📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Dimana Letak Kondensor AC Mobil, Ya?

Dimana Letak Kondensor AC Mobil, Ya

Letak kondensor AC mobil belum banyak dari kalangan masyarakat yang mengerti, bahkan di beberapa kalangan pengguna mobil sekalipun. Fungsi kondensor pada AC mobil adalah untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh gas refrigerant atau freon.

Setelah itu, untuk udara panas ini akan dipompa oleh kompresor AC dengan bantuan kipas pendingin atau biasanya dikenal dengan extra fan. Fungsi lain dari kondensor, yaitu merubah wujud dari gas refrigerant menjadi cair sebelum dikabutkan oleh katup expansi.

Untuk letak kondensor AC mobil berada di depan radiator. Akan tetapi, ada juga letak kondensor AC mobil secara terpisah dari radiator. Tentunya, dengan letak terpisah dari radiator ini mewajibkan untuk menggunakan kipas sendiri.

Masalah AC Mobil yang Sering Terjadi

Tidak hanya sekedar paham mengenai letak kondensor AC mobil saja. Akan tetapi, para pemilik mobil juga harus mengerti masalah yang sering terjadi pada kondensor mobil sebagai berikut:

  1. Mempunyai Kemampuan Pendinginan yang Kurang

Pada hal yang satu ini biasanya terjadi, karena kotoran dan debu jalanan menempel di bagian komponen kondensor.

  1. Kondensor AC Mobil Bocor

Permasalahan yang satu ini biasanya terjadi, karena usia dari kendaraan. Mobil yang sudah berumur lebih dari lima tahun atau kilometer tempuh sampai dengan 500 ribu kilometer, tentu saja untuk komponen kondensor akan keropos dan bocor. Selain itu, kebocoran ini biasanya terjadi karena accident atau benturan dengan benda keras.

  1. Posisi dan Letak Kondensor AC Mobil

Ketika pendinginan kondensor menggunakan satu atau dua kipas, tapi posisinya berada di belakang radiator. Maka, untuk letak kondensor AC mobil tidak boleh terlalu jauh dan terlalu berdekatan. Tujuannya adalah supaya pendinginan kondensor bisa bekerja secara maksimal.

  1. Kondensor AC Tersumbat

Kondensor AC yang tersumbat ini biasanya terjadi untuk kendaraan dengan umur lama. Biasanya, sumbatan kondensor ini berasal dari keausan yang terjadi pada kompresor dan berupa kerak hitam Kotoran tersebut bisa dilihat dari sight glass di pipa AC tekanan tinggi.

Baca Juga: Pipa AC Mobil Berembun? Jangan Panik!

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cara Merawat Kondensor AC Mobil

Cara Merawat Kondensor AC Mobil, Setelah Mengetahui Letak Kondensor AC Mobil

Setelah mengerti permasalahan dan letak kondensor AC mobil, untuk para pemilik kendaraan juga harus tahu bagaimana cara melakukan perawatannya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan pada kondensor AC mobil, yaitu:

  1. Menyiapkan Alat untuk Membongkar AC

Untuk membersihkan komponen kondensor AC mobil, Anda harus membongkar terlebih dahulu. Maka dari itu, Anda butuh peralatan yang lengkap supaya tidak merusak komponen mobil lainnya.

Alat yang biasanya digunakan adalah kunci socket, kunci pas dan kunci inggris. Ada beberapa peralatan lengkap lainnya, yaitu lap bersih untuk mengangkat komponen kondensor AC tersebut.

  1. Mencari Letak Kondensor AC Mobil

Setelah menyiapkan semua alat-alaynya, maka Anda bisa langsung melakukan pembongkaran. Cari terlebih dahulu letak kondensor AC mobil. Biasanya, komponen tersebut berada di dekat radiator.

Setelah itu, lepas bagian kondensor AC mobil untuk dibersihkan terlebih dahulu. Pastikan, untuk melakukan penggantian komponen secara berhati-hati. Sebab, kalau komponen kondensor AC ini tertusuk atau jatuh tanpa sengaja harus melakukan dengan yang baru.

  1. Menyemprot Kondensor AC Mobil Menggunakan Air

Selanjutnya, semprotkan air di beberapa bagian kondensor AC mobil. Pastikan air yang digunakan adalah bersih atau bisa menggunakan air mineral. Hindari merendam kondensor AC mobil ke dalam air sabun, karena bisa membuat komponen rusak.

Lakukan penyemprotan secara bertahap dengan tenang. Tidak ada salahnya, Adna membuka komponen menggunakan kuas yang halus supaya tidak merusak pemakaian kondensor AC. Apabila semua komponen sudah dibersihkan, maka bisa dikeringkan terlebih dahulu.

  1. Memasang Kembali dengan Benar

Pada saat melepas komponen kondensor, maka Anda harus mengingat dari letak kondensor AC mobil. Setelah semua kondensor sudah bersih dari debu dan kotoran, maka Anda bisa langsung memasang kembali.

Cara pemasangannya sama seperti di saat melakukan pencopetan. Pakai kunci pas atau socket untuk mengencangkan baut kondensor. Lakukan di setiap tahapan dengan berhati-hati supaya tidak merusak komponen kondensor.

Salah satu alasan kenapa harus dilakukan secara berhati-hati, karena harga kondensor AC mobil ini sangat mahal. Biasanya, untuk harga di setiap satu kondensor AC mobil adalah di kisaran ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Baca Juga: Estimasi Biaya Service AC Mobil Terbaru dan Pengerjaan Tanpa Bongkar

Fungsi dan Cara kerja Kondensor AC Mobil

Secara umum, fungsi kondensor AC mobil adalah untuk mengubah uap gas freon menjadi cairan. Selain itu, cara kerja kondensor AC mobil dimulai dari proses setelah kompresor mobil mengubah freon menjadi gas bertekanan tinggi.

Setelah itu, udara panas ini akan diserap oleh kondensor AC. Pada saat panas diserap , freon akan berubah menjadi cair. Ada beberapa fungsi dan cara kerja dari kondensor AC mobil sebagai berikut:

  1. Menukar Panas

Fungsi utama dari kondensor AC mobil adalah untuk menukar panas. Panas ini diubah di dalam bentuk gas ke cair. Selain itu, perubahan kalor ini dilakukan oleh komponen refrigerant. Media udara yang digunakan untuk mengubah kalor jadi bentuk panas.

Udara yang digunakan untuk melakukan pendinginan. Setelah itu, panas dilepaskan dengan bantuan kipas. Semua prosesnya sudah diolah dengan baik dan komponen bisa bekerja maksimal, udara yang dihembuskan AC ini bakal dingin.

  1. Mengubah Gas

Selanjutnya, kondensor ini mengubah gas refrigerant menjadi cairan freon. Penyerapan gas ini dilakukan dengan bantuan udara Jumlah panas yang dilepaskan oleh kondensor udara dengan tingkat kedinginan AC.

Kondensor AC biasanya mempunyai letak berdekatan dengan di radiator. Tujuannya supaya proses pendinginan bisa dibantu oleh udara yang mengalir di saat mobil melaju dan juga kipas radiator.

  1. Membuang Panas

Kondensor AC mobil juga bisa membuang panas di saat mengubah freon dari gas menjadi cair. Freon ini berasal dari kompresor. Komponen ini juga bekerja dengan kipas pendingin mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form