan pengecekan dan service secara berkala, agar saat dibutuhkan airbag mobil bisa mengembang.

Secara umum tidak ada penyebab airbag mobil tidak mengembang tidak ada perbedaan signifikan antara mobil lama dan baru.

Seiring penggunaan sehari-hari, komponen pada airbag pada mobil usia tua bisa mengalami keausan dan kerusakan, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadi airbag pada mobil tidak mengembang.

Kemudian teknologi airbag pada mobil lama lebih sederhana dibandingkan mobil baru, hal ini bisa membuat airbag pada mobil rentan saat dibutuhkan.

Untuk pengguna mobil tua, pastikan melakukan perawatan dan pengecekan pada sistme airbag agar bisa terawat dengan baik, namun bagi anda yang ingin melakukan perawatan dan perbaikan pada mobil anda bisa datang ke cabang Dokter Mobil terdekat.

Anda bisa menghubungi kami melalui WhatsApp disini agar anda tidak terkena antre, hubungi sekarang juga untuk perawatan mobil anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form