New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Nguras Kantong, Intip Masalah Pada Mobil Avanza dan Solusi

Mobil Avanza sempat menduduki julukan mobil sejuta umat sebab banyak digunakan oleh pengguna mobil. Namun siapa sangka masalah pada mobil Avanza kerap timbul menghantui para penggunanya. Penyebab pun beragam, salah satunya karena tidak diimbangi oleh perawatan rutin maupun berkala. Apakah msalah mobil anda juga terdapat dibawah ini? Yuk kepoin satu-satu berikut ini..

1. Seal Oli Bocor

Masalah pertama adalan seal oli yang mengalami kebocoran hingga menimbulkan rembesan disekitarnya. Apa penyebabnya?

-Umur pakai mobil yang sudah lama

Jika mobil anda keluaran tahun 2000an, tidak heran bila beberapa part sudah mengalami kerusakan terutama pada seal. Tidak ada salahnya untuk mengecek dan mengganti dengan part baru.

-Oli yang dipakai kurang bagus

-Suhu mesin terlalu panas

2. Ngelitik

Selanjutnya, gejala ngelitik pun kerap dialami oleh sejumlah pengguna Avanza hingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Ngelitik disebabkan oleh penumpukan kotoran pada ruang pembakaran hingga dampat berimbas pada kondisi asap ngebul hitam. Jika tidak segera ditangani, dampak berkelanjutan ialah bahan bakar menjadi boros.

Solusinya ialah lakukan tune up secara menyeluruh pada ruang pembakaran. Tune up tidak hanya membersihkan satu part saja namun keseluruhan ruang pembakaran hingga bersih dari kotoran.

Khusus untuk pengguna mobil tua tahun 2000’an, dilakukan tambahan dengan menguras air radiator secara menyeluruh lalu mengganti dengan air radiator yang baru. Pastikan air radiator yang dipakai adalah coolant bukan air AC atau air ledeng sebab sangat bahaya.

3. Sulit Masuk Gigi Mundur

Selanjutnya, pengguna Avanza khsusnya manual juga kerap diliputi masalah kesulitan ketika masuk gigi mundur padahal oli transmisi dan gardan dalam kualitas baik.

Solusinya ialah cobalah untuk mengecek Synchromesh, berfungsi membuat perpindahan gigi pada mobil saat berjalan berlangsung mulus. Ketika part tersebut tidak dapat berkinerja dengan baik, wajar bila anda merasa kesulitatan masuk gigi mundur.

Tidak hanya itu, namun pemicu lainnya juga disebabkan oleh gear positions yang kurang tepat. Cobalah untuk memasukkan ke gigi 1 lalu 2 lalu ke R.

4. Ban Depan Bunyi Gluduk Gluduk

Pernah merasakan gejala bunyi gluduk gluduk saat berjalan melewati lubang? Nah anda patut curigai part yang satu ini. Gejala ini disebabkan oleh karet-karet bushing yang sudah mengalami kerusakan.

Solusinya yakni cek part tersebut secara keseluruhan.

5. Asap Putih

Selanjutnya, gejala ini hampir sering dirasakan oleh pengguna Avanza yakni timbul asap putih pada knalpot ketika mesin baru dinyalakan. Apa penyebabnya? Hal ini bisa disebabkan oleh oli mengalami kebocoran hingga masuk ke ruang pembakaran.

Solusinya ialah dengan membawa mobil ke bengkel spesialis terdekat untuk dilakukan check up secara keseluruhan.

6. Ngeloss Saat RPM Tinggi

Berikutnya, ngeloss ketika RPM tinggi tentu dapat menghilangkan kenyamanan saat berkendara. Tangani sesegara mungkin. Hal ini bisa disebabkan oleh kopling yang mengalami gejala selip. Mau tidak mau solusinya ialah mengganti kopling yang baru untuk menghilangkan gejala tersebut.

Itulah beberapa masalah pada mobil Avanza yang sering terjadi. Apakah masalah mobil anda juga terdapat ulasan diatas? Yuk segera tangani sesegara mungkin agar terhindar dari masalah merembet lainnya. Pastikan bengkel yang akan anda tuju memang spesialis dibidangnya sehingga permasalahan ditangani oleh mekanik yang tepat dan profesional.

Ulik permasalahan mobil lainnya hanya di Dokter Mobil sumber informasi terpercaya Anda !

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!