📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Perbandingan Lengkap, Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize!

daihatsu rocky vs toyota raize
daihatsu rocky vs toyota raize

Dalam artikel ini, kita akan membandingkan secara detail antara dua SUV kompak yang populer di Indonesia, yaitu Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Kedua mobil ini menawarkan fiturfitur yang menarik, kenyamanan yang baik, serta harga yang bersaing.

Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize

Kita akan melihat perbedaan dan kelebihan dari kedua mobil ini, sehingga Anda bisa memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Desain Eksterior

Keduanya memiliki desain eksterior yang cukup menarik dan sporty. Daihatsu Rocky memiliki garis yang lebih tegas dan modis, sementara Toyota Raize memiliki garis yang lebih bersih dan minimalis.

Bagian depan Daihatsu Rocky memiliki gril yang besar dan lampu depan berbentuk bulat yang memberikan kesan gagah. Toyota Raize, di sisi lain, memiliki gril yang lebih kecil dengan lapisan krom yang elegan dan lampu depan yang lebih ramping.

Ketika melihat dari samping, Daihatsu Rocky terlihat lebih tinggi dan lebih tegap. Toyota Raize terlihat lebih ringkas dan aerodinamis.

Desain Eksterior Daihatsu Rocky

FiturDeskripsi
Gril depanBesar dengan aksen krom
Lampu depanBentuk bulat dengan lampu LED
Kaca spionDilengkapi dengan lampu sein LED

Desain Eksterior Toyota Raize

FiturDeskripsi
Gril depanLebih kecil dengan aksen krom
Lampu depanBentuk ramping dengan lampu LED
Kaca spionDilengkapi dengan lampu sein LED

Secara keseluruhan, desain eksterior dari kedua mobil ini memiliki keunikan masing-masing. Pilihan tergantung pada preferensi dan selera Anda.

Desain Interior

Sekarang kita beralih ke dalam Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Kedua mobil ini menawarkan ruang kabin yang luas dan nyaman, dengan desain interior yang modern dan fungsional.

Namun, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Daihatsu Rocky menampilkan desain interior yang sporty dengan sentuhan elegan. Panel instrumen di bagian depan memiliki tampilan yang modern dan fungsional, termasuk layar sentuh yang besar dan user-friendly.

Kursi depan juga terasa nyaman dan mendukung tubuh dengan baik.

Di belakang, Daihatsu Rocky menawarkan ruang kabin yang luas untuk ukuran SUV kompak, dengan kursi belakang yang dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Sementara itu, Toyota Raize juga menampilkan interior yang modern dan fungsional. Panel instrumen di bagian depan cukup sederhana namun tetap memiliki tampilan yang menarik.

Kursi depan juga nyaman, dengan bantal yang empuk dan memadai. Di belakang, Toyota Raize menawarkan ruang kabin yang luas, meskipun sedikit lebih kecil daripada Daihatsu Rocky.

Namun, Toyota Raize menawarkan fitur-fitur tambahan seperti lubang USB di belakang dan kursi belakang yang dapat digeser untuk mengatur ruang kaki.

Perbandingan Desain Interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

FiturDaihatsu RockyToyota Raize
Tampilan Instrumen DepanModern dan fungsionalCukup sederhana namun menarik
Kenyamanan Kursi DepanNyaman dan memadaiNyaman dengan bantal yang empuk
Ruang KabinLuas untuk ukuran SUV kompak, dengan bagasi yang dapat diperluasLuas, meskipun sedikit lebih kecil daripada Daihatsu Rocky, dengan kursi belakang yang dapat digeser untuk mengatur ruang kaki

Dalam perbandingan desain interior antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, keduanya menawarkan desain yang modern dan fungsional, dengan ruang yang nyaman dan luas.

Namun, Daihatsu Rocky memiliki ruang kabin yang lebih besar dan kursi depan yang lebih mendukung tubuh, sementara Toyota Raize menawarkan fitur-fitur tambahan seperti lubang USB dan kursi belakang yang dapat digeser.

