📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab Utama Kerusakan Thermistor AC Mobil dan Solusinya

Thermistor AC

Temukan penyebab utama kerusakan thermistor AC mobil dan cara mengatasi masalah ini. Pelajari lebih lanjut dalam panduan kami untuk memperbaiki kerusakan thermistor AC mobil dengan efisien.

Ringkasan Artikel

Thermistor merupakan komponen krusial dalam sistem AC mobil yang mengatur suhu. Dalam panduan ini, kami akan mengulas penyebab utama kerusakan thermistor AC mobil dan langkah-langkah untuk mengatasinya.

Apa itu Thermistor?

Thermistor adalah sensor suhu yang mengontrol operasi kompresor AC mobil. Kerusakan pada thermistor dapat menyebabkan ketidakstabilan suhu dan kinerja AC yang buruk.

Penyebab Kerusakan Thermistor AC Mobil

  1. Umur Pakai: Seiring berjalannya waktu, thermistor dapat mengalami degradasi dan akhirnya rusak akibat pemakaian jangka panjang.
  2. Korosi: Paparan air atau kelembaban berlebih dapat menyebabkan korosi pada kabel atau sambungan thermistor, mengganggu fungsi sensor.
  3. Kebocoran Refrigeran: Kebocoran pada sistem AC mobil dapat mengakibatkan penurunan tekanan dan suhu, yang dapat merusak thermistor.
  4. Kabel Putus atau Konslet: Kabel yang putus atau konslet dapat mengganggu aliran listrik ke thermistor, menyebabkan kerusakan.

Cara Mengatasi Kerusakan Thermistor AC Mobil

  1. Periksa dan Ganti Thermistor: Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada thermistor untuk memastikan kerusakan. Jika diperlukan, gantilah thermistor yang rusak dengan yang baru.
  2. Perbaiki Kabel Rusak: Jika kerusakan disebabkan oleh kabel yang rusak atau konslet, perbaikilah atau gantilah kabel yang rusak.
  3. Perbaiki Kebocoran Refrigeran: Jika kerusakan terkait dengan kebocoran refrigeran, perbaikilah kebocoran tersebut dan isi ulang refrigeran yang hilang.

Kesimpulan

Kerusakan thermistor AC mobil dapat mengganggu kinerja sistem pendingin dan kenyamanan berkendara Anda.

Dengan memahami penyebab utama kerusakan dan langkah-langkah perbaikan yang tepat, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan efisien dan menjaga kinerja AC mobil Anda dalam kondisi optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika Anda mengalami kesulitan dalam perbaikan, sebaiknya berkonsultasi dengan teknisi AC mobil profesional.

Detail Artikel

Apa itu Thermistor AC ? Thermistor merupakan suatu komponen dalam AC yang mampu mendeteksi adanya perubahan pada suhu ruangan.

Cara kerja alat ini cukup sederhana, alat ini akan memantau perubahan suhu dan mengurangi nilai tahanan ketika ada perubahan suhu dalam ruangan. Jadi, perubahan suhu akan selalu terawasi dan suhu di sekitar akan selalu terjaga.

Bagaimana jika thermistor mengalami kerusakan?

Kerusakan pada fungsi thermistor akan menyebabkan pengaturan suhu AC menjadi bermasalah. AC akan kesulitan mengatur pengeluaran suhu dingin karena tidak dapat mendeteksi tingkat suhu dalam ruangan.

Akibatnya jika thermistor mengalami kerusakan?

AC tidak dapat bekerja dengan normal karena tidak dapat menentukan tingkat pendinginan ruangan dan saat yang tepat untuk menurunkan kinerja pendinginan.

Penyebab Utama Kerusakan Thermistor AC Mobil dan Solusi

Berikut kerusakan yang sering terjadi pada thermistor AC mobil;

1. Bagian Outdoor AC Tidak Bekerja dengan Benar

Adanya masalah pada thermistor akan berdampak pada fungsi kompresor. Masalah pada thermistor dapat menyebabkan kompresor mati dan menyala tidak beraturan. Hal ini dikarenakan pengaturan suhu berhubungan dengan kinerja dari kompresor. Ketika thermistor tidak dapat mendeteksi suhu dengan benar maka kinerja kompresor untuk mendinginkan ruang menjadi terganggu.

Hal yang perlu diingat adalah masalah tersebut harus dibarengi dengan tidak berfungsinya kipas AC. Jikalau hanya kompresornya saja yang mati tanpa diikuti dengan matinya kipas AC ini menunjukkan masalah yang lain. Bisa jadi, masalahnya bukan pada thermistor tapi pada ampere pada kompresor yang terlalu tinggi atau kapasitor tidak berfungsi maksimal.

2. Remote Tidak Berfungsi dengan Baik

Tidak berfungsinya remote AC dapat menjadi salah satu indikator adanya masalah pada thermistor. Hanya saja, tetap harus dilakukan dahulu pemeriksaan pada remote untuk memastikan masalah bukan berasal dari baterai yang habis atau gangguan dari remote. Matinya remote tidak bisa menjadi satu-satunya indikasi masalah thermistor. Namun, bisa menjadi satu hal yang patut dicurigai.

Kondisi matinya remote saat thermistor rusak hanya terjadi pada beberapa merek AC. Maka hal ini mungkin juga tidak muncul pada merek AC lainnya. Terlepas dari hal tersebut, gangguan remote AC bisa menjadi tanda dibutuhkannya jasa perbaikan. Penggunaan jasa teknisi akan memastikan kerusakan pada AC dan membantu penanganan masalah pada AC.

3. Keluarnya Bunyi yang Aneh

Pada beberapa merek AC ada yang akan mengeluarkan bunyi penanda ketika ada kerusakan pada thermistor AC. Munculnya bunyi penanda tersebut mengisyaratkan bahwa pengguna perlu memperbaiki atau mengganti thermistor AC. Tentunya, penggantian komponen harus sesuai dengan produk AC.

4. Suhu AC Tidak Menentu

Suhu AC yang tidak menentu atau AC menjadi tidak dingin, menjadi salah satu pertanda thermistor AC mengalami kerusakan. Tidak berfungsinya alat ini akan menjadikan fungsi AC untuk mengeluarkan mengenali suhu dan mendinginkan ruangan menjadi terganggu. Hal ini berdampak pada suhu yang tidak dingin dan kinerja yang tidak optimal.

Thermistor AC berperan sebagai pendeteksi dan membantu pengaturan sistem pendingin pada AC. Tanda adanya kerusakan pada komponen ini adalah suhu AC tidak tetap, remote bermasalah, kompresor terganggu, dan keluarnya bunyi penanda.

Thermistor AC

Lihat Juga : Tips Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

Nah, itulah ulasan terkait Penyebab Utama Kerusakan Thermistor AC Mobil dan Solusi. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form