New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Sedang Overhaul? Intip 3 Penyebab Mobil Turun Mesin

Sedang Overhaul? Intip 3 Penyebab Mobil Turun Mesin

Momok yang paling dihindari oleh pengguna mobil yakni gejala overhaul atau turun mesin. Apa yang terdapat dibenak anda ketika mendengar turun mesin? Penyebab mobil turun mesin sudah pasti beragam. Sebagian ada yang berpendapat biaya mahal, proses cukup lama, mobil sudah rusak parah, dan lain-lain. Tidak heran bila hal tersebut menjadi momok menakutkan mobil sudah dalam kondisi ‘sakit parah’.

Turun mesin atau overhaul secara singkat yakni proses pengeluaran mesin dari body mobil untuk mendapatkan diagnosa lebih dalam terkait kerusakan yang terjadi. Sudah tahukah anda penyebab mobil turun mesin ? Selengkapnya simak uraian dibawah ini;

1. Mesin Pernah Terendam Air Banjir

Saat musim hujan tiba, tidak jarang banjir melanda sebagain wilayah hingga menyebabkan genangan mewabah. Bagi warga perkotaan ibukota, sempat mengalami tragedi banjir terparah pada awal tahun 2020. Fenomena mobil terendam hingga terbawa arus banjir menjadi hal pilu bagi pemilik mobil.

Semua sepakat bahwa mesin mobil sangat rentan terhadap air. Dampaknya, mesin nihil untuk menyala sebab air bisa saja tercampur dengan oli, bensin, dan lain-lain. Selain itu, komponen yang rentan rusak adalah piston, ecu, connectic rod, poros engkol, dan lain lain. Hal ini merupakan gejala overhaul yang cukup krusial dan harus ditangani segera mungkin.

2. Gejala Overheat

Sudah tahu apakah overheat? Overheat terjadi sebab mesin bekerja keras hingga melampaui batas. Dampak overheat bisa berujung mogok secara tiba-tiba hingga gejala kerusakan yang timbul dari komponen mesin. Apa saja gejala tersebut? salah satunya AC tidak berfungsi hingga hawa gerah menyelimuti kabin.

Penanganan gejala overheat hanya dengan overhaul, namun dilakukan tidak menyeluruh hanya beberapa bagian saja. Inilah yang disebut dengan semioverhaul, maksudnya cukup menurunkan mesin yang perlu direparasi saja.

3. Jarang Ganti Oli

Kapan terakhir kali anda mengganti oli mobil? Oli merupakan hal vital kendaraan untuk melumaskan pergerakan mesin. Tingginya intensitas pemakaian mobil dapat memicu kualitas oli menurun. Alhasil performa melambat, berkendara pun tidak nyaman.

Baca Juga : Sebaiknya Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM? Ini Jawabannya

Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, dampaknya adalah overhaul. Sebab itu perhatikan jadwal berkala penggantian oli mobil. Kualitas oli sangat nenpengaruhi kinerja mesin mobil anda.

Berapa biaya overhaul?

Untuk biaya overhaul atau turun mesin, sudah dipastikan kisaran diatas satu juta bahkan lebih. Tergantung jenis kerusakan mobil. Jika mobil sudah sering overhaul, sebaiknya segera ganti mobil anda. Sebab mobil yang sering menadapatkan penanganan overhaul dapat menimbulkan kerusakan brebet lainnya. Nguras kantong, belanja kepotong deh..

Solusi terbaik mengatasi gejala overhaul adalah dengan membawa ke bengkel spesialis terdekat. Jangan tergiur oleh bengkel abl-abal yang menawarkan harga murah, sebab bisa saja mobil tidak tertangani dengan tepat. Alih-alih maksimal justru minimal yang didapat.

Demikian ulasan mengenai penyebab mobil turun mesin. Semoga bermanfaat dan dapat menyadarkan anda betapa pentingnya merawat mobil dimulai dari perawatan servis ringan secara berkala. Mobil sehat, berkendara jadi nikmat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya