📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Memanaskan Mobil Matic di Posisi P atau N, Ya?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu cara menjaga mesin mobil tetap dalam kondisi yang baik adalah dengan rutin memanaskan mesin mobil, termasuk pada mobil matic. Namun yang sering menjadi pertanyaan dan perdebatan adalah apakah memanaskan mobil matic di posisi P atau N?

Banyak yang beranggapan bahwa posisi tuas transmisi di N jauh lebih aman saat sedang memanaskan mobil matic. Namun ada juga sebagian pengguna mobil yang memilih untuk memposisikan tuas transmisi mobilnya di posisi P. Agar tak menjadi perdebatan yang tak ada habisnya, berikut ini adalah pemaparan fakta seputar yang mana yang paling benar dari memanaskan mobil matic di posisi P atau N. 

Keamanan Memanaskan Mobil Matic di Posisi P atau N

Keamanan Memanaskan Mobil Matic di Posisi P atau N

Mobil matic atau transmisi otomatis telah menjadi salah satu pilihan yang populer bagi pembeli mobil saat ini. Jenis mobil ini menjadi opsi yang menarik karena kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memanaskan mobil matic, terutama posisi transmisinya. Pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah mobil matic harus dipanaskan di posisi P atau N?

Dari sudut pandang teknis, tidak ada keuntungan khusus yang bisa didapat dari memanaskan mobil matic di posisi P atau N. Dalam kedua posisi, mesin mobil akan berjalan dengan cara yang sama. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat saat memanaskan mobil matic.

  1. Aman Memanaskan Mobil Matic di Posisi P atau N

Pertama, mesin mobil matic harus dipanaskan dengan cara yang benar. Ini berarti bahwa Anda harus memastikan bahwa transmisi telah ditetapkan pada posisi P (Park) atau N (Neutral). Jika Anda mengoperasikan mobil matic di posisi D (Drive) saat memanaskan, maka mesin dapat menjadi terlalu hangat, dan ini akan menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mobil matic dipanaskan dengan benar.

  1. Penerapan Khusus Bagi Mobil Matic yang Ditenagai V6 atau V8

Kedua, jika Anda memiliki mobil matic yang ditenagai oleh V6 atau V8, maka Anda harus mengoperasikannya di posisi N (Neutral) saat memanaskan mesin. Hal ini karena mobil matic yang ditenagai oleh V6 atau V8 memiliki dua tingkat transmisi, dan menjalankannya di posisi D (Drive) dapat menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi.

  1. Jangan Pernah Memanaskan Mobil Matic saat Tuas Transmisi di D

Ketiga, pastikan bahwa Anda hanya mengoperasikan mobil matic dalam posisi P (Park) atau N (Neutral) saat memanaskan mesin. Jangan menggunakan posisi D (Drive) saat memanaskan mesin mobil matic, karena ini akan menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi.

  1. Agar Lebih Aman, Gunakan Rem Tangan

Keempat, pastikan untuk menggunakan bantuan rem saat mengoperasikan mobil matic pada posisi P (Park) atau N (Neutral). Hal ini penting untuk mencegah mobil dari bergerak saat Anda menjalankan mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Jangan Memposisikan Tuas Transmisi di D saat Mobil Matic Berhenti

Kelima, pastikan bahwa mobil matic Anda tidak dioperasikan di posisi D (Drive) saat berhenti. Meskipun ini tidak akan mempengaruhi kondisi mesin mobil, namun dapat menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi.

Baca Juga: 6 Gejala Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Cara Memanaskan Mobil Matic yang Benar

Cara Memanaskan Mobil Matic yang Benar

Memanaskan mesin mobil matic sangat penting dan harus dilakukan dengan benar. Hal ini karena mesin mobil matic butuh waktu lebih lama untuk memanaskan daripada mesin mobil manual. Jika Anda tidak melakukan ini dengan benar, maka Anda akan menemukan bahwa mesin mobil matic Anda mengalami kerusakan atau bahkan rusak.

Setelah mengetahui kebenaran seputar memanaskan mobil matic di posisi P atau N, berikut ini adalah cara memanaskan mobil matic yang benar yang bisa Anda terapkan pada mobil matic kesayangan Anda.

  1. Tunggu hingga Suhu Mesin Mencapai 60 Derajat Celcius

Untuk memanaskan mesin mobil matic dengan benar, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menggunakan mesin mobil matic Anda sebelum memastikan bahwa suhu mesin sudah mencapai setidaknya 60 derajat Celcius. Jika suhu mesin masih rendah, Anda harus menunggu sampai suhu mesin mencapai minimal 60 derajat Celcius sebelum menggunakan mobil matic Anda.

  1. Jangan Terburu-buru Langsung Bawa Mobil untuk Melaju

Selain itu, jangan langsung menggunakan mesin mobil matic Anda saat Anda menghidupkan mobil matic Anda. Anda harus menghidupkan mesin mobil matic Anda tanpa menggunakan gas atau memutar kunci mobil matic Anda. Ini akan membuat mesin mobil matic Anda menjadi hangat dan siap untuk digunakan.

  1. Periksa Kondisi Oli Mesin

Anda juga harus melakukan perawatan mesin mobil matic Anda dengan benar. Hal ini karena perawatan mesin mobil matic yang baik dan benar akan membantu menjaga kondisi mesin mobil matic Anda. Hal ini termasuk mengganti oli mesin mobil matic Anda secara teratur, memeriksa semua komponen mesin mobil matic Anda secara berkala, dan memeriksa sistem pelumas mesin mobil matic Anda.

  1. Gunakan Bahan Bakar Mesin yang Tepat

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menggunakan bahan bakar yang tepat untuk mesin mobil matic Anda. Jika Anda menggunakan bahan bakar yang salah, maka Anda dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil matic Anda.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan mobil matic Anda dengan aman dan benar, Anda harus memastikan Anda memanaskan mesin mobil matic Anda dengan benar. Dengan melakukan perawatan mesin dengan benar, menggunakan bahan bakar yang tepat, dan memastikan bahwa suhu mesin mobil matic Anda sudah mencapai setidaknya 60 derajat Celcius sebelum menggunakan mobil matic Anda, Anda dapat menggunakan mobil matic Anda dengan aman dan benar.

Dengan demikian, Anda akan dapat menikmati manfaat dari mobil matic Anda tanpa khawatir tentang kerusakan mesin mobil matic Anda. Dengan memanaskan mesin mobil matic Anda dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa mobil matic Anda akan berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Kesimpulan

Dengan demikian, jawaban terbaik untuk pertanyaan “Apakah memanaskan mobil matic dengan posisi transmisinya di P atau N?” adalah bahwa Anda harus memastikan bahwa mobil matic Anda dipanaskan dengan benar. 

Ini berarti bahwa Anda harus mengoperasikan mobil matic di posisi P (Park) atau N (Neutral) saat memanaskan mesin. Anda juga harus memastikan untuk menggunakan bantuan rem saat mengoperasikan mobil matic pada posisi P (Park) atau N (Neutral). Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa sistem transmisi mobil matic Anda tetap dalam kondisi yang baik dan bebas dari kerusakan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya