📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Inilah Penyebab Otomatis AC Mobil Mati Hidup Terus Menerus

Inilah Penyebab Otomatis AC Mobil Mati Hidup Terus Menerus

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana otomatis AC mobil mati hidup secara terus menerus tanpa alasan yang jelas?

Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap tentang penyebab umum otomatis AC mobil mati hidup terus menerus yang perlu Anda ketahui.

Untuk cari tahu apa penyebabnya, simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Otomatis AC Mobil Mati Hidup

Penyebab otomatis AC mobil mati hidup secara terus menerus ini bisa terjadi karena beberapa sebab.

Agar penanganan yang akan Anda lakukan bisa sesuai dan tak salah, berikut ini adalah beberapa penyebab otomatis AC mobil mati hidup terus-terusan:

  1. Suhu Eksternal yang Tinggi

Suhu eksternal yang tinggi dapat menjadi salah satu penyebab utama mengapa otomatis AC mobil mati hidup terus menerus.

Ketika suhu di luar mencapai tingkat yang ekstrem, sistem AC mobil akan merespons dengan mengaktifkan perlindungan termal.

Fitur ini dirancang untuk melindungi komponen-komponen penting dari kerusakan akibat suhu yang berlebihan.

Ketika sensor suhu mendeteksi suhu yang melebihi batas yang ditentukan, sistem AC akan mematikan dirinya untuk mendinginkan komponen-komponen tersebut.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Setelah suhu turun ke tingkat yang lebih aman, AC akan dihidupkan kembali.

Oleh karena itu, ketika Anda mengalami AC yang mati hidup secara berulang saat suhu eksternal sedang tinggi, ini mungkin merupakan mekanisme perlindungan termal yang bekerja secara normal.

  1. Masalah dengan Kipas Pendingin AC

Kipas pendingin AC pada mobil bertugas untuk menjaga suhu kompresor AC tetap optimal.

Ketika kipas mengalami masalah, seperti motor yang rusak atau kabel yang longgar, AC mobil dapat mengalami masalah otomatis AC mobil mati hidup secara terus menerus.

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik akan gagal menjaga kompresor AC tetap dingin, sehingga suhu akan naik secara signifikan.

Untuk mencegah kerusakan akibat overheating, sistem AC akan mematikan dirinya sendiri. Setelah suhu turun, AC akan dihidupkan kembali.

Oleh karena itu, ketika AC mobil Anda terus menerus mati hidup, periksalah kipas pendingin AC untuk memastikan tidak ada masalah dengan komponen tersebut.

  1. Kekurangan Refrigeran atau Bocor

Refrigeran adalah cairan penting dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan udara yang keluar dari AC.

Jika terjadi kebocoran refrigeran atau kekurangan refrigeran yang signifikan, masalah otomatis AC mobil mati hidup akan muncul secara berulang.

Sensor pada sistem AC akan mendeteksi keadaan ini dan mengaktifkan mode perlindungan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Selain itu, ketika tekanan refrigeran tidak seimbang, sistem AC akan mematikan dirinya sendiri dan menghidupkannya kembali untuk menjaga keseimbangan tekanan.

Jika Anda menduga ada kebocoran refrigeran atau kekurangan refrigeran, segera periksa sistem AC Anda dan konsultasikan dengan mekanik untuk melakukan perbaikan.

  1. Masalah pada Saklar atau Kontrol AC

Saklar dan kontrol AC yang rusak atau bermasalah dapat menyebabkan otomatis AC mobil mati hidup secara terus menerus.

Saklar yang aus atau korosi pada koneksi kabel dapat mengakibatkan gangguan pada aliran listrik yang mengendalikan fungsi AC.

Hal ini dapat menyebabkan AC mati hidup berulang kali saat sirkuit terputus dan tersambung kembali.

Jika Anda mengalami masalah pada saklar atau kontrol AC, periksalah kondisi saklar dan koneksi kabel yang terhubung ke AC mobil Anda.

Pastikan tidak ada tanda-tanda korosi atau keausan yang mengganggu aliran listrik.

Jika ada kerusakan yang terlihat, segera ganti saklar atau perbaiki koneksi yang longgar. Selain itu, masalah pada bagian kontrol AC, seperti panel kontrol atau modul elektronik, juga dapat menyebabkan masalah mati hidupnya AC.

Jika Anda mencurigai adanya masalah pada kontrol AC, konsultasikan dengan mekanik untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan.

  1. Kerusakan pada Kompresor AC

Kerusakan pada kompresor AC dapat menjadi penyebab serius dari masalah otomatis AC mobil mati hidup secara terus menerus.

Kompresor merupakan komponen utama dalam sistem AC yang berperan dalam memampatkan refrigeran dan menggerakkan sirkulasi udara dingin.

Jika kompresor mengalami kerusakan, seperti kopling yang rusak atau oli yang rendah, AC tidak akan berfungsi dengan normal.

Dalam beberapa kasus, kompresor yang bermasalah akan menyebabkan AC mati dan hidup secara terus menerus saat sistem mencoba menghidupkan kompresor yang mengalami gangguan.

Jika Anda mencurigai kerusakan pada kompresor AC, segera bawa mobil Anda ke bengkel yang kompeten dalam perbaikan AC mobil untuk pemeriksaan dan perbaikan yang tepat.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Mobil Avanza Tidak Berputar

  1. Sensor Suhu yang Rusak

Sensor suhu pada sistem AC mobil berfungsi untuk mendeteksi suhu udara yang keluar dari AC dan mengatur kinerja sistem sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Jika sensor suhu mengalami kerusakan atau kegagalan, ini dapat menyebabkan otomatis AC mobil mati hidup terus menerus.

Sensor suhu yang rusak dapat memberikan informasi yang salah kepada sistem AC, sehingga mengakibatkan pengoperasian yang tidak stabil.

Misalnya, sensor suhu yang membaca suhu yang tidak akurat dapat memicu mati hidupnya AC secara berkala.

Dalam situasi ini, penggantian sensor suhu yang rusak akan diperlukan untuk mengembalikan fungsi normal dari AC mobil.

  1. Masalah pada Sistem Kelistrikan

Masalah pada sistem kelistrikan mobil, seperti kabel yang putus atau korsleting, juga dapat menjadi penyebab otomatis AC mobil mati hidup secara terus menerus.

Ketika terjadi gangguan pada aliran listrik yang mengalir ke sistem AC, AC dapat mati dan hidup secara tidak teratur.

Ini terjadi ketika hubungan listrik terputus dan terhubung kembali secara berulang.

Masalah ini bisa disebabkan oleh kabel yang aus, koneksi yang longgar, atau bahkan komponen elektronik yang rusak dalam sistem kelistrikan mobil.

Dalam kasus seperti ini, pemeriksaan menyeluruh pada sistem kelistrikan mobil oleh teknisi yang terampil diperlukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalahnya.

Atasi Masalah Otomatis AC Mati Hidup dengan Service AC Mobil di Dokter Mobil Kelapa Gading!

Jika Anda mengalami masalah dengan otomatis AC mobil mati hidup terus-terusan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel spesialis AC mobil untuk segera ditangani.

Salah satu bengkel yang kualitas dan kredibilitasnya sangat terpercaya untuk atasi masalah AC mobil adalah Dokter Mobil Kelapa Gading.

Dokter Mobil Kelapa Gading sebagai bengkel spesialis AC mobil terpercaya, menggunakan teknologi terbaru dan alat yang lengkap untuk memeriksa kondisi AC mobil Anda.

Dokter Mobil juga memiliki berbagai layanan perawatan AC mobil, mulai dari perawatan ringan seperti pembersihan filter udara dan pemeriksaan tingkat refrigeran, hingga perawatan yang lebih kompleks seperti mengatasi masalah otomatis AC mati hidup terus menerus.

Ingin langsung coba layanan service AC mobil di Dokter Mobil untuk rasakan langsung kehebatan service-nya?

Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jakarta Utara, Bekasi, dan sekitarnya, cabang Dokter Mobil ini paling tepat untuk Anda tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Blok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi customer service Dokter Mobil via WhatsApp diatas

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Anda manfaatkan!

Penutup

Dalam menghadapi masalah otomatis AC mobil hidup mati secara terus menerus, penting untuk memahami penyebab yang mungkin terjadi.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat, seperti melakukan perawatan rutin, memeriksa komponen-komponen penting, atau meminta bantuan dari mekanik profesional terbaik di Dokter Mobil Kelapa Gading.

Jaga AC mobil Anda agar tetap dalam kondisi yang baik, sehingga Anda dapat menikmati kesejukan dan kenyamanan saat berkendara.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Persiapan Touring Mobil Biar Siap Liburan

7 Persiapan Touring Mobil Biar Siap Liburan

Anda akan lakukan touring liburan akhir tahun dan sedang cari-cari tips persiapan touring mobil? Menggunakan mobil untuk melakukan touring adalah pengalaman yang menyenangkan. Namun, sebelum

8 Penyebab AC Honda Freed Tidak Dingin, Ganti Filter

8 Penyebab Ac Honda Freed Tidak Dingin

Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan AC Honda Freed tidak dingin? Jika iya, jangan khawatir! Terdapat beberapa penyebab umum mengapa AC Anda tidak memberikan udara

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!