📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tanda-tanda Busi Mobil Harus Diganti Sebelum Terjadi Kerusakan

Tanda-tanda Busi Mobil Harus Diganti Sebelum Terjadi Kerusakan

Busi adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk menghasilkan percikan listrik yang dibutuhkan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar.

Tanpa busi, mobil tidak akan bisa berjalan. Namun, seperti halnya komponen lainnya pada mobil, busi juga memiliki usia pakai yang terbatas dan perlu diganti secara berkala.

Apa saja tanda-tanda busi mobil harus diganti sebelum terjadi kerusakan? Simak penjelasan seputar tanda busi mobil bermasalah berikut ini.

Tanda-tanda Busi Mobil Harus Diganti

Salah satu tanda busi mobil bermasalah yang sering terjadi pada mobil adalah busi yang sudah aus atau kotor.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan lebih serius pada mobil Anda.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda bahwa busi mobil perlu diganti sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius, diantaranya sebagai berikut.

  1. Mesin Sulit Dihidupkan

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang pertama adalah mesin mobil yang sulit dihidupkan. Ketika tanda busi mobil bermasalah mulai aus atau kotor, maka percikan listrik yang dihasilkan akan semakin lemah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Hal ini dapat membuat mesin sulit untuk dihidupkan, terutama pada kondisi suhu dingin atau setelah mobil dibiarkan tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Jika mobil Anda mengalami masalah seperti ini, maka perlu segera memeriksakan busi mobil di bengkel terdekat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Penting untuk memperhatikan tanda-tanda mesin sulit dihidupkan karena jika dibiarkan terlalu lama, maka bisa berdampak pada kerusakan mesin yang lebih serius dan biaya perbaikan yang lebih mahal.

  1. Ada Getaran di Mesin yang Tidak Wajar

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang kedua adalah adanya getaran di mesin yang tidak wajar.

Busi yang aus atau kotor dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil dan menyebabkan getaran yang tidak normal.

Getaran tersebut bisa dirasakan ketika mobil dalam keadaan berjalan atau ketika mesin sedang berputar di dalam garasi.

Getaran yang tidak normal pada mesin mobil dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk busi yang sudah aus.

Oleh karena itu, jika Anda merasakan getaran yang tidak wajar pada mesin mobil, segera periksakan kondisi busi dan lakukan penggantian karena merupakan satu tanda-tanda busi mobil harus diganti.

  1. Konsumsi BBM Meningkat secara Signifikan

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang ketiga adalah adanya peningkatan konsumsi bahan bakar yang signifikan.

Busi yang aus atau kotor dapat mempengaruhi efisiensi pembakaran bahan bakar di dalam mesin, sehingga mesin harus bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar yang signifikan, bahkan pada kondisi penggunaan mobil yang sama seperti sebelumnya.

Jika Anda memperhatikan peningkatan konsumsi bahan bakar yang signifikan pada mobil Anda, maka perlu untuk memeriksakan kondisi busi dan melakukan penggantian karena hal ini adalah satu tanda-tanda busi mobil harus diganti.

  1. Ada Suara Ketukan saat Mesin Dihidupkan dan Berjalan

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang keempat adalah adanya suara ketukan saat mesin dihidupkan dan berjalan.

Suara ketukan dapat terdengar seperti dentingan atau ketukan yang tidak normal pada mesin. Suara ini dapat terjadi ketika busi sudah aus atau kotor, sehingga percikan listrik yang dihasilkan menjadi tidak optimal.

Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil tidak berjalan dengan lancar dan menimbulkan suara ketukan yang tidak normal.

Suara ketukan yang terdengar dari mesin mobil dapat menjadi tanda-tanda busi mobil harus diganti atau komponen lain pada mesin mobil.

Jika suara ini terus terdengar atau semakin parah, maka perlu segera memeriksakan mesin mobil ke bengkel terdekat.

  1. Bau Bensin dan Muncul Asap Berlebih dari Knalpot

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang kelima adalah adanya bau bensin yang kuat atau asap yang berlebihan dari knalpot.

Busi yang aus atau kotor dapat mempengaruhi pembakaran bahan bakar di dalam mesin dan menghasilkan emisi yang tidak normal, termasuk bau bensin yang kuat atau asap berlebihan dari knalpot.

Jika Anda memperhatikan adanya bau bensin yang kuat atau asap berlebihan dari knalpot mobil Anda, maka perlu memeriksakan kondisi busi dan melakukan penggantian karena merupakan satu tanda-tanda busi mobil harus diganti.

Hal ini dapat membantu mengurangi emisi yang dihasilkan oleh mesin mobil dan menjaga kinerja mesin agar tetap optimal.

  1. Mesin Sering Mati Tiba-tiba saat Mobil Berjalan

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang keenam adalah mesin mobil yang sering mati tiba-tiba saat mobil berjalan.

Busi yang aus atau kotor dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil dan menyebabkan mesin mati tiba-tiba saat mobil sedang berjalan.

Hal ini dapat terjadi karena percikan listrik yang dihasilkan oleh busi menjadi tidak optimal atau bahkan tidak ada sama sekali.

Jika mobil Anda sering mati tiba-tiba saat berjalan, maka perlu memeriksakan kondisi busi dan melakukan penggantian jika diperlukan karena menunjukkan tanda-tanda busi mobil harus diganti.

Hal ini dapat membantu menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal dan mencegah masalah lebih lanjut pada mobil Anda.

Baca Juga: 5 Penyebab Mesin Mobil Tiba Tiba Mati Saat Jalan yang Perlu Diketahui

  1. Ada Suara Mendesis dari Mesin saat Mobil Berjalan

Tanda-tanda busi mobil harus diganti yang terakhir adalah adanya suara mendesis dari mesin saat mobil sedang berjalan.

Suara ini dapat terjadi karena busi yang aus atau kotor dapat mempengaruhi pembakaran bahan bakar di dalam mesin dan menghasilkan suara yang tidak normal.

Jika Anda memperhatikan adanya suara mendesis dari mesin saat mobil sedang berjalan sebagai tanda-tanda busi mobil harus diganti, maka perlu memeriksakan kondisi busi dan melakukan penggantian jika diperlukan.

Hal ini dapat membantu menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal dan mencegah masalah lebih lanjut pada mobil Anda.

Busi mobil perlu diganti secara berkala untuk menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil. Selain penggantian busi, perawatan pada busi juga perlu dilakukan agar kinerja busi selalu berjalan dengan maksimal.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat busi mobil, seperti membersihkan busi secara rutin, mengganti kabel busi yang sudah aus atau rusak, serta mengganti kopling atau platina busi jika diperlukan.

Selain itu, perawatan mesin dan busi mobil secara rutin juga dapat membantu memperpanjang usia pakai mesin mobil dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil Anda.

Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan perawatan mobil secara berkala dan memperhatikan tanda-tanda busi mobil yang perlu diganti sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius.

Penutup

Busi mobil adalah salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan mobil.

Ada beberapa tanda-tanda busi mobil harus diganti sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius, seperti mesin sulit dihidupkan, adanya getaran di mesin yang tidak wajar, peningkatan konsumsi bahan bakar yang signifikan, dan lain sebagainya.

Jika Anda memperhatikan tanda-tanda busi mobil harus diganti ini pada mobil Anda, maka perlu segera memeriksakan kondisi busi dan melakukan penggantian jika diperlukan.

Selain itu, perawatan busi dan mesin mobil secara rutin juga sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!