📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Waspada! Ini Akibat dari Oli Mobil Kotor

oli mobil kotor

Oli mobil kotor merupakan masalah yang cukup sering dialami oleh para pemilik kendaraan. Tanpa disadari, oli mobil kotor dapat menimbulkan masalah lain yang cukup serius, bahkan dapat berujung pada kerusakan komponen mesin mobil.

Penyebab Oli Mobil Kotor

oli mobil kotor yang dikuras dengan cuci darah

  • Keausan

Penyebab oli mobil kotor yang pertama adalah keausan. Ini biasanya dapat terlihat pada perubahan warna oli mobil Anda, dan Anda tidak perlu khawatir. Ketika oli mobil Anda berubah menjadi warna hitam, itu menunjukkan bahwa oli mobil telah melakukan tugasnya. Karena oli bertanggung jawab untuk melumasi mesin Anda dan menjaganya tetap bersih, oli Anda terus-menerus didaur ulang ke seluruh mesin. Melalui setiap siklus, itu akan mengambil beberapa kontaminan dan perlahan-lahan berubah warna. Meskipun warna ini awalnya tidak buruk, penting untuk mengganti oli lama dengan oli baru segera setelah Anda menyadarinya.

  • Kualitas Filter Oli Menurun

Penyebab oli mobil kotor yang kedua adalah kualitas filter oli menurun. Filter oli pada dasarnya bertanggung jawab untuk menyerap kontaminan yang akan diambil oli mobil Anda saat mengalir melalui mesin Anda. Saat bersih, filter melakukan pekerjaan yang baik dengan menjaga oli tetap bersih dan akan menyaring sebagian besar kontaminan. Semakin tua filter, komponen ini akan semakin kotor dan pada akhirnya akan kehilangan kegunaannya. Saat itulah oli mobil terpengaruh, karena filter tidak lagi dapat mengumpulkan kontaminan dari oli.

  • Residu Hitam

Penyebab oli mobil kotor yang kedua adalah menumpuknya residu hitam. Jika oli mobil Anda menjadi gelap dan berpasir dan Anda tidak menggantinya dari waktu ke waktu, pada akhirnya oli itu akan berubah menjadi cairan hitam yang menggumpal pada dipstick. Ini selalu terjadi ketika Anda menunggu terlalu lama di antara penggantian oli dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin kendaraan Anda. Beberapa dari kotoran itu mungkin terjebak di mesin Anda, jadi pastikan untuk mengganti oli sesegera mungkin.

Akibat yang Ditimbulkan dari Oli Mobil Kotor

oli mobil kotor yang dikuras dengan cuci darah

  • Efisiensi Bahan Bakar Buruk

Masalah yang ditimbulkan dari oli mobil kotor yang pertama adalah efisiensi bahan bakar yang buruk. Apabila Anda merasa harus mengisi bahan bakar lebih sering dari biasanya, hal ini bisa disebabkan karena adanya endapan oli yang menyumbat injektor bahan bakar dan sekali lagi, melapisi busi Anda, dapat berdampak negatif pada jarak tempuh mobil Anda per liter bahan bakar. Harus membayar lebih banyak untuk bahan bakar yang boros dapat cukup merugikan, jadi sebelum biaya meningkat, pastikan untuk memeriksakannya, atau mengganti oli berkualitas sesegera mungkin.

  • Kendaraan Mulai Terasa Lambat

Masalah yang ditimbulkan dari oli mobil kotor yang kedua adalah kendaraan mulai terasa lambat. Mesin yang mulai lambat bukanlah pertanda baik bagi setiap pengendara. Bahkan jika Anda akhirnya mengalami masalah ini, ketahuilah bahwa mesin kendaraan kemungkinan besar mencoba memberi tahu Anda sesuatu. Bisa jadi oli mobil Anda telah melapisi satu atau lebih busi Anda. Jika paking penutup klep atau valve drain sudah bocor, maka kemungkinan hal ini akan terjadi. Untungnya, perbaikannya tidak terlalu mahal, yakni melalui pembersihan busi dengan larutan pembersih, dan ganti gasket penutup katup, pastikan untuk mematuhi tekanan torsi yang ditentukan pabrikan.

  • Mesin terlalu panas (overheat)

Masalah yang ditimbulkan dari oli mobil kotor yang ketiga adalah mesin overheat. Jika oli menjadi terlalu kental untuk memastikan pergerakan yang mulus dari bagian-bagian mesin yang bergerak, dan mendinginkan mesin dalam prosesnya, maka itu akan mulai memiliki efek sebaliknya. Jika pengukur suhu mesin tegang melawan panas, kemungkinan itu pertanda oli terlalu kental, dan ada coking yang menutupi mesin Anda. Apabila hal ini terjadi, maka mesin kendaraan Anda dapat mengalami panas berlebih.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Berkurangnya Horsepower

Apabila mobil Anda mulai mengalami penurunan kecepatan, atau tidak kuat melaju atau menanjak, maka ini bisa disebabkan oleh oli mobil kotor yang sudah lama tidak diganti. Apabila masalah ini dibiarkan, maka ini berisiko menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mobil Anda. Sangat penting untuk dipastikan agar Anda rutin membersihkan endapan oli kendaraan Anda.

