📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Pentingnya Purging Mobil Bensin Agar Performa Makin Melesat

Pentingnya Purging Mobil Bensin Agar Performa Makin Melesat

Apakah Anda pernah merasakan performa mobil Anda menurun dalam beberapa waktu terakhir? Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah masalah pada sistem bahan bakar mobil, terutama pada bensin yang sudah terakumulasi dalam tangki. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan prosedur purging mobil bensin secara rutin. Apa itu purging mobil bensin dan mengapa penting untuk melakukannya? Simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu Purging Mobil Bensin?

Purging mobil bensin adalah prosedur untuk membersihkan sisa-sisa bensin yang masih terdapat dalam tangki dan sistem bahan bakar mobil. Sisa-sisa bensin yang kotor dapat menumpuk dan membentuk endapan yang mengganggu kinerja mesin mobil, seperti menyebabkan sulit dihidupkan, mati sendiri, atau konsumsi bahan bakar yang meningkat. Oleh karena itu, purging mobil bensin bertujuan untuk mencegah terjadinya akumulasi sisa-sisa bensin yang dapat menghambat kinerja mesin dan memperpanjang umur mesin mobil.

Proses purging mobil bensin dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut Fuel System Cleaner. Alat ini akan disambungkan ke sistem bahan bakar mobil dan akan mengeluarkan cairan pembersih yang akan membersihkan seluruh sistem bahan bakar dari endapan dan kotoran. Setelah proses pembersihan selesai, sisa-sisa cairan pembersih tersebut akan dibuang melalui knalpot. Purging mobil bensin bisa dilakukan di bengkel resmi atau di bengkel spesialis yang memang menyediakan layanan tersebut.

Tanda-tanda Mobil Perlu Di-purge

Bagaimana mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan purging mobil bensin? Berikut adalah beberapa tanda-tanda mobil perlu di-purge:

  1. Mesin Sulit Dihidupkan atau Mogok saat Kondisi Mesin Panas

Jika mesin mobil sulit dihidupkan atau mogok saat mesin sedang panas, bisa jadi itu adalah tanda bahwa sistem bahan bakar mobil mengalami masalah akibat adanya sisa-sisa bensin yang tidak terpakai di dalam tangki. Hal ini menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak optimal dan menyulitkan proses penghidupan mesin.

  1. Mobil Seringkali Mati Sendiri saat Melaju

Jika mobil sering mati sendiri saat berjalan, bisa jadi ini adalah akibat dari endapan dan kotoran pada sistem bahan bakar. Sisa-sisa bensin yang kotor dan tidak terpakai dapat menumpuk di sepanjang sistem bahan bakar mobil dan akhirnya menghambat aliran bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin mobil.

  1. Muncul Suara Kasar dan Tidak Wajar saat Melaju

Jika mesin mobil mengeluarkan suara kasar atau tidak wajar saat berjalan, bisa jadi itu menunjukkan bahwa sistem bahan bakar mobil mengalami masalah. Sisa-sisa bensin yang kotor dapat menumpuk pada filter bahan bakar atau injektor dan mengganggu proses pembakaran mesin, sehingga menghasilkan suara kasar atau tidak wajar.

  1. Konsumsi BBM Naik Drastis

Jika konsumsi bahan bakar mobil meningkat secara drastis, bisa jadi ini adalah akibat dari adanya sisa-sisa bensin yang kotor di dalam tangki atau sistem bahan bakar mobil. Sisa-sisa bensin yang tidak terpakai akan menghambat aliran bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin, sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil secara signifikan.

  1. Mobil Sulit Tembuh Akselerasi Tinggi

Jika mobil kesulitan menembus akselerasi tinggi, bisa jadi itu disebabkan oleh adanya sisa-sisa bensin yang tidak terpakai di dalam tangki atau sistem bahan bakar mobil. Sisa-sisa bensin yang tidak terpakai akan menghambat aliran bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin dan menyebabkan kendaraan sulit mencapai kecepatan tertentu.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Ada Endapan atau Kotoran pada Filter Bahan Bakar

Jika terdapat kotoran atau endapan pada filter bahan bakar, hal ini menunjukkan bahwa sistem bahan bakar mobil perlu dibersihkan. Endapan atau kotoran pada filter bahan bakar akan menghambat aliran bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin dan mengganggu kinerja mesin mobil secara keseluruhan.

