📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Harusnya Busi Mobil Diganti Setiap Kapan?

Harusnya Busi Mobil Diganti Setiap Kapan

Busi mobil diganti setiap diperlukan atau waktunya pergantian adalah kunci untuk menjaga kinerja optimal mesin Anda, efisiensi bahan bakar yang maksimal, dan mengurangi emisi yang berbahaya.

Tetapi, seberapa sering sebenarnya Anda harus mengganti busi? Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi mobil Anda, serta faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan. Mari disimak!

Busi Mobil Diganti Setiap Kapan?

Busi mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran mesin mobil. Fungsinya adalah untuk menghasilkan percikan listrik yang memicu campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin sehingga terjadi pembakaran.

Busi yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kinerja mesin yang optimal, efisiensi bahan bakar, dan mengurangi emisi gas buang yang berbahaya.

Busi mobil diganti setiap seharusnya diganti secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerja dan efisiensi mesin.

Interval penggantian busi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis busi, kondisi mesin, dan kebiasaan berkendara.

Secara umum, ada beberapa panduan yang dapat diikuti untuk mengganti busi mobil:

Panduan Waktu:

Produsen mobil biasanya memberikan rekomendasi busi mobil diganti setiap jumlah kilometer yang telah ditempuh atau waktu tertentu.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Misalnya, mereka mungkin menyarankan penggantian setiap 40.000-80.000 kilometer atau setiap 3-5 tahun, tergantung pada model mobil dan jenis busi yang digunakan. Ini adalah panduan umum yang perlu diperhatikan.

Inspeksi Visual:

Selain mengikuti panduan waktu, sebaiknya dilakukan inspeksi visual secara berkala untuk mengetahui busi mobil diganti setiap kapan.

Periksa apakah busi terlihat aus, memiliki endapan karbon yang berlebihan, atau elektroda yang aus atau rusak.

Jika ada tanda-tanda keausan atau kerusakan pada busi, maka sebaiknya busi segera diganti meskipun belum mencapai interval penggantian yang direkomendasikan.

Kondisi Mesin:

Kondisi mesin dapat mempengaruhi usia pakai busi. Jika mesin mengalami masalah, seperti bahan bakar yang kotor, masalah pengapian, atau masalah kompresi.

Maka busi cenderung mengalami keausan lebih cepat dan busi mobil diganti setiap masalah ini sudah mulai muncul. Jika ada tanda-tanda masalah pada mesin, segera periksa busi dan ganti jika perlu.

Kebiasaan Berkendara:

Cara berkendara juga dapat mempengaruhi busi mobil diganti setiap momen mengharuskannya.

Berkendara dalam kondisi lalu lintas yang padat, sering berhenti-dan-maju, atau sering melakukan akselerasi dan deselerasi tiba-tiba dapat mempercepat keausan busi.

Jika Anda memiliki kebiasaan berkendara yang agresif atau dalam kondisi berkendara yang sulit, pertimbangkan untuk mengganti busi lebih sering.

Selain faktor-faktor di atas, penting juga untuk memilih busi yang sesuai dengan rekomendasi produsen mobil Anda.

Ada berbagai jenis busi yang tersedia, termasuk busi konvensional, busi iridium, dan busi platinum. Setiap jenis busi memiliki karakteristik yang berbeda dan mungkin memerlukan interval penggantian yang berbeda pula.

Cara Ganti Busi Mobil

Penggantian busi sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang terlatih. Proses penggantian busi melibatkan membuka kap mesin.

Setelah membuka kap mesin, langkah-langkah umum yang dilakukan dalam penggantian busi adalah sebagai berikut:

Pastikan Mesin Dalam Keadaan Dingin

Sebelum memulai penggantian busi, pastikan mesin telah dingin sepenuhnya. Mengganti busi pada mesin yang panas dapat berisiko, karena bagian-bagian mesin dapat terlalu panas dan menyebabkan luka bakar.

Persiapan dan Perlengkapan

Pastikan Anda memiliki semua perlengkapan yang diperlukan, seperti busi pengganti yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda, kunci busi (spark plug socket), pemutar busi (ratchet), dan pengencang.

Pastikan juga untuk membaca petunjuk penggantian busi dalam buku panduan pemilik mobil Anda.

Identifikasi Urutan Busi

Periksa bagaimana urutan busi pada mesin Anda. Biasanya, urutan busi dapat ditemukan pada penutup mesin atau pada buku panduan pemilik mobil.

Penting untuk mengganti busi satu per satu untuk menghindari kesalahan pemasangan yang dapat mengganggu kinerja mesin.

Lepaskan Penutup Mesin dan Kabel Busi

Lepaskan penutup mesin dengan hati-hati. Setelah itu, lepaskan kabel busi yang terhubung ke busi dengan menggenggam bagian dasar kabel (bukan kabel itu sendiri) dan tarik dengan kuat. Pastikan untuk menandai setiap kabel busi agar tidak tertukar saat dipasang kembali.

Lepaskan Busi Lama

Gunakan kunci busi (spark plug socket) dan pemutar busi (ratchet) untuk melonggarkan dan melepaskan busi lama.

Putar perlahan ke arah berlawanan jarum jam untuk melepaskan busi dari ruang bakar. Pastikan untuk tidak memaksakan agar tidak merusak bagian-bagian lainnya.

Periksa Kondisi Busi

Setelah busi lama dilepaskan, periksa kondisinya. Perhatikan apakah busi aus, memiliki endapan karbon yang berlebihan, atau elektroda yang aus atau rusak. Jika ada tanda-tanda keausan atau kerusakan, busi harus diganti.

Pasang Busi Baru

Sebelum memasang busi baru, pastikan busi baru memiliki celah elektroda yang sesuai sesuai dengan spesifikasi produsen mobil Anda.

Celah elektroda adalah jarak antara elektroda pusat dan elektroda samping pada busi. Pastikan untuk menyesuaikan celah elektroda menggunakan alat pengukur celah busi yang sesuai.

Pasang Busi Baru dan Kencangkan

Setelah menyesuaikan celah elektroda, masukkan busi baru ke dalam ruang bakar dengan tangan terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan. Kemudian, kencangkan dengan tangan sampai busi benar-benar pas di tempatnya.

Baca Juga: 6 Permasalahan Akibat Busi Mobil Tidak Diganti secara Berkala

Rawat Kondisi Busi Mobil Agar Tak Cepat Rusak dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil Kelapa Gading!

Perawatan mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga kondisi busi agar tidak cepat rusak dan memastikan kinerja mesin yang optimal.

Melakukan tune up Jet Clean di Dokter Mobil Kelapa Gading adalah salah satu layanan yang bisa dituju untuk perawatan tersebut.

Tune up Jet Clean melibatkan pembersihan menyeluruh sistem pembakaran mobil, termasuk busi, throttle body, dan sistem injeksi bahan bakar.

Layanan ini membantu menghilangkan endapan karbon dan kotoran yang dapat mengganggu pembakaran dan kinerja mesin.

Dengan melakukan perawatan secara teratur, seperti tune up Jet Clean, Anda dapat memperpanjang umur busi, mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, dan mencegah masalah yang lebih serius pada mesin.

Ingin langsung coba layanan Jet Clean-nya? Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jakarta Utara, Bekasi, dan sekitarnya, cabang Dokter Mobil ini paling tepat untuk Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Blok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Kelapa Gading:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp diatas.

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

Penutup

Pentingnya busi mobil diganti setiap waktu perlu diganti agar kinerja dan efisiensi mesin mobil bisa selalu optimal.

Interval penggantian busi dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti rekomendasi produsen, inspeksi visual, kondisi mesin, dan kebiasaan berkendara.

Melakukan perawatan mobil secara berkala, seperti tune up Jet Clean di Dokter Mobil Kelapa Gading, juga sangat penting untuk menjaga kondisi busi agar tidak cepat rusak.

Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur busi, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan mencegah masalah serius pada mesin.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/