📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Blower AC Mobil Innova Bau Tak Sedap? Ini Penyebab dan Solusinya

Blower AC Mobil Innova Bau Tak Sedap

Sebagai pengguna Toyota Kijang Innova, pernahkah Anda mengalami masalah blower AC mobil Innova bau? Masalah ini sering dialami oleh pemilik mobil Innova, dan sangat penting untuk menemukan penyebabnya dan mengatasi masalahnya dengan tepat.

Agar Anda bisa atasi masalah ini dengan tuntas, berikut penjelasan mengenai penyebab dari masalah blower AC mobil Innova bau ini serta tips praktis tentang cara mengatasinya.

Penyebab Bau Tidak Sedap pada Blower AC Mobil Innova

Masalah blower AC mobil Innova bau bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, bukan hanya satu faktor tunggal saja.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebab blower AC mobil Innova bau:

  1. Kondisi Filter AC yang Kotor

Salah satu penyebab umum bau blower AC mobil Innova bau adalah kondisi filter AC yang kotor.

Filter AC berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam sistem AC, namun seiring waktu, filter tersebut dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman, bakteri, dan jamur.

Jika filter tidak dibersihkan atau diganti secara teratur, partikel-partikel ini dapat mengakibatkan bau tidak sedap pada udara yang ditiupkan oleh blower AC.

  1. Kelembaban yang Tinggi

Kelembaban yang tinggi di dalam sistem AC mobil Innova juga dapat menjadi penyebab blower AC mobil Innova bau.

Lingkungan lembab memberikan kondisi ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri. Ketika AC dihidupkan, udara yang keluar dari blower AC akan membawa partikel-partikel mikroorganisme ini, menyebabkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Kerusakan pada Saluran Pembuangan AC

Saluran pembuangan AC yang rusak atau tersumbat juga dapat menyebabkan blower AC mobil Innova bau tak sedap yang ganggu kenyamanan saat berkendara.

Jika saluran pembuangan tidak berfungsi dengan baik, air yang seharusnya mengalir keluar dari mobil akan terjebak di dalam sistem AC. Air yang tergenang ini akan menghasilkan bau tidak sedap saat AC dinyalakan.

  1. Penumpukan Debu dan Kotoran di Evaporator

Evaporator adalah komponen penting dalam sistem AC mobil Innova. Evaporator berfungsi untuk mendinginkan udara sebelum dilewatkan ke dalam kabin mobil.

Namun, seiring waktu, debu, serbuk sari, dan kotoran lainnya dapat menumpuk pada permukaan evaporator. Penumpukan ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme dan menyebabkan blower AC mobil Innova bau saat dinyalakan.

Baca Juga: Kenali Penyebab serta Solusi Evaporator AC Mobil Kotor

Cara Mengatasi Blower AC Mobil Innova Bau Tak Sedap

Jika Anda mengalami masalah blower AC mobil Innova bau, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Bersihkan atau Ganti Filter AC secara Teratur

Penting untuk membersihkan atau mengganti filter AC secara teratur. Lakukan pembersihan atau penggantian setidaknya setiap 3 bulan atau mengikuti rekomendasi pabrik.

Saat membersihkan filter, gunakan sikat lembut dan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Jika filter sudah terlalu kotor atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

  1. Kurangi Kelembaban di Dalam Mobil

Mengurangi kelembaban di dalam mobil dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap.

Gunakan produk pengering udara atau dehumidifier untuk mengontrol kelembaban di dalam kabin mobil.

Selain itu, pastikan ventilasi udara dalam mobil berfungsi dengan baik dan lakukan sirkulasi udara yang baik dengan membuka jendela atau sunroof saat memarkirkan mobil.

  1. Periksa dan Bersihkan Saluran Pembuangan AC

Selalu periksa saluran pembuangan AC untuk memastikan tidak ada penyumbatan atau kerusakan. Jika Anda melihat adanya tanda-tanda penyumbatan atau air yang tidak mengalir dengan lancar, segera bersihkan atau perbaiki saluran pembuangan.

Anda dapat menggunakan alat khusus seperti kawat tipis atau tekanan udara rendah untuk membersihkan saluran.

  1. Lakukan Pembersihan Evaporator secara Berkala

Lakukan pembersihan evaporator secara berkala untuk menghilangkan penumpukan debu dan kotoran yang dapat menjadi sumber bau tidak sedap.

Untuk membersihkannya, Anda dapat membawa mobil ke bengkel AC yang terpercaya atau menggunakan produk pembersih evaporator yang tersedia di pasaran.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang terlampir pada produk pembersih tersebut.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Besaran Konsumsi BBM APV

Besaran Konsumsi BBM APV, Cukup Irit?

Membeli mobil baru seperti Suzuki APV sering kali menghadirkan pertanyaan: “Seberapa iritkah konsumsi BBM APV?” Mari kita teliti bersama dalam artikel ini. Konsumsi BBM APV:

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/