📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kapan Tune Up Mobil Perlu Dilakukan?

kapan tune up mobil

Bagi para pemilik mobil, pertanyaan mengenai kapan tune up mobil mungkin sering kali diajukan. Hal ini terjadi karena banyak sekali ahli otomotif dan mekanik professional yang menyarankan untuk melakukan tune up secara teratur dalam rangka menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima.

Ragam Komponen Layanan Tune Up Mobil

kapan tune up mobil

Sebelum kita membahas kapan tune up mobil yang baik, kita tentu perlu memahami ragam komponen yang tercakup ke dalam layanan tune up mobil, di antaranya yaitu:

  • Ganti Oli Dan Cairan Lainnya

Penggantian oli secara teratur (setiap 5.000-7.000 kilometer) dapat menjaga agar mesin Anda tetap bersih sehingga akan bertahan lebih lama. Ada baiknya untuk mengganti filter oli pada saat yang bersamaan. Cairan lain yang perlu diganti pada waktu tertentu termasuk minyak rem, cairan pendingin mesin, cairan power steering, dan minyak transmisi.

  • Inspeksi Keamanan

Apabila mobil Anda sudah tergolong lama, atau Ketika Anda membeli mobil bekas, inspeksi keamanan sangatlah penting dilakukan. Inspeksi keamanan ini dilakukan untuk memeriksa keadaan komponen safety pada kendaraan sekaligus memperbaikinya jika ditemukan tanda-tanda kerusakan.

  • Perbaikan Mekanik

Perbaikan mekanik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tune-up. Apabila ditemukan gejala awal atau masalah serius pada komponen kendaraan, maka perbaikan mekanik akan dilakukan.

Tanda-tanda untuk Menentukan Kapan Tune Up Mobil

kapan tune up mobil

  • Lampu Dasbor Menyala

Berapa kali Anda melihat salah satu ikon menyala di dasbor Anda, dan berpikir bahwa masalah tersebut mungkin tidak serius?  Anda benar, pada saat itu mungkin masalah tidak serius. Namun itu dapat menjadi masalah serius dengan cepat jika Anda tidak mengetahui kapan tune up mobil. Lampu peringatan di mobil pada dasarnya berfungsi untuk menunjukkan bahwa ada yang salah dengan mesin kendaraan Anda.

Jika Anda melihat lampu peringatan berkedip di dasbor Anda yang biasanya tidak Anda lihat, periksa buku manual mobil Anda untuk mengidentifikasi apa arti lampu tersebut. Kemudian hubungi bengkel terpercaya untuk membuat janji dan menentukan kapan harus tune up mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Terdengar Suara Tidak Biasa

Pengemudi menjadi terbiasa dengan suara yang dihasilkan oleh mobil mereka secara teratur, tetapi suara yang dianggap biasa dapat dengan cepat berubah menjadi masalah terutama ketika Anda mendengar suara keras yang tidak terdengar beberapa waktu sebelumnya.

Kecuali Anda adalah mekanik mobil terlatih, hampir tidak mungkin untuk mengidentifikasi apa arti suara yang tidak biasa itu. Meskipun demikian, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menentukan kapan tune up mobil dan membawa mobil Anda untuk ditune-up sehingga para teknisi terlatih dapat menemukan penyebab kebisingan dan mencegah timbulnya asalah yang jauh lebih besar.

  • Jarak Tempuh Bahan Bakar Buruk

Para pengendara tentu selalu berusaha untuk mendapatkan jarak tempuh bahan bakar sejauh mungkin, dan ingin tahu seberapa jauh mobil dapat melaju dengan bahan bakar yang tersedia. Jika Anda telah mengendarai mobil Anda untuk sementara waktu, Anda tentu akan mengetahui seberapa jauh Anda bisa pergi dengan satu tangki bensin full. Jumlahnya harus konsisten dalam kisaran angka yang sama.

Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak mendapatkan jarak tempuh sebanyak tangki bensin seperti biasanya, ada baiknya untuk menentukan kapan tune up mobil dan melakukan pemeriksaan menyeluruh. Hal ini terjadi karena mungkin ada masalah mendasar yang berkontribusi pada penurunan efisiensi.

Lacak jarak tempuh Anda dengan mencatatnya setiap kali Anda pergi untuk mengisi tangki. Jarak tempuh Anda dihitung secara otomatis di dasbor Anda. Simpan catatan di mobil, dan catat setiap perjalanan, lalu setel ulang penghitung. Ini akan membantu Anda dengan mudah melihat seberapa jauh Anda menggunakan tangki bensin, dan dapat mengidentifikasi penurunan efisiensi.

  • Akselerasi Mobil yang Lambat

Apakah Anda memperhatikan bahwa mobil Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk bereaksi ketika lampu berubah dari merah menjadi hijau? Mobil yang berakselerasi lambat biasanya akan menandakan masalah yang telah berkembang seiring waktu, karena kita cenderung tidak melihat perubahan yang sangat kecil sampai semuanya bertambah menjadi perubahan besar.

Baca Juga: 4 Penyebab Mobil Tersendat Saat Akselerasi, Simak Ulasannya!

Akselerasi lambat dapat menyebabkan masalah dalam situasi ketika Anda perlu meningkatkan kecepatan, misalnya saat mendaki bukit atau berbelok ke jalan raya. Sebaiknya menentukan kapan tune up mobil dengan bengkel professional Ketika Anda merasakan penurunan akselerasi.

  • Anda Merasakan Getaran yang Tidak Biasa

Saat Anda mengemudi di jalan yang kasar, Anda dapat merasakannya melalui setir dan rangka mobil Anda. Meskipun tidak terasa nyaman, hal ini benar-benar normal karena mobil Anda bereaksi terhadap permukaan jalan. Yang tidak normal adalah jika mobil Anda mulai bergetar saat Anda berada di jalan yang mulus dan beraspal. Ini menandakan bahwa ada masalah internal. Entah Anda hanya merasakannya pada kecepatan tertentu, di setir, atau rasanya seperti seluruh mobil bisa bergetar sekaligus, itu adalah tanda bahwa Anda perlu menentukan kapan tune up mobil secepatnya.

  • Mobil Menarik Ke Satu Sisi

Ketika mobil Anda terus menarik ke kiri atau kanan saat Anda mengemudi, itu pasti cukup mengganggu dan berbahaya. Apabila ini terjadi, segeralah tentukan kapan tune up mobil. Anda akan membutuhkan mekanik profesional untuk memeriksa penyebab potensial seperti ketidaksejajaran roda, ketidakkonsistenan tekanan udara di ban, keausan pada komponen kemudi atau suspensi, atau rem yang aus tidak merata.

  • Rem Menggerinda

Rem yang terasa menggerinda akan sangat mengganggu. Mengabaikannya berarti membahayakan mobil Anda dan semua orang di dalamnya. Oleh karena itu sangat penting untuk menentukan kapan tune up mobil sesegera mungkin. Para teknisi profesional akan mendiagnosis dan memperbaiki masalah tersebut, apakah itu karena masalah bantalan rem, cakram rotor yang aus, atau sumber lainnya.

  • Mobil Terlalu Panas (Overheat)

Mobil yang terlalu panas memang dapat membahayakan pengemudi dan semua penumpang di dalamnya, terutama apabila mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu sangat penting untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda dengan menentukan kapan tune up mobil dan menjadwalkan tune-up reguler untuk memeriksa semua masalah yang menyebabkan mobil menjadi terlalu panas, seperti termostat rusak, masalah pendingin, atau radiator atau pompa air yang tidak berfungsi.

Rekomendasi Bengkel Tune Up Terbaik untuk Menentukan Kapan Tune Up Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menentukan kapan tune up mobil dan melakukan tune-up di bengkel professional secara teratur sangatlah pening untuk menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima dan sekaligus mencegah masalah serius agar tidak terjadi di lain waktu. Oleh karena itu, melakukan tune up sangatlah penting dilakukan bagi pemilik mobil lama maupun mobil baru tanpa terkecuali. Hal ini terjadi karena masalah pada kendaraan umumnya tidak mengenal usia.

Untuk melakukan tune up mobil, sangat disarankan untuk mencari layanan tune up yang professional dari bengkel dengan kredibilitas yang baik, seperti Bengkel Dokter Mobil. Berbeda dari kebanyakan bengkel lainnya, tune up di Dokter Mobil menggunakan nama Jet Clean. Proses Jet Clean ini akan membersihkan berbagai komponen yang berhubungan dengan aktivitas pembakaran dari kerak karbon dan kotoran lain yang menumpuk. Proses yang dilakukan begitu apik sehingga komponen-komponen yang berhubungan dengan ruang bakar akan lebih bersih, proses pembakaran lebih sempurna, sehingga performa mobil akan sangat prima layaknya mobil baru yang turun dari dealer. Proses Jet Clean mobil di Bengkel Dokter Mobil semuanya dikerjakan oleh para profesional berpengalaman dan menggunakan peralatan yang canggih serta sudah sesuai standar, sehingga dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang berencana untuk melakukan tune up kendaraan.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai pentingnya tune up dan cara menentukan kapan tune up mobil. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa melakukan tune up adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan untuk menjaga kondisi mobilnya agar tetap baik dan layak jalan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menjadwalkan tune up mobil, Anda dapat memilih bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk hasil terbaik.

Tertarik untuk merasakan sensasi mobil serasa kembali seperti baru keluar dari dealer? Lakukan Jet Clean di Dokter Mobil dengan menghubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari kediaman Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7897

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.