New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab setir mobil oblak

Ini Dia Penyebab Setir Mobil Oblak dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya ada beberapa hal yang jadi penyebab setir mobil oblak. Setir mobil oblak alias goyang saat dikendarai sangatlah mengganggu. Tak jarang, saat tiba-tiba setir mobil oblak, pengemudi atau orang-orang yang ada di dalam mobil akan terkejut dan hal ini cukup mengganggu ketenangan saat berada di perjalanan.

Penyebab Setir Mobil Oblak

penyebab setir mobil oblak

Lalu sebenarnya, apa sih penyebab dari penyebab setir mobil oblak dan bagaimana cara mengatasinya? Langsung simak penjelasan lengkap di bawah ini, yuk!

  • Adanya masalah pada sistem pengereman

Sistem pengereman yang bermasalah bisa mengganggu kinerja setir mobil, lho. Ada beberapa komponen penting dalam rem mobil. Mulai dari cakram rem, kanvas, hingga sepatu rem. Masalah yang biasa terjadi adalah terjadinya keausan atau penipisan. Saat hal ini terjadi, biasanya akan muncul bunyi yang cukup mengganggu dan setir mobil terasa bergetar.

Nah, penyebab setir mobil oblak, bisa jadi karena durasi penggunaan yang sudah cukup lama sehingga sistem pengereman menipis. Kalau penyebab setir mobil oblak karena usia, solusinya hanya satu. Kamu perlu menggantinya dengan komponen yang baru dan asli. Selain penggunaan, masalah sistem pengereman juga bisa terjadi akibat pemasangan yang kurang tepat. Solusinya, bongkar lalu pasang kembali dengan standar yang benar.

  • Ban mobil tidak stabil bisa jadi penyebab setir mobil oblak

Ban mobil yang tidak stabil bisa terjadi hanya pada salah satu ban atau sekaligus ke empatnya. Biasanya, hal ini disebabkan karena pengguna sering kali melewati jalan yang rusak tanpa memperdulikan laju yang terlalu kencang. Jika hal ini terus dilakukan secara berulang kali, bisa menyebabkan setir mobil kamu akan oblak. Jika dibiarkan dan tetap digunakan, hal ini bisa membahayakan seluruh orang yang ada di dalam mobil, lho.

Jika setir mobil kamu oblak dan kamu memang sering melewati jalan yang rusak, solusinya hanya satu. Segera bawa mobil kamu ke bengkel. Mintalah para teknisi untuk melakukan spooring balancing. Tujuannya adalah untuk mengembalikan seluruh ban mobil kamu ke posisi yang seimbang. Dengan begitu, setir mobil kamu akan kembali normal lagi.

  • Velg mobil yang bermasalah

Kalau kamu sering melewati jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi, bukan hanya ban mobil saya yang bisa bermasalah. Velg mobil juga bisa bengkok, lho. Akhirnya, velg mobil kamu tidak lagi bulat sempurna. Sebagai solusinya, kamu perlu ke bengkel dan mengganti velg mobil kamu dengan yang baru.

Sebenarnya, hal ini cukup mudah untuk dihindari. Kamu perlu menjauhi jalanan yang rusak dan berlubang. Kalau tidak bisa dihindari, coba melewatinya dengan kecepatan rendah alias tidak ngebut. Dengan begitu, kamu sudah membantu menjaga velg mobil kamu tidak bengkok.

  • Salah satu baut ada yang longgar

Masalah yang satu ini memang terdengar cukup sepele. Tapi kalau kamu tidak mengetahuinya, setir mobil bisa oblak dan tetap sangat mengganggu kamu selama di perjalanan. Tapi kalau kamu mengetahuinya, solusinya cukup mudah. Tinggal lakukan pengecekan pada masing-masing baut stir mobil kamu.

Setelah menemukan baut mana yang ternyata longgar, tinggal kencangkan saja baut tersebut. Nah, setir mobil kamu sudah bisa digunakan dengan baik kembali tanpa tiba-tiba terasa oblak.

  • Kom stir rusak

Sudah cek semua baut ternyata tidak ada yang longgar? Tapi setir mobil tetap oblak. Berarti kerusakannya bukan terjadi pada baut. Lanjutkan pengecekan kamu ke bagian kom setir mobil kamu. Jika kerusakan memang akibat masalah pada kom stir, langsung saja bawa ke bengkel dan minta diganti dengan kom stir yang baru.

Usahakan, kom stir yang digunakan adalah yang kualitasnya tinggi, supaya kamu tak perlu kembali ke bengkel lagi kalau saja masalah yang sama terjadi lagi. Dengan begitu, kamu sudah menghemat waktu untuk melakukan perbaikan berkali-kali untuk setir mobil kamu.

Baca Juga : Stir Avanza Terasa Oblak

Itulah beberapa hal yang kemungkinan besar bisa jadi penyebab setir mobil oblak. Jika setir mobil kamu oblak, segera lakukan pengecekan bagian yang sudah kita bahas di atas tadi, ya. Jangan dibiarkan apalagi sampai dianggap remeh. Sebab, hal tersebut bisa membahayakan kamu dan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih besar lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2863

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!