Artikel

penyebab mesin mobil mati mendadak

4 Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak & Cara Atasinya

Ada banyak sekali penyebab mesin mobil mati mendadak bisa karena dari hal yang sepele sampai hal yang paling rumit. Oleh sebab itu perhatikan ya. Artikel ini akan membahas semua yang anda harus tahu beserta solusinya.

4 Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

  • Mesin Overheat

Penyebab mesin mobil mati mendadak yang pertama adalah mesin overheat. Mesin overheat dapat terjadi karena banyak factor mulai dari kebocoran sistem pendingin, kipas radiator mati. Thermostat rusak, radiator tersumbat, kurangnya coolant dan kurang oli pada mesin. Pada dasarnya mesin overheat disebabkan udara panas berlebih hasil gesekan dan pergerakan antar komponen mesin.

Nah untuk solusinya jika terjadi overheat pada mobil anda.  Berhenti di pinggir jalan yang aman kemudian matikan mesin mobil untuk mengurangi kerusakan. Setelah itu buka kap mesin mobil untuk membiarkan panas berlebih keluar dari ruang mesin. Jangan membuka langsung tutup radiator saat kondisi mesin masih panas ya, hal ini dikarenakan radiator sedang memiliki tekanan berlebih jika anda membukanya saat suhu mesin sedang panas dapat dipastikan air radiator yang keluar akan langsung menyembur ke atas dan bisa saja melukai wajah dan tangan anda. Jadi pastikan suhu mesin dingin baru anda buka tutup radiator.

Jika mesin sudah dingin, buka tutup radiator perlahan dengan bantuan kain lap basah atau kanebo, lalu buka perlahan untuk mengeluarkan tekanan udara berlebih. Lalu cek cadangan airnya. Jika cadangan air kurang, isi kembali dengan air mineral. Ingat! Jangan gunakan air tanah yak arena bisa menimbulkan kerak pada bagian dalam radiator, jika kerak ini terus menerus menumpuk maka akan terjadi penyumbatan sehingga air radiator tidak bisa mengalir dengan sempurna dan mendinginkan panas mesin nantinya. Jika anda sudah mengisi air radiator anda dapat menjalankan mobil anda lagi sembari anda perhatikan indikator panas. Jika indikator panas ini naik lagi, ulangi cara yang sama berulang-ulang sampai anda menemukan bengkel terdekat.

  • Konverter Katalitik Rusak

Konverter katalis merupakan bagian vital dari sistem pembuangan hal ini memainkan peranan utama untuk menjaga knalpot tetap bersih. Salah satu penyakit utama pada komponen ini yang sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin adalah saat katalisator meleleh dan mampat. Jika mampat gas buang mesin tidak akan mengalir dengan lancar sehingga menyebabkan tekanan balik. Akibatnya tenaga yang dihasilkan mesin jadi loyo dan lebih boros.

Katalitik converter dapat meleleh disebabkan karena busi atau katup emisi bocor sehingga bahan bakar tidak terbakar ke dalam sistem pembuangan dan malah menyala di katalitik converter dan melelehkan internalnya. Beberapa gejala umum jika katalitik converter rusak antara lain, bau belerang, penurunan efisiensi bahan bakar yang cukup besar, tes emisi gagal, lampu check engine menyala, rumahan luar berubah warna atau melengkung, kurang akselerasi dan starter sulit. Kemudian untuk mendiagnosis jika katalitik converter rusak adalah jika anda mencium seperti bau telur busuk.

Namun hal ini tidak bisa menjadi patokan pasti. Untuk itu ambil pengukur vakum kemudian hubungkan alat ukur ke saluran vakum manifold intake, nyalakan mesin, diamkan dan periksa pembacaan pada alat ukur. Kemudian coba naikkan rpm sampai 2500 dan tahan. Jika jarum lambat kembali maka dapat dipastikan katalitik converter tersumbat.

  • Tangki Bahan Bakar Kosong

Penyebab mesin mobil mati mendadak kali ini cukup sepele yaitu tangki bahan bakar kosong. Bisa saja anda kurang teliti mengecek penunjuk bensin di dashboard mobil anda atau memang anda sengaja membiarkan tangki bahan bakar nyaris kosong. Hati-hati lho karena akan banyak akibat yang ditimbulkan dari kelakuan yang seperti ini. Misalnya saja menimbulkan endapan kotoran.

Tangki bahan bakar yang kosong dapat memicu endapan kotoran sehingga membuat saluran pompa bahan bakar (fuel pump)  mudah tersendat. JIka hal ini terjadi, maka sistem pengapian juga tidak akan bekerja dengan baik. Bisa jadi malah anda harus ganti fuel pump dengan harga yang cukup fantastis.

  • Alternator Bermasalah

Seperti pada artikel yang pernah saya bahas. Alternator atau dinamo amper adalah komponen yang menghasilkan arus listrik AC menjadi arus DC. Penyebab alternator rusak bisa karena beberapa sebab seperti gulungan kawat tembaga yang putus, diode putus, kabel korosi dan arang habis. Biasanya penyebab mesin mobil mati mendadak ada pada gulungan kawat tembaga yang putus dalam jumlah banyak.

Pada dasarnya model alternator setiap mobil berbeda-beda, namun biasanya alternator memiliki regulator yang berada di dalamnya. Disini saya akan memberikan cara memperbaiki alternator yang rusak. Pertama lakukan pengecekan bearing alternator dengan cara memutar pulley alternator dengan menggunakan dinamo tester.  Kedua, bongkar komponen yang terdapat di dalam alternator dengan hati-hati, usahakan memakai sarung tangan isolator ya, untuk mencegah tersetrum. Ketiga, bersihkan komponen alternator sebelum melakukan pengukuran dan pemeriksaan. Lalu periksa rumah bearing, jika terdapat kerusakan seperti patah atau pecah maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Pada pemasangan rumah bearing dan dudukan harus pas supaya tidak longgar. Kemudian periksalah fisik brush dan ukur panjangnya pada regulator. Bila panjang sudah dibawah batas minimum sekitar 4mm maka ganti dengan regulator baru.

Baca Juga : cara mengisi air radiator

Tahap selanjutnya, ukur diameter slip ring rotor alternator. Jika diameter slip ring kurang dari 12.5mm maka ganti alternator rotor dengan yang baru. Namun jika ada kecacatan rapikan dengan dibubut. Kemudian, ukur tahanan slip ring ukurannya kisar 1.5-4 ohm. Jika pengukuran dibawah batas minimum yang sudah disebutkan tadi maka bersihkan ulang rotor dan cek kebocoran pada gulungan rotor. Lalu periksa gulungan stator dari kemungkinan cacat dan kebocoran. Lalu, pasang kembalil bearing dengan hati-hati. Setelah selesai, langkah terakhir adalah tes alternator dengan menggunakan dinamo tester serta pasang kembali alternator pada mobil.

Demikian penjelasan penyebab mobil mati mendadak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan kewaspadaan anda ya. Jika anda tidak yakin untuk membongkar komponen yang rusak sendirian disarankan anda ke bengkel terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :