New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
perawatan berkala mobil

Apa Saja Perawatan Berkala Mobil?

Anda perlu mengetahui apa saja perawatan berkala mobil yang bisa dilakukan di rumah . Karena  memiliki perawatan berkala secara rutin . Karena, jika tidak melakukan perawatan maka mobil akan mudah mengalami kerusakan dan paling terasa adalah tarikan berat dan bahan bakar menjadi boros. Melakukan perawatan mobil tidaklah sulit karena semuanya sudah tercantum pada buku petunjuk kendaraan.

Mengecek Mobil Secara Berkala

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan dan juga mobil Secara berkala:

  1. Selalu cek takaran pelumas

    Satu kendaraan roda empat memiliki banyak pelumas, mulai dari oli mesin, oli transmisi atau gardan, oli transmisi hingga minya rem. Semuanya wajib dicek kualitas dan terutama jumlah takarannya harus sesuai yang sudah dianjurkan, sebagai contoh untuk oli mesin selalu dicek jumlah volumenya di stik oli pada mesin, apabila jumlahnya tidak sesuai takaran maka dianjurkan untuk menambahkannya. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis oli yang ada di mobil , jangan sampai takarannya kurang . Karena akan mengakibatkan bagian yang terlumasi mengalami gesekan kasar dan akhirnya rusak . Volume oli atau minyak yang berkurang menandakan ada kebocoran dan hal ini harus benar-benar dicek agar tidak bertambah banyak jumlah kebocorannya.

  2. Cek fungsi radiator

    Pada bagian radiator terdapat bagian yang perlu dicek satu persatu . Pertama adalah air radiatornya yang harus sesuai dengan volume , jika berkurang maka harus dicek . Apakah ada kebocoran atau justru air radiator masuk keruang mesin dengan ciri-ciri . Oli mesin berwarna putih susu atau air radiator menjadi keruh berminyak. Lalu cek bagian kipas, apakah berputar saat suhu mesin sudah mencapai titik didih (bisa dilihat dari instrument suhu radiator pada dashboard), jika tidak berputar bisa dicek pada bagian sekring atau cabut switch thermostatnya untuk mengetahui apakah kipas masih tetap menyala atau tidak, jika masih tidak menyala maka kemungkinan ada sekring yang putus atau memang usia kipas telah usang. Untuk mengetahui air radiator tersirkulasi dengan baik atau tidak, saat ingin memanaskan mesin, buka tutup radiator atas lalu nyalakan mesin hingga air radiator mulai meluber seperti mata air dan matikan mesin. Air meluber tersebut menandakan jika air radiator masih tersirkulasi dengan baik.

  3. Cek voltase aki

    Dengan mengecek voltase aki maka kesehatan kelistrikan bisa terukur dengan baik . Catatlah perbedaan antara mesin menyala dan mati, apabila voltase aki tidak berubah saat mesin menyala, indikasinya ada pada altenator yang sudah tidak dapat mengisi daya sehingga aki tidak terisi ulang dan ini bisa membuat kendaraan anda mogok akibat ecu tidak tersuplai oleh listrik. Jika susah strater, berat untuk menyala, ada kemungkinan aki lemah, bisa dicek saat mesin menyala dan hitung berapa jumlah voltasenya, apabila voltasenya dibawah 11 ampere maka aki atau altenator sudah lemah.

baca juga : Pertanyaan Seputar Coolant Mobil

Lakukan General Check Up Kendaraan Anda di Dokter Mobil

Tidak semua pemilik mobil merasa kegiatan ini mudah, masih merasa takut dan bingung karena tidak memiliki pengalaman. Dokter mobil akan mengarahkan anda kepada perawatan berkala mobil terbaik . Karena tidak hanya dilakukan pengecekan secara keseluruhan mobil anda. Dokter mobil memberikan jasa gratis general check up untuk pengecekan kondisi mobil anda dan akan menyampaikan segala solusinya apabila mobil mengalami masalah. Selain free general check up . Dokter mobil juga memiliki alat lengkap untuk memperbaiki masalah yang terdapat pada mobil anda dan semua pelayanan akan dikerjakan dengan teknisi berpengalaman.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda