📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Jarang Diketahui, Inilah Keuntungan Jenis Mobil RWD VS FWD

Beberapa mobil yang beredar di Indonesia disematkan jenis spesifikasi RWD dan FWD. Lalu apakah keuntungan mobil RWD vs FWD ? Namun sebelumnya sudahkah anda mengetahui pengertian dari masing-masing kedua jenis tersebut? Tidak hanya RWD dan FWD, namun juga amsih terdapat spesifikasi AWD dan 4WD. Tilik selengkapnya berikut ini;

Mengenal Jenis RWD? 

RWD (Rear Wheel Drive) merupakan istilah untuk menyebut penggerak mobil roda belakang. Biasanya jenis RWD disematkan untuk mobil keluarga seperti Toyota Avanza, Fortuner, Daihatsu Xenia, Wuling Confero, dll.

Mekanisme tenaga mesin dialirkan ke roda belakang melalui gardan. Gardan juga berimbas pada kenyamanan kabin menjadi terganggu sebab adanya terowongan untuk gardan pada bagian bawah sasis. Mobil RWD cenderung lebih boros bahan bakar serta akselerasi yang dinilai kurang cepat.

Mobil jenis ini cocok untuk penggemar drive mengebut dijalan sebab mesin terkenal tahan banting dan penggerak roda terpisah jauh, sehingga kedua komponen tidak mudah rusak dan lebih tahan lama. Itulah mengapa RWD cocok untuk menerjal jalanan.

Lalu Bagaimana Dengan Jenis FWD?

Nah untuk tipe FWD (Front Wheel Drive) merupakan istilah untuk menyebut penggerak mobil roda depan. Jenis ini didapati pada merk mobil Suzuki Ertiga, Toyota Calya, Nissan Grand Livina.

Mobil jenis ini memiliki bobot lebih ringan dibandingkan RWD dan tidak perlu menggunakan oli gardan sehingga kabin menjadi lebih luas, sangat cocok untuk pemilihan mobil keluarga yang dapat menampung hingga 7 penumpang.

Selain itu, mobil tipe ini lebih senyap sebab tidak timbul suara bising ketika suara gardan mesin dinyalakan.

Salah satu kelemahan dari FWD ialah terasa berat atau ketarik ketika melintasi medan jalanan yang berkelok. Hal tersebut dikarenakan tenaga yang dihasilkan mesin ditransfer ke roda depan dan memiliki kecenderungan untuk understeer.

Mana yang Lebih Efektif?

Menurut Dokter Mobil, lebih efektif dengan jenis FWD atau penggerak depan sebab tidak ada oli gardan yang harus diganti.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Selain itu FWD juga dikenal lebih awet ban sehingga tidak mudah aus seperti RWD yang mengalami keausan ban belakang serta ban depan pula.

Demikian ulasan mengenai keuntungan mobil RWD vs FWD yang jarang diketahui orang. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Nantikan ulasan bermanfaat lainnya hanya di Dokter Mobil sumber informasi terpercaya Anda !

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