New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cuci mesin mobil

5 Cara Aman Cuci Mesin Mobil Secara Mandiri Dirumah

Bila mesin mobil tampak kotor, maka  pemilik wajib melakukan cuci mesin mobil. Jika tidak dibersihkan akan menyebabkan beberapa kerusakan. Kerusakan tersebut bisa saja berakibat fatal. Salah satunya adalah kerusakan permanen di beberapa komponen mobil, seperti radiator yang terlalu banyak kemasukan debu atau kerikil.

Dengan mencuci bagian mesin mobil, maka kerusakan fatal di beberapa komponen tersebut dapat diminimalisir. Mencuci bagian mesin mobil ini terbilang cukup sulit dan ribet. Sebab, pencucian mesin mobil ini harus dilakukan secara ekstra hati-hati.

Sebab, mesin mobil ini tidak boleh terkena air berlebih. Apabila mesin kemasukan air terlalu banyak, maka kondisi mesin mobil tentu saja tidak bisa distarter. Hal ini dikarenakan dinamo starter terkena air.

Sehingga, mobil tentu tidak bisa dihidupkan hingga digunakan. Maka dari itu, bagi Anda yang tidak berpengalaman untuk melakukan pencucian mesin mobil ini disarankan menghubungi bengkel mobil terdekat untuk layanan cuci mesin mobil.

Cara Aman Melakukan Cuci Mesin Mobil Secara Mandiri Dirumah

Mencuci mesin mobil memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan oleh pemilik. Jika tidak, maka mesin mobil akan mengalami kerusakan karena adanya faktor human error dalam mencuci mesin mobil.

Terlebih bagi Anda yang ingin mencuci mesin mobil secara mandiri dirumah. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar mesin mobil tetap dalam kondisi stabil. Maka dari itu, ini dia beberapa cara aman untuk mencuci mesin mobil secara mandiri dirumah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pastikan Kondisi Mesin Mobil dalam Keadaan Dingin

Pertama, pastikan terlebih dahulu kondisi mesin mobil. Jika mesin mobil dalam keadaan panas, maka tunggu beberapa menit agar kondisi mesin dalam keadaan dingin. Jika Anda langsung mencucinya, maka ada beberapa komponen mesin akan memuai. Hal tersebut dapat mempercepat proses pengkaratan atau keausan pada komponen mesin.

  1. Lepas Aki Mobil Saat Cuci Mesin Mobil

Kedua, lepas aki mobil saat Anda mencuci mesin. Aki mobil adalah komponen yang rawan rusak. Selain itu, aki mobil juga tidak boleh terkena air dengan intensitas tinggi. Jadi, pemilik cukup membersihkan aki dari debu atau kotoran menggunakan kuas.

  1. Bagian Kap Mobil Wajib Dibersihkan Terlebih Dahulu

Ketiga, ada baiknya untuk membersihkan bagian kap mobil terlebih dahulu. Sebab, kap mobil ini menjadi salah satu bagian yang sulit dibersihkan. Gunakan cairan pembersih serbaguna untuk membersihkan kerak-kerak yang menempel pada bagian kap mobil. Jangan lupa, gunakan kain lap atau kuas untuk mengelap debu yang sulit dibersihkan.

  1. Pasang Kembali Aki Mobil

Keempat, silahkan pasang kembali aki mobil. Namun jangan lupa, pastikan kondisi mesin telah kering dan tidak ada sisa air di sekitar tempat aki mobil. Gunakan kain lap agar tidak ada sisa air di tempat pemasangan aki mobil.

  1. Nyalakan Mesin Kembali

Kelima, segera nyalakan mesin kembali setelah aki mobil terpasang. Jika mesin mobil tidak menyala, maka ada kesalahan dalam proses cuci mesin mobil. Ada baiknya untuk segera menghubungi bengkel mobil terdekat untuk mengatasi kendala akibat mencuci mesin secara mandiri dirumah.

Dokter Mobil, Bengkel Spesialis yang Direkomendasikan untuk Atasi Masalah Mobil

Bagi pemilik kendaraan yang mengalami masalah saat “cuci darah mobil”, maka Anda bisa langsung menghubungi Dokter Mobil. Disini, kami siap melayani segala kerusakan akibat kesalahan pemilik yang mencuci darah mobil secara mandiri dirumah.

Memang, proses cuci mesin mobil ini bisa saja dilakukan dirumah. Asal, pemilik tahu bagaimana tahapan dalam pencucian mesin mobil. Jika ada kesalahan sedikit saja, maka mesin mobil akan mengalami kerusakan.

Baca Juga : Bengkel Service Mobil

Jadi, bagi Anda yang tidak berpengalaman saat mencuci darah mobil. Maka, ada baiknya untuk mempercayakan kami selaku bengkel spesialis dalam mengerjakan proses cuci darah mobil.

Apabila mesin mobil mengalami kerusakan akibat kelalaian Anda saat mencuci darah mobil, maka Anda juga dapat menghubungi kami atau bisa saja langsung ke bengkel cabang Dokter Mobil terdekat dari domisili Anda.

Memang, setiap pemilik kendaraan roda empat wajib mencuci mesin mobil secara teratur. Selain itu, proses mencuci mesin mobil juga dapat dilakukan secara mandiri dirumah. Akan tetapi, ada beberapa resiko jika Anda mencuci darah mobil secara mandiri. Untuk itu, serahkan pada Dokter Mobil selaku bengkel spesialis cuci mesin mobil terbaik dan terpercaya di Indonesia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!