  • Kegagalan sensor

Sensor oksigen mobil Anda berfungsi untuk memberi tahu Anda bahwa semuanya baik-baik saja dengan tingkat oksigen dari gas yang keluar dari mesinnya. Ketika sekrupkan ke sistem pembuangan, komponen ini dapat mentransmisikan data ke Modul Kontrol Powertrain mobil, memungkinkan rasio udara-ke-bahan bakar yang optimal.

Jika sensor mulai gagal, atau jika ujung sensor tertutup oli, maka dapat berdampak negatif pada kinerja mesin dan emisi lingkungan, mengirimkan data yang salah ke komputer mesin. Jika mobil Anda telah menempuh jarak 60.000 hingga 90.000 mil, maka sensor oksigennya harus diganti. Buat janji temu dengan mekanik Anda dan mereka akan menggantinya untuk memastikan agar pengoperasian kendaraan dapat menjadi lebih lancar dan masa pakai mesin yang lebih lama.

  • Misfiring

Misfiring adalah masalah lain yang ditimbulkan dari oli mobil kotor, terutama yang disebabkan oleh busi. Karena busi adalah katalis yang menyalakan bahan bakar, jika mati bahkan satu milidetik, maka akan terjadi misfire pengapian. Anda akan dapat mengetahui hal ini apabila terjadi gerakan tiba-tiba mesin saat sedang berjalan. Sama seperti mesin yang startnya lambat, misfire disebabkan oleh lapisan oli dari gasket, grommet, atau cincin-O yang bocor. Ketika ini terjadi maka busi mobil Anda harus segera diganti, karena bahkan residu minimal pada satu busi dapat menimbulkan maslah yang cukup serius.

  • Lampu Indikator Oli Rendah Menyala

Jika lampu “periksa oli mesin” berkedip saat Anda mengemudi, maka mobil Anda bisa mengalami masalah apabila dibiarkan begitu saja. Bahkan jika Anda baru saja mengisi oli baru, endapan dan penyumbatan tetap dapat menyumbat alirannya, dan jika tidak dapat bersirkulasi dengan baik, maka kerusakan mesin yang serius akan terjadi.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Negara Tropis, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

Jika ini masalahnya, maka endapan oli dapat terus berputar di mesin kendaraan Anda. Jika sudah begini, mesin mobil harus segera diperbaiki. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga agar mesin tetap sehat dengan mengganti oli dan filter oli secara teratur, ikuti petunjuk pabrik tentang seberapa sering penggantian oli harus dilakukan, dan gunakan oli sintetis jika Anda bisa.

  • Emisi Berlebihan

Oli yang kotor, menggumpal, atau kental dapat meningkatkan emisi, membahayakan mobil Anda dan lingkungan. Saat pola aliran injektor bahan bakar berkurang, mesin menjadi kurang efisien dan menciptakan hidrokarbon dalam prosesnya. Ketika ini terjadi maka mesin akan menghasilkan lebih banyak endapan di area pembakaran sistem EGR, yang selanjutnya berdampak pada efisiensi.

Mendapatkan Layanan Pemeriksaan dan Penggantian Oli Profesional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, oli mobil kotor merupakan salah satu masalah kendaraan yang cukup serius dan perlu dihindari untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen mobil. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memeriksakan kondisi dari oli kendaraan secara teratur. Disamping itu, penting juga untuk mengganti oli secara rutin dan melakukan servis komponen oli kendaraan apabila ditemukan gejala kerusakan awal.

Seringkali penggantian oli di bengkel tak begitu optimal karena nyatanya oli bekas tak bisa terkuras bersih dengan cara pergantian oli konvensional, hingga menyisakan oli-oli sisa hingga 900 ml! Oli-oli bekas yang kotor ini jika tak dikuras dengan maksimal tentu akan mengotori dan mengontaminasi oli yang baru sehingga performa oli baru jadi terganggu.

Dokter Mobil hadir dengan solusi inovatif dan mutakhir agar pergantian oli jadi lebih bersih maksimal dari cara konvensional. Cuci Darah dari Dokter Mobil menggunakan 9Circle Engine Flush Oil yang akan merontokkan oli-oli sisa yang tak terkuras dengan sempurna untuk selanjutnya disedot hingga bersih menggunakan alat 9Circle Engine Flush. Sehingga oli-oli bekas yang kotor tak akan mengontaminasi oli yang baru diisi dan oli yang baru bisa dengan optimal membantu tarikan mesin agar lebih bertenaga.

Proses pemeriksaan, penggantian oli Cuci Darah, dan servis di bengkel Dokter Mobil semuanya dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga layanan ini dijamin dapat memberikan dampak positif bagi kendaraan Anda.

Ingin beralih ke cara baru dalam mengganti oli mesin mobil yang lebih bersih maksimal? Lakukan Cuci Darah di Dokter Mobil dengan hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab dan akibat dari oli mobil kotor. Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa meskipun sering dianggap sebelah mata, oli mobil yang kotor dapat menimbulkan masalah serius di kemudian hari apabila dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan, penggantian oli, atau servis komponen oli kendaraan, sangat disarankan untuk langsung mengunjungi bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk hasil maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8765

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.