📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Mengecek Aki Mobil Mengetahui Kondisinya

cara mengecek aki mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Aki mobil merupakan komponen penting yang terdapat dalam berbagai kendaraan bermotor, termasuk kendaraan mobil. Pasalnya, jika aki mobil mengalami kerusakan nantinya akan menganggu kinerja yang dimiliki oleh mobil. Namun, sayangnya belum banyak yang mengetahui cara mengecek aki mobil, sehingga banyak sekali pemilik kendaraan yang mengalami kendala pada kinerja mobil yang dimiliki.

Mengingat begitu pentingnya peranan komponen aki pada kendaraan mobil maka, sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan tersebut dapat anda lakukan baik secara mandiri ataupun melalui bengkel kepercayaan anda. Nah, bagi yang belum mengetahui cara mengecek aki mobil tersebut? yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil

cara mengecek aki mobil

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa peranan komponen Aki ini sangat pentig dalam kendaraan bermotor, utamanya mobil. Oleh karena itu, bagi setiap pemilik perlu untuk mengatahui kondisi Aki dalam mobilnya. Selain itu, bagi pemilik juga harus mengetahui cara mengecek aki mobil apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

Mungkin bagi sebagaian orang sudah mengetahui cara untuk mengetahui kondisi aku mobil tersebut, bagi yang belum mengetahui dapat menyipak ulasan berikut ini. Adapun cara tersebut antara lain adalah:

  • Mesin Susah Hidup

Cara mengecek aki mobil pertama yang dapat anda lakukan adalah melalui mesin mobil itu sendiri. Pasalnya, melaui mesin mobil ini menjadi indikator yang mudah utuk anda ketahui apakah kondisi aki mobil dalam kondisi baik atau tidak. Apabila kondisi aki mobil mengalami masalah yang serius nantinya akan mengalami kesusahan saat dihidupkan.

Selain itu, mobi juga akan mengeluarkan bunyi cetak ketika kunci diputar ke dalam posisi Start. Bukan hanya itu saja, teryata apabila kondisi aki mobil mengalami masalah mobil tidak dapat mengeluarkan suara saat kunci mobil dilakukan pemutaran ke posisi Start. Nah, itulah tanda pertama yang dapat anda ketahui pada saat melakukan pengecekan paa aki mobil.

  • Lampu Indikator Mobil

Berikutnya cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan pengecekan terhadap aki mobil adalah dengan melihat lampu indikator yang terdapat dalam mobil. Pasalnya, apabila kondisi aki mobil baik-baik saja pada saat menyalakan lampu indikator akan menyala. Namun jika aki mobil mengalami masalah lampu indikator tersebut akan terlihat redup atau bahkan sama sekali tidak hidup.

Nah, apabila mengalami kondisi yang seperti itu maka segera mungkin untuk membawanya ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanangan serius terkait permasalahan yang dialami. Pasalnya, apabila kondisi tersebut dibiarkan begitu saja nanti akan berdampak pada peforma mobil yang anda miliki.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Suara Klakson Melemah

Cara mengecek aki mobil selanjutnya yang dapat anda lakukan selain melalui lampu indikator dan menyalakan mobil adalah dengan mendengar suara klakson yang terdapat dalam mobil. Pasalnya, melalui klakson tersebut dapat diidentifikasi apakah kondisi aki mobil baik-baik saja atau mengalami masalah yang serius.

Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil Dengan Tepat

Melalui klakson tersebut dapat dijadikan cara alternatif bagi setiap pemilik mobil dalam rangka pengecekan kondisi aki mobil. Adapun indikatornya apabila kondisi aki mobil sedang mengalami masalah adalah klakson ketika dihidupkan suaranya akan redup atau bisa juga klakso tidak berbunyi. Itulah indikator yang dapat anda jadikan patokan terkait kondisi aki mobil yang memerlukan perawatan.

  • Lampu Utama Mobil

Terkahir, cara mengetahui aki mobil yang dapat anda lakukan selain yang telah dijelaskan sebelumnya adalah dengan melihat lampu utama mobil. Pasalnya, apabila aki mobil ini mengalami masalah yang serius nantinya akan berdampak pada komponen penting mobil lainya. Salah dampak yang paling mudah untuk anda ketahui  adalah komponen lampu utama yang terdapat dalam mobil.