Pentingnya Melakukan Purging pada Mobil Bensin

Purging mobil bensin sangat penting untuk menjaga performa mobil dan memperpanjang umur mesin. Berikut adalah beberapa alasan mengapa purging mobil bensin perlu dilakukan secara rutin:

  1. Meningkatkan Performa Mesin Mobil

Ketika sisa-sisa bensin yang kotor menumpuk dalam tangki dan sistem bahan bakar mobil, hal ini dapat menghambat kinerja mesin dan membuat mobil sulit dihidupkan atau berakselerasi. Dengan melakukan purging mobil bensin, sistem bahan bakar akan lebih bersih dan mengoptimalkan kinerja mesin.

  1. Menghemat Konsumsi BBM

Sisa-sisa bensin kotor yang menumpuk dalam tangki dan sistem bahan bakar akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Dengan melakukan purging mobil bensin, sisa-sisa bensin yang tidak terpakai dapat dibersihkan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

  1. Mencegah Kerusakan Mesin Mobil

Ketika sistem bahan bakar terkontaminasi oleh kotoran atau endapan, hal ini dapat merusak mesin mobil secara perlahan. Purging mobil bensin dapat mencegah kerusakan mesin mobil yang disebabkan oleh kotoran atau endapan pada sistem bahan bakar.

  1. Memperpanjang Umur Mesin Mobil

Dengan melakukan purging mobil bensin secara rutin, Anda dapat memperpanjang umur mesin mobil dan menghindari biaya perbaikan yang tidak perlu. Kinerja mesin mobil yang optimal akan mengurangi risiko kerusakan pada komponen mesin dan memperpanjang umur mobil Anda.

Baca Juga: Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil

  1. Meningkatkan Kenyamanan saat Berkendara

Ketika sistem bahan bakar dalam kondisi optimal, mobil akan berjalan lebih mulus dan tanpa hambatan. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

  1. Perbedaan Purging Mobil Bensin dengan Service Berkala

Purging mobil bensin berbeda dengan service berkala. Untuk memahami lebih lanjut mengenai perbedaan purging mobil bensin dan service berkala, berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  1. Tujuan dan Peruntukannya

Tujuan utama dari purging mobil bensin adalah untuk membersihkan sisa-sisa bensin yang kotor dari sistem bahan bakar mobil, sehingga kinerja mesin mobil menjadi lebih optimal dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Sedangkan tujuan dari service berkala adalah untuk memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen mesin mobil yang sudah aus atau rusak untuk menjaga kinerja dan memperpanjang umur mesin.

  1. Waktu Pelaksanaan

Purging mobil bensin dapat dilakukan setiap beberapa bulan sekali tergantung dari rekomendasi bengkel atau jarak tempuh mobil Anda. Sedangkan service berkala harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu, biasanya setiap 6 bulan atau 10.000 kilometer tergantung dari merek dan tipe mobil.

  1. Proses

Proses purging mobil bensin dilakukan dengan menggunakan alat khusus bernama Fuel System Cleaner yang disambungkan ke sistem bahan bakar mobil. Alat ini akan mengeluarkan cairan pembersih yang akan membersihkan seluruh sistem bahan bakar dari endapan dan kotoran. Setelah proses pembersihan selesai, sisa-sisa cairan pembersih tersebut akan dibuang melalui knalpot. Sedangkan proses service berkala meliputi pemeriksaan, pembersihan, dan penggantian komponen yang aus atau rusak pada mesin mobil.

  1. Biaya

Biaya purging mobil bensin relatif lebih murah dibandingkan dengan service berkala. Hal ini dikarenakan proses purging mobil bensin hanya fokus pada membersihkan sisa-sisa bensin yang kotor dari sistem bahan bakar mobil. Sedangkan service berkala meliputi pemeriksaan dan penggantian komponen mesin yang dapat memakan biaya yang lebih besar.

Dampak terhadap Performa Mobil

Purging mobil bensin dapat meningkatkan kinerja mesin mobil dan mengurangi risiko kerusakan pada komponen mesin, sehingga memperpanjang umur mesin mobil. Sedangkan service berkala tidak hanya memperbaiki kinerja mesin mobil, namun juga memperpanjang umur mesin dan mencegah kerusakan pada komponen yang sudah aus atau rusak.

Penutup

Purging mobil bensin adalah prosedur penting untuk menjaga performa mobil dan memperpanjang umur mesin. Dengan membersihkan sisa-sisa bensin yang kotor dari sistem bahan bakar, kinerja mesin mobil menjadi lebih optimal dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form