New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mobil tidak bisa distarter

3 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter & Solusinya

Apakah domolovers pernah bertanya, apa penyebab mobil tidak bisa distarter paling utama? Jika ya, maka relate dengan hal-hal ini. Itu sebabnya, kali ini saya akan membahasnya. Memang banyak orang jika diberi pertanyaan seperti ini akan serentak menjawab, “aki soak!”. Tapi, apa benar hanya aki soak? Apakah ada sebab lain yang kurang dipahami? Ayo, kita simak bahasannya.

Penyebab Utama Mobil Tidak Bisa Distarter & Solusinya

oli rembes dari blok mesin mobil

  • Bukan Sekadar Aki Soak, Tapi…

Memang jawaban seperti “Aki Soak” tidaklah salah. Namun, jangan hanya langsung berasumsi aki soak ya, domolovers. Sebaiknya dicek dahulu, apakah benar akinya benar-benar soak atau sebab lain. Seperti busi, koil, ECU, dinamo ampere atau bahkan dinamo starter. Jadi penyebab mobil tidak bisa distarter harus dicari tahu sampai ke akarnya.

Ciri-ciri yang paling mudah dari mobil yang tidak bisa distarter karena aki soak adalah suara klakson tidak nyaring, nyala lampu tidak seterang biasanya dan mobil sulit starter. Namun pada mobil-mobil keluaran baru biasanya, domolovers dapat mengetahuinya dari tanda aki berwarna merah di bagian dashboard pengemudi. Nah, jika mobil mengalami hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas bisa dikatakan aki mobil memang soak.

Namun, domolovers perlu tahu juga nih ya. Bedanya aki soak dengan kurang setrum. Jika aki soak maka ketika mesin mobil mati, tegangan yang tersimpan tidak lagi normal untuk menyalakan mesin lagi. Salah satu cirinya yang paling terdengar saat menyalakan mobil, akan terdengar suara dinamo starter lemah. Tapi, jika aki kurang setrum bisa dikarenakan energi terbuang saat mesin tidap hidup atau tidak mengalami proses pengisian.

Perbedaannya, aki soak tidak bisa diisi ulang dan hanya bisa diganti cairan elektrolitnya untuk sementara waktu terutama untuk aki basah, itu artinya jika aki soak maka tidak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru. Tapi, jika aki kurang setrum maka masih bisa diisi ulang lagi.

Lalu, bagaimana jika posisi sedang darurat dan mobil tidak bisa distarter? Gampang! Cukup dengan menggunakan jumper aki mobil dengan aki mobil atau dengan mendorongnya. Caranya dengan memasukkan gigi 2, lalu dorong mobil perlahan sampai 7 meter di jalanan rata. Setelah itu lepaskan pedal kopling sampai mobil hidup. Namun, perlu ingat cara ini tidak berfungsi jika tegangan aki sama sekali habis, bisa lihat melalui simbol aki di bagian dashboard.

  • Perhatikan Kondisi Busi dan Koil

Busi dan koil merupakan komponen yang tidak bisa dikesampingkan. Busi berfungsi sebagai pengubah tegangan listrik yang disalurkan ke koil agar bisa menjadi percikan bunga api dimana api ini akan digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dengan kompresi udara di ruang bakar. Busi yang kotor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Hal tersebut dikarenakan dengan kondisi busi yang kotor maka percikan api tidak akan keluar sempurna sehingga bunga api tidak akan tercipta. Cara mengecek busi kotor atau tidak bisa lihat dari warnanya. Jika warna hitam pekat maka busi kotor. Untuk membersihkannya bisa lakukan dengan disemprot menggunakan bensin dan disikat menggunakan sikat kawat.

Kondisi koil juga perlu dicek. Jika koil mobil bermasalah indikasi paling pertama adalah tenaga mobil menjadi berkurang atau mesin brebet, setelah itu mobil lama kelamaan akan mogok. Koil juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter, terutama terja

di di pagi hari. Koil yang bermasalah biasanya terlihat dari tanda isolator koil yang retak pada bagian pinggir terminal koil. Selain itu, koil yang bermasalah juga bisa dilihat pada bagian batang ke busi yang patah karena getas.

  • Dinamo Starter dan Dinamo Ampere

Siapa diantara domolovers yang masih bingung perbedaan antara Dinamo Starter dan Dinamo Ampere? Sama dong! Relate kita. Jangan panik, perbedaanya cukup mudah. Dinamo starter bekerja mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Ketika pertama kali menghdupkan mesin mobil, disitulah dinamo starter bekerja. Sedangkan dinamo ampere atau bahasa kerennya alternator merupakan komponen yang bertugas mengisi setrum aki.  Jika dinamo starter dan dinamo ampere rusak maka bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Dinamo starter yang rusak biasanya bisa disebabkan karena aki soak. Baru tahu ya? Aki yang soak akan mengakibatkan kurangnya suplai listrik sehingga ketika mobil distarter akan terdengar bunyi cetak cetek. Selain itu, bisa disebabkan karena solenoid starter yang sudah rusak. Solenoid starter rusak biasanya terjadi pada gulungan atau switchnya. Pada switch terdapat dua buah gulungan, yaitu pull in coil dan hold in coil. Jika gulungan pull nya rusak maka pinion tidak akan bergerak maju. Sedangkan jika gulungan hold yang rusak, maka daya magnet berkurang sehingga gear pinion starter akan kembali mundur.

Baca Juga : Penyebab Radiator Panas

Sedangkan jika dinamo ampere atau alternator yang rusak bisa cirikan dengan adanya bau gosong atau bau terbakar diikuti dengan suara decitan ditambah lampu mobil mulai redup, lampu indikator menyala dan aki mulai terasa tidak berfungsi normal. Jika alternator berbunyi keras maka penyebabnya bisa dari dioda rectifier yang sudah rusak dan perlu diganti. Jika lampu indikator di dashboard yang menyala tandanya alternator sudah tidak bisa mengalirkan arus listrik dengan maksimal, solusinya ganti baru. Jika aki yang terasa tidak normal, maka bisa jadi tegangan output alternator berkurang.

Penyebab mobil tidak bisa distarter memang banyak jenisnya. Untuk itu, perlu pake banget kita menjaganya. Oleh sebab itulah, Dokter Mobil hadir dan melayani semua. Cukup datang ke bengkel Dokter Mobil atau menghubungi Dokter Mobil. Biarkan teknisi kami yang melayani Anda semua di rumah. Ada garansi loh, jadi domolovers tidak perlu khawatir teknisi nakal yang hanya ingin anda membayar lebih. Jadi tunggu apalagi? Segera rasakan kenikmatan service bersama Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!