New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Blower AC Mobil Bunyi? Cek Penyebabnya !

Blower AC Mobil Bunyi hingga menimbulkan suara bising? Tentu sangat menganggu kenyamanan berkendara Sobat. Jangan risau, cek penyebabnya dibawah ini Sobat DomoLovers !

Penyebab Blower AC Mobil Bunyi

Sama seperti komponen elektronika pada umumnya, resistor blower ini ternyata juga bisa mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan dari resistor blower ini biasanya disebabkan beberapa faktor yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Evaporator pada alat pendingin kotor.

  • Sekering atau rangkaian kabel ada yang putus

  • Motor dan relay motor blower rusak

  • Switch blower rusak

  • Penggunaan AC yang non stop

  • Cacat produk

Selain penyebab diatas yang disinyalir menimbulkan rusaknya resistor blower dalam mobil, Sobat bisa mengatasi hal tersebut dengan simak ulasan selegkapnya dibawah ini;

1.Perhatikan Suara Dari Kompresor

Kalau kompresor AC mobil rusak. Mengganti kompresor dipastikan adalah cara terbaik untuk dapatkan 100% performa AC mobil yang dingin dan nyaman. Tapi kan mahal. Nah, itu kita perlu cari tahu kerusakannya. Masih bisa diperbaiki atau tidak?

Umumnya ciri awal kerusakan kompresor ac mobil adalah ada bunyi yang cukup keras ketika dinyalakan. Banyak yang bilang dengan istilah kompresornya ngorok, karena suaranya memang seperti orang mengorok. Ketika terdengar suara keras, dapat dipastikan kompresor sudah mengalami masalah. Jangan tunda lagi proses perbaikan kompresor agar tidak merembet ke komponen lain.

2.Perhatikan Aliran Angin AC Mobil

Cermati dan rasakan tiupan ac di dalam kabin. Rasakan perbedaan ketika mobil berada dalam kondisi idle maupun sudah jalan. Ketika dalam kondisi idle ac terasa kurang dingin tapi menjadi lebih dingin saat mobil sudah melaju artinya ada masalah dalam kompresi. Hal ini harus diketahui sebelum melakukan perbaikan. Sehingga arah perbaikan tidak  kemana-mana.

3.Perhatikan Rembesan Oli

Pastikan apakah terjadi kebocoran kompresor atau tidak. Jika ada rembesan oli di sekitar badan kompresor artinya telah terjadi kebocoran oli. Sementara untuk mengetahui kebocoran freon di wilayah sekitar kompresor bisa dengan menggunakan air sabun. Kucurkan air sabun pada titik-titik yang dicurigai terjadi kebocoran. Jika ada gelembung udara maka dapat dipastikan ada kebocoran yang mengakibatkan freon berkurang.

4.Bongkar AC Untuk Pemeriksaan Lebih Lanjut

Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak yang pertama sudah tentu melepasnya dari mobil. Ketika sudah dilepas, periksa kondisi magnetic clutch. Magnetic clutch yang rusak bisa mengakibatkan putaran kompresor menjadi tidak stabil. Cek kondisi magnetic clutch dengan menempelkan kabel berarus 12 volt. Ketika bagian center piece tidak bergerak, maka magnetic clutch harus diganti dengan yang baru. Lepas tiga bagian magnetic clutch lama (center piece, pully, dan spool magnet). Baru kemudian diganti dengan yang baru.

5.Lakukan Penggantian Komponen Kompresor

Ketika sudah pasti kompresor ac mobil ngorok, lepas dan bongkar kompresor. Bisa jadi bunyi kasar yang muncul karena ada kebocoran oli. Ketika kompresor kekurangan oli maka komponen di dalamnya akan mengalami gesekan kasar. Itulah yang menyebabkan bunyi kasar.

Kemungkinan ada sil yang sudah mengeras sehingga tidak bisa menahan freon di dalam saluran ac mobil. Cukup ganti sil yang sudah rusak atau mulai mengeras. Pastikan ketika seluruh bagian kompresor sudah terpasang, tidak ada lagi rembesan oli yang muncul dari badan kompresor.

6.Bersihkan Komponen Kompresor

Bisa juga bunyi keras pada kompresor karena bearing bambu berkarat. Karat inilah yang membuat kompresor tidak bisa berputar. Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak akibat bearing bambu berkarat ini terbilang mudah. Cukup bersihkan dengan menyemprotkan antikarat pada bearing bambu. Kemudian diamplas dengan amplas 100 (halus). Setelah semua karat dihilangkan baru oli kompresor bisa dimasukan.

7.Penggantian Kompresor AC Mobil

Salah satu sumber bunyi kasar pada kompresor adalah kondisi piston yang sudah mulai aus. Perhatikan juga kondisi bagian yang lain seperti dinding silinder dan klep. Jika pada dinding silinder sudah mulai terlihat baret atau aus, seperti halnya kondisi piston. Maka tidak ada jalan lain kecuali dengan mengganti dengan kompresor yang baru. Memaksakan dengan mencoba menghaluskan kondisi piston maupun dinding silinder tidak akan memperbaiki masalah.

Itulah ulasan mengatasi Blower AC Mobil Bunyi serta cara mengetahui penyebab dan solusinya.

Jika anda membutuhkan service Penyebab Blower Ac Mobil Berisik silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab blower AC mobil berisik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!