Pilihan akhir Anda tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan penggunaan mobil.

Baca Juga: Kegunaan Airbag Mobil Harus Anda Ketahui

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize

Fitur keselamatan adalah hal yang menjadi perhatian utama dalam memilih mobil.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menawarkan fitur keselamatan yang lengkap, namun apakah ada perbedaan penting antara keduanya?

Seperti yang dapat dilihat dalam tabel di bawah ini, keduanya memiliki fitur keselamatan standar seperti ABS, EBD, dan dual airbags.

Namun, Daihatsu Rocky menawarkan lebih banyak fitur keselamatan tambahan seperti pengereman darurat otomatis, sistem pencegah keluar jalur, dan kamera belakang yang lebih canggih.

Toyota Raize juga menawarkan fitur keselamatan yang sama, tetapi dengan tambahan kontrol traksi dan stabilitas.

Fitur KeselamatanDaihatsu RockyToyota Raize
ABS
EBD
Dual Airbags
Pengereman Darurat Otomatis
Sistem Pencegah Keluar Jalur
Kamera Belakang
Kontrol Traksi
Kontrol Stabilitas

Secara keseluruhan, Daihatsu Rocky menawarkan lebih banyak fitur keselamatan tambahan yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam berkendara.

Namun, Toyota Raize juga memiliki fitur keselamatan yang bagus, terutama dengan tambahan kontrol traksi dan stabilitas.

Performa Mesin Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Performa mesin adalah faktor penting dalam menentukan pengalaman berkendara Anda dengan Daihatsu Rocky atau Toyota Raize.

Kedua mobil ini memiliki mesin yang tangguh dan efisien, namun apakah ada perbedaan antara keduanya?

Performa Mesin Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky dilengkapi dengan mesin 1.0-liter turbocharged tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 PS pada 6,000 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada 2,400 rpm.

Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis CVT yang responsif. Daihatsu Rocky mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 180 km/jam.

Performa Mesin Toyota Raize

Toyota Raize dilengkapi dengan mesin 1.0-liter turbocharged tiga silinder yang serupa dengan Daihatsu Rocky.

Namun, Toyota Raize memiliki torsi yang sedikit lebih rendah, yaitu 133 Nm pada 4,400 rpm, namun tenaganya sedikit lebih besar, yaitu 98.6 PS pada 6,000 rpm.

Mesin Toyota Raize dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis CVT, dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 175 km/jam.

Perbandingan Performa Mesin

Meskipun mesin Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sama-sama efisien dan tangguh, ada sedikit perbedaan dalam tenaga dan torsi.

Daihatsu Rocky memiliki torsi yang lebih tinggi pada putaran mesin yang lebih rendah, sehingga memberikan akselerasi yang lebih responsif.

Namun, Toyota Raize memiliki sedikit lebih banyak tenaga, yang mungkin memberikan kecepatan maksimum yang lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa performa mesin juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti bobot mobil dan pengaturan suspensi.

Namun, secara keseluruhan, mesin Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menawarkan performa yang sangat baik untuk mobil ini.

Kinerja dan Handling

Kinerja dan handling adalah faktor penting dalam menilai sebuah mobil. Bagaimana Daihatsu Rocky dan Toyota Raize berkinerja dalam berbagai kondisi jalan?

Keduanya memiliki mesin dengan performa yang cukup mumpuni, namun Daihatsu Rocky memiliki tenaga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Toyota Raize.

Meskipun demikian, Toyota Raize memiliki torsi yang lebih tinggi dan dapat memberikan akselerasi yang lancar dan responsif.

Kedua mobil ini memiliki suspensi yang efektif dalam menangani berbagai jenis jalan dan tikungan.

Ketika menyangkut handling, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize memiliki kemampuan yang sama-sama baik dalam mengatasi kondisi jalan yang rumit, meskipun Toyota Raize mungkin sedikit lebih mudah dikendalikan.

Kedua mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman yang responsif dan efektif dalam menghentikan mobil.

Perbandingan Kinerja dan Handling Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Daihatsu RockyToyota Raize
Tenaga (PS)10298
Torsi (Nm)138140
Akselerasi 0-100 km/jam (detik)10.210.5
SuspensiIndependent double wishboneMacPherson Strut
Sistem pengeremanDisk (depan) / Drum (belakang)Disk (depan dan belakang)

Jadi, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize adalah mobil yang mumpuni dalam hal kinerja dan handling.

Pilihan tergantung pada preferensi Anda dalam hal tenaga atau torsi yang lebih tinggi, atau preferensi kendaraan yang lebih mudah dikendalikan.

Fitur Hiburan dan Konektivitas

Bagi Anda yang mengutamakan fitur hiburan dan konektivitas dalam memilih mobil, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize menawarkan fitur-fitur yang menarik.

Keduanya dilengkapi dengan sistem audio yang cukup memuaskan, termasuk speaker yang berkualitas dan kemampuan untuk menghubungkan smartphone Anda melalui Bluetooth.

Namun, Toyota Raize memiliki keunggulan dalam hal fitur konektivitas.

Selain Bluetooth, Toyota Raize juga menawarkan konektivitas Wi-Fi dan Apple CarPlay yang tidak dimiliki oleh Daihatsu Rocky.

Fitur-fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi atau internet melalui layar sentuh kendaraan.

Dalam hal fitur hiburan dan konektivitas, Toyota Raize mungkin menjadi pilihan yang lebih unggul daripada Daihatsu Rocky.

Ruang dan Kenyamanan

Ruang kabin dan kenyamanan adalah faktor penting dalam membuat pengalaman berkendara menjadi menyenangkan.

Pada bagian ini, kita akan membandingkan ruang yang ditawarkan oleh Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, termasuk ruang kabin dan ruang bagasi.

Baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize menawarkan ruang yang cukup lapang untuk ukuran mobil kompak, dengan tempat duduk untuk lima penumpang.

Kedua mobil ini memiliki kursi yang nyaman dan bahan yang berkualitas bagus.

Daihatsu RockyToyota Raize
Kapasitas Kabin5 Penumpang5 Penumpang
Kapasitas Bagasi328 Liter369 Liter
Kualitas BahanBerkualitas tinggiBerkualitas tinggi
Kursi Lipat50:50 split60:40 split

Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Toyota Raize menawarkan sedikit lebih banyak kapasitas bagasi.

Namun, jika Anda perlu mengangkut objek yang lebih panjang, Daihatsu Rocky memiliki kursi belakang yang dapat dilipat 50:50, sedangkan Toyota Raize memiliki kursi yang dapat dilipat 60:40.

Selain itu, kedua mobil ini juga menawarkan fitur-fitur kenyanan seperti AC otomatis, senter untuk penumpang kedua, dan jendela depan yang dapat dibuka.

Namun, Daihatsu Rocky menyediakan sunroof yang dapat membantu menjadikan perjalanan Anda lebih menyenangkan.

Secara keseluruhan, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize menawarkan ruang kabin dan kenyamanan yang baik untuk ukuran mobil kompak, dengan sedikit perbedaan dalam kapasitas bagasi dan fitur-fitur tambahan.

Konsumsi Bahan Bakar

Salah satu faktor yang sangat penting dalam memilih mobil adalah efisiensi bahan bakar. Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sama-sama menawarkan mesin yang cukup hemat bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky mencapai sekitar 18,2 km/liter untuk mesin 1,2 liter, sedangkan mesin 1,0 liter Toyota Raize memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 23,8 km/liter dalam kondisi perkotaan.

Di jalan raya, Daihatsu Rocky dapat menempuh hingga 23,3 km/liter, sedangkan Toyota Raize dapat mencapai konsumsi bahan bakar hingga 30,6 km/liter.

Secara keseluruhan, Toyota Raize memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan Daihatsu Rocky, terutama dalam kondisi perkotaan.

Harga dan Varian

Bagian ini akan membahas perbandingan harga dan varian antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Kedua mobil ini menawarkan harga yang bersaing dan berbagai pilihan varian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Merek MobilVarianHarga (jutaan rupiah)
Daihatsu RockyD 1.0 MTRp 214,6 juta
X 1.0 MTRp 231,7 juta
X 1.0 CVTRp 243,6 juta
Toyota RaizeG MTRp 215,45 juta
G CVTRp 228,95 juta
G Adventure CVT250,4 juta

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa Daihatsu Rocky menawarkan tiga varian dengan harga berkisar dari Rp 214,6 juta hingga Rp 243,6 juta.

Sementara itu, Toyota Raize menawarkan tiga varian dengan harga yang lebih terjangkau, berkisar dari Rp 215,45 juta hingga Rp 250,4 juta untuk varian tertinggi G Adventure CVT.

Meskipun Daihatsu Rocky memiliki varian yang sedikit lebih mahal, namun mobil ini menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap seperti sunroof, kamera depan, dan sensor parkir depan.

Toyota Raize juga menawarkan fitur lengkap seperti kamera belakang, layar sentuh, dan konektivitas smartphone.

Secara keseluruhan, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize menawarkan pilihan varian yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Anda dapat memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Setelah melihat secara detail perbandingan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan Daihatsu Rocky

  • Desain yang lebih eksklusif dan elegan
  • Lebih besar dan lebih luas, memberikan kenyamanan yang lebih baik untuk penumpang dan barang bawaan
  • Dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang lebih lengkap, seperti peringatan tabrakan dan kontrol stabilitas
  • Lebih bertenaga dan responsif dalam mengatasi kondisi jalan yang berat

Kekurangan Daihatsu Rocky

  • Harga yang lebih mahal dari Toyota Raize
  • Konsumsi bahan bakar yang lebih boros
  • Tidak se-irit Toyota Raize dalam segi efisiensi bahan bakar

Kelebihan Toyota Raize

  • Harga yang lebih terjangkau untuk kelas SUV kompak
  • Konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan ramah lingkungan
  • Performa mesin yang baik, walaupun sedikit kalah bertenaga dengan Daihatsu Rocky
  • Cocok untuk penggunaan di perkotaan

Kekurangan Toyota Raize

  • Desain yang lebih standar dan umum, tidak begitu menonjol
  • Ruang yang lebih kecil dibandingkan Daihatsu Rocky, menawarkan kenyamanan yang sedikit lebih rendah
  • Dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang lebih sedikit, seperti lampu rem tambahan dan kamera parkir hanya pada tipe tertentu
  • Tidak se-berkualitas interior dengan Daihatsu Rocky

Dalam memutuskan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing mobil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Anda memilih mobil dengan desain eksklusif dan kenyamanan yang lebih besar serta lengkap fitur keselamatan, atau mobil dengan harga lebih terjangkau, efisiensi bahan bakar yang baik, dan performa mesin yang cukup baik?

Semuanya tergantung pada kriteria Anda dalam memilih mobil.

Penutup

Sebelum memutuskan, perlu dipertimbangkan kebutuhan pribadi dan preferensi dalam memilih mobil.

Jika Anda mencari mobil dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan fitur-fitur kendaraan yang lebih canggih, Daihatsu Rocky mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda mencari mobil dengan kinerja mesin yang lebih baik dan daya angkut yang lebih besar, Toyota Raize dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Selain itu, faktor harga juga menjadi pertimbangan penting dalam memutuskan mobil yang akan dibeli.

Daihatsu Rocky memiliki rentang harga yang lebih terjangkau, sementara Toyota Raize memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Tersedia juga berbagai varian dari masing-masing mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Jadi, mana yang menjadi pilihan terbaik untuk Anda? Daihatsu Rocky atau Toyota Raize? Pilih dengan bijak sesuai kebutuhan dan keinginan Anda!

daihatsu rocky vs toyota raize

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/