Cara ini terbilang paing mudah yang dapat diketahui oleh setiap pemilik mobil karena dapat dilihat secara fisik. Apabila aki mobil mengalami masalah nantinya lampu utama mobil akan mengalami peredupan dalam pencahayaanya. Pasalnya, untuk menghidupkan lampu utama tersebut memerlukan daya yang terdapat dalam komponen aki mobil.

Cara Mengecek  Aki Mobil Yang Dapat Anda Lakukan

Selain cara mengecek aki mobil, teryata juga terdapat cara untuk melakukan pengetesan terhadap kinerja dari aki mobil. Melalui pengecekan kinerja tersebut tentu dapat anda jadikan pertimbangan yang cukup kredible untuk melakukan tindakan terhadap komponen aki. Walupun banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan pengecekan kinerja tersebut.

Namun sayanganya belum banyak pemilik mobil yang mengetahuinya oleh karena itu dalam pembahasan ini akan dikupas secara tuntas beberapa cara yang dapat dilakukan. Adapun cara-cara tersebut antara lain adalah:

  • Periksa Lampu Indikator Aki Mobil

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melakukan pengetesan terhadap kinerja aki mobil adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap lampu Indikator. Pasalnya, dalam komponen mobil ini telah memiliki beberapa lampu indikator yang dapat anda jaikan patokan serta cara mengecek aki mobil.

Lampu indikator aki yang terdapat dalam mobil ini biasanya memiliki warna pada bagian Body aki yang terdapat dalam mobil. Nah, apabila aki mobil mengalami masalah yang cukup serius nantinya sistem akan melakukan diagnostik otomatis serta akan menampilkan melalui indikator.

Baca Juga : Penyebab, Solusi dan Ciri Amplifier AC Mobil Rusak yang Harus Anda Pahami

Warna indikator yang terdapat dalam mobil tersebut akan mengalami perubahan sesuai dengan kekuatan arus listrik yang terdapat dalam aki mobil. Apabila dalam lampu indikator tersebut menandakan bahwa aki mobil mengalami masalah maka, sebaiknya untuk segera dibawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan.

  • Cek Tegangan Aki Mobil

Selanjutnya cara yang dapat anda lakukan dalam rangka pengetesan terhadap kinerja aki mobil sekaligus cara mengecek aki mobil adalah dengan melakukan pengecekan pada tegangan aki mobil. Pasalnya, melalui pengecekan tersebut nantinya dapat anda ketahui apakah kondisi kinerja aki mobil normal atau memang sudah mengalami penurunan.

Apabila anda ingin melakukan pengecekan terhadap kinerja aki mobil tersebut  maka, anda perlu menggunakan Voltmeter ataupun Multitester. Melalui kedua alat tersebut lah nantinya proses pengecekan terhadap kinerja aki mobbil dapat anda lakukan. Apabila anda tidak memiliki alat tersebut pengecekan dapat anda lakukan dengan datang ke bengkel tedekat.

Cara Mengecek Aki Mobil Melalui Bengkel Terpercaya Dokter Mobil

Dokter Mobil merupakan perusahaan bengkel yang sudah terverifikasi secara ISO, melalui verifikasi ISO ini Dokter Mobil sudah teruji secara kualitas pelayanan. Dokter Mobil juga sudah mengantongi banyak testimoni yang baik dari masyarakat luas sebagai bengkel yang terpercaya utuk menangani segala masalah, termasuk apad aki mobil.

Selain itu, Dokter Mobil memiliki tenaga ahli yang terampil dan menggunakan teknologi canggih serta mutu dari tenaga ahli tersebut. Bahkan, dalam Dokter Mobil ini juga memiliki Free General Chekup Mobil. Sehingga bagi anda yang menginginkan cara mengecek aki mobil anda maka, Dokter Mobil rekomendasinya.

Baca Juga : Bengkel Jakarta Terbaik Dokter Mobil

Apalagi, dalam Dokter Mobil merupakan bengkel perbaikan perangkat mobil yang bertujuan untuk dapat mengembalikan tampilan mobil kembali baru baik secara tampilan luar maupun mesin dalam mobil. Oleh karena itu, Dokter Mobil menjadi pilihan yang sering digunakan untuk masyarakat jika mereka mengunjungi Dokter Mobil untuk melakukan perawatan kendaraan mereka.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5231

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *