📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

7 Cara Merawat Turbo Diesel di Mobil, Agar Akselerasi Makin Melesat

7 Cara Merawat Turbo Diesel di Mobil

Turbo diesel adalah mesin yang sangat populer pada kendaraan berat dan kendaraan penumpang yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Mesin ini dikenal memiliki tenaga yang besar dan torsi yang tinggi, namun membutuhkan perawatan khusus agar tetap berkinerja optimal. Salah satu cara untuk menjaga kinerja mesin turbo diesel adalah dengan melakukan perawatan secara rutin.

Cara Merawat Turbo Diesel di Mobil

Berikut adalah 7 cara merawat turbo diesel di mobil agar akselerasi makin melesat.

  1. Periksa dan Ganti Oli secara Berkala

Salah satu hal yang paling penting dalam merawat mesin turbo diesel adalah dengan memperhatikan kondisi oli mesin. Oli mesin yang kotor atau kental dapat merusak mesin, termasuk turbo diesel. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa dan mengganti oli secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Penggantian oli mesin bisa dilakukan setiap 5.000-10.000 km atau 6 bulan sekali.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan berkualitas tinggi. Hal ini dapat membantu melindungi mesin dari kerusakan dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Untuk pergantian oli yang lebih maksimal, Anda bisa percayakan pada layanan Cuci Darah di Dokter Mobil. Menggunakan teknologi canggih, sisa-sisa oli yang biasa tersisa di sela-sela dan popmpa tangki oli akan dibersihkan secara tuntas sehingga oli baru yang ditambahkan performanya bisa lebih optimal.

Adapun oli mesin yang bisa Anda percayakan kualitasnya saat ganti oli dengan Cuci Darah adalah oli 9 Circle. Diformulasikan langsung oleh ilmuwan dari Jerman, oli 9 Circle didesain dengan nilai TBN (Total Base Number) yang tinggi agar lebih tahan di suhu tinggi dan mencegah penguapan lebih cepat, cocok untuk iklim tropis di Indonesia.

  1. Perhatikan Tekanan Angin pada Ban Mobil

Tekanan angin pada ban mobil juga sangat penting untuk menjaga kinerja mesin turbo diesel. Tekanan angin yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kinerja mesin, termasuk turbo diesel. Pastikan untuk memeriksa tekanan angin pada ban mobil secara berkala dan mengisi angin jika diperlukan.

Tekanan angin yang kurang dapat membuat mobil sulit untuk berakselerasi, sementara tekanan angin yang terlalu banyak dapat membuat ban cepat aus dan berdampak buruk pada kinerja mesin. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperhatikan tekanan angin pada ban mobil agar mesin turbo diesel dapat bekerja dengan optimal.

  1. Jaga Kebersihan Filter Udara

Filter udara yang kotor dapat memperburuk kinerja mesin turbo diesel. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara berkala. Filter udara yang kotor dapat menyebabkan mesin kekurangan udara yang dibutuhkan untuk membakar bahan bakar secara optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Pembersihan filter udara dapat dilakukan dengan cara membersihkannya secara manual atau dengan menggantinya dengan filter udara yang baru. Pastikan juga untuk menggunakan filter udara yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas Tinggi

Bahan bakar berkualitas buruk dapat merusak mesin, termasuk turbo diesel. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dan hindari bahan bakar yang terkontaminasi. Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah dapat membuat mesin turbo diesel mengalami kerusakan, sehingga kinerjanya menurun dan penggunaan bahan bakar menjadi tidak efisien.

Pastikan untuk memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan bersih dari kontaminasi seperti kotoran dan air. Hal ini akan membantu menjaga kinerja mesin turbo diesel tetap optimal dan mencegah kerusakan pada mesin.

  1. Perhatikan Suhu Mesin

Suhu mesin adalah faktor penting dalam menjaga kinerja mesin turbo diesel. Turbo diesel dapat lebih cepat mengalami overheat daripada mesin konvensional, sehingga perhatikan suhu mesin secara berkala. Pastikan untuk memeriksa level cairan pendingin dan kondisi radiator secara berkala, dan ganti cairan pendingin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Jika mesin terlalu panas, matikan mesin dan biarkan dingin sebelum melanjutkan perjalanan. Selain itu, pastikan untuk tidak memaksakan mesin bekerja terlalu berat, terutama pada perjalanan jarak jauh atau dalam kondisi cuaca panas.

Baca Juga: Tips Nyaman Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

  1. Hindari Pemakaian Mesin secara Berlebihan

Turbo diesel bekerja lebih keras daripada mesin konvensional, sehingga pastikan untuk tidak menggunakan mesin secara berlebihan. Hindari mempercepat atau memperlambat kendaraan secara tiba-tiba dan jangan biarkan mesin terus berjalan dalam kondisi idle untuk waktu yang lama.

Pemakaian mesin yang berlebihan dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan berisiko merusak komponen mesin. Pastikan untuk mengemudi dengan tenang dan menjaga kecepatan mesin agar tidak terlalu tinggi, terutama pada kondisi jalan yang berat atau terjal.

  1. Lakukan Perawatan secara Berkala

Terakhir, pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala pada mesin turbo diesel. Turbo diesel memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada mesin konvensional, jadi pastikan untuk melakukannya secara berkala.

Lakukan perawatan di bengkel resmi atau mekanik yang ahli dalam perawatan mesin turbo diesel. Perawatan yang harus dilakukan meliputi pembersihan injektor, pemeriksaan sistem bahan bakar, penggantian filter oli dan udara, pemeriksaan sistem pendingin, serta pemeriksaan kelistrikan.

Proses pembersihan injektor dan ruang mesin yang terhubung dengan proses pembakaran dapat dengan mudah Anda dapatkan dari tune up Jet Clean di Dokter Mobil. Membersihkan keseluruhan komponen mesin di ruang pembakaran, tune up Jet Clean akan membersihkan penumpukan kerak karbon sisa pembakaran yang mengganggu performa mobil.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu memperpanjang umur turbo diesel pada mobil Anda dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Kesimpulan

Turbo diesel adalah mesin yang sangat populer pada kendaraan berat dan kendaraan penumpang yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Mesin ini dikenal memiliki tenaga yang besar dan torsi yang tinggi, namun membutuhkan perawatan khusus agar tetap berkinerja optimal.

Dalam merawat mesin turbo diesel, pastikan untuk memperhatikan kondisi oli mesin, tekanan angin pada ban mobil, kebersihan filter udara, penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi, suhu mesin, pemakaian mesin yang tidak berlebihan, dan melakukan perawatan secara berkala. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat membantu memperpanjang umur mesin turbo diesel pada mobil Anda dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Layanan-layanan perawatan mobil berkualitas prima dari Cuci Darah, tune up Jet Clean, hingga oli 9 Circle dari Dokter Mobil bisa dengan mudah Anda dapatkan di cabang-cabang Dokter Mobil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika Anda bermukim di daerah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, dan Bandung, lokasi bengkel Dokter Mobil ini bisa Anda kunjungi langsung:

  1. Dokter Mobil Kelapa Gading

Lokasi: Blok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

  1. Dokter Mobil Kalimalang

Lokasi: Jl. Inspeksi Kalimalang Kota No.8C, RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

  1. Dokter Mobil Serpong

Lokasi: Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

  1. Dokter Mobil Alam Sutera

Lokasi: Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

  1. Dokter Mobil Cirendeu

Lokasi: 14, Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

  1. Dokter Mobil Bandung

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Sayangnya, produk dan layanan dari Dokter Mobil banyak dinanti hingga antreannya memanjang dan stoknya cepat habis. Agar bisa ‘amankan’ slot antrean dan pemesanan, pastikan bagi Anda untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, cukup hubungi via WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini) ataupun mengisi formulir reservasi daring (klik di sini). Dengan melakukan reservasi, Anda bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1245

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya