🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Perbedaan Mobil MPV Dan Mobil SUV

Perbedaan Mobil MPV Dan Mobil SUV

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sudahkah anda mengerti tentang perbedaan mobil mpv dan mobil suv? Untuk kepanjangannya, mobil penumpang dengan model Sport Utility Vehicle disebut Suv dan Multi Purpose Vehicle disebut Mpv.

Kedua jenis mobil ini merupakan jenis yang populer dan banyak dimiliki di Indonesia. Nah, sebelum memutuskan membeli mobil mpv atau suv, pastikan anda lebih dulu mengetahui perbedaan mobil mpv dan mobil suv.

Kedua mobil ini sebenarnya juga menempati posisi yang tinggi di pasar tanah air. Keduanya memang terlihat mirip secara sekilas, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang wajib anda ketahui agar bisa menyesuaikan dengan jenis mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Apa Itu Mobil SUV?

Perbedaan Mobil MPV Dan Mobil SUV

Secara konsepnya, mobil suv dapat dikatakan mobil jip, pikap, ataupun sedan. Suv hadir dengan kemampuan dalam menaklukkan medan off-road ataupun on-road. Karakter dari mobil suv ini kuat dan macho dan bisa melewati berbagai medan seperti tanah, bebatuan, bukit, dan bahkan pegunungan. Suv dikenal kekokohan dan tahan ujinya dalam berbagai medan ekstrim.

Apa Itu Mobil MPV?

Mobil Mpv didesain dengan kekeluargaan dan memiliki banyak penumpang angkut. Berkisar 6 hingga 8 orang pada setiap mobil mpv. Mobil ini adalah favorit keluarga yang bisa digunakan dalam berbagai acara keluarga. Harga yang dimiliki juga terjangkau dan meraih penjualan yang tinggi di Indonesia. Mpv cocok untuk meletakkan banyak muatan keluarga dengan sisa jok yang masih luas.

Inilah Beberapa Perbedaan Mobil Mpv Dan Mobil Suv

Berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa anda perhatikan dari mobil mpv dan mobil suv yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Tampilan Mobil

Perbedaan mobil mpv dan mobil suv yang bisa dilihat pertama terletak pada tampilannya. Jika pada mobil suv, tampilan lebih mewah dan elegan sehingga terlihat lebih tangguh dengan ground clearance 200 milimeter dilengkapi ban besar dan velg dengan ukuran diameter 15 inchi.

Kontur ban juga terlihat lebih garang lantaran memang didesain dengan tujuan Tangguh agar bertahan walaupun dijalan bermedan licin.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Sedangkan pada mobil mpv, tampilan body mobil lebih mengutamakan keeleganan. Velg yang disematkan juga memiliki ukuran standar sehingga saat digunakan untuk berkendara akan lebih nyaman. Untuk bentuk pada ban, mpv tidak sekekar suv sehingga model mpv ini lebih cocok jika digunakan di medan yang halus seperti perkotaan.

  1. Kapasitas Penumpang

Perbedaan mobil mpv dan mobil suv selanjutnya dapat dilihat dari kapasitas penumpang. Pada model mpv, mobil didesain khusus untuk keluarga dengan kapasitas penumpang lebih banyak yakni sekitar 8 orang dengan kabin yang juga lebih luas. Sedangkan pada suv, jumlah penumpang tidak sebanyak mpv karena lebih cenderung digunakan untuk mobil sport.

  1. Mesin

Untuk perbedaan mobil mpv dan mobil suv di bagian mesin, karakter sport pada suv sangat terlihat kokohnya dan memiliki cukup besar kapasitas mesin yakni lebih dari 1.500 cc sehingga memudahkan pengendara dalam perjalanan pada medan yang terjal ataupun licin. Sedangkan pada mpv, kapasitas mesin dibawah 1.500 cc dengan kecocokan untuk perjalanan pada medan yang mulus seperti jalan raya kota.

  1. Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar pada keduanya jelas berbeda. Perbedaan mobil mpv dan mobil suv pada bahan bakar dengan rata-rata pada suv penggunaannya lebih boros karena memang wajar dikarenakan mobil ini memiliki fitur yang canggih pada setiap komponennya.

Penyebab lebih borosnya bahan bakar ini juga karena penggunaan penggerak pada 4 roda. Sedangkan pada mobil mpv, pengelolaan bahan bakar lebih irit dikarenakan desain yang memang diperuntukkan untuk perjalanan keluarga yang lebih santai.

  1. Fitur

Fitur dalam perbedaan mobil mpv dan mobil suv ini maksudnya adalah fasilitas yang dibawa dari pabrik mobil. Fasilitas ini sama-sama memiliki tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun pengendara. Pada mobil suv, fitur canggih disematkan sehingga memberikan kesan modern, mewah, dan elegan.

Dengan fitur canggih ini, mobil suv memang pantas memiliki harga yang tinggi. Pada mobil suv ini, dari segi keselamatan akan lebih tinggi dengan dilengkapi 4 airbag. Mobil suv juga dilengkapi fitur keyless system tombol untuk start-stop engine.

Pada mobil mpv, kecanggihan fitur juga sangat baik dan berkualitas. Mpv memang didesain untuk kenyamanan berkendara dengan dilengkapi berbagai fitur seperti LCD monitor yang bisa digunakan untuk menonton bersama, mendengarkan musik, dan juga monitor parkir yang disediakan.

Namun sekarang ini, baik suv ataupun mpv, telah banyak jenisnya yang menyeimbangkan fungsi kecanggihan, kenyamanan, dan juga kemewahan. 

  1. Profil Ban

Pada perbedaan mobil mpv dan mobil suv bagian ban harus dilihat secara lebih teliti. Mobil suv menggunakan velg yang besar karena ditujukan untuk medan yang ekstrem. Dimensi ban suv juga lebih besar dan tangguh, didesain agar tidak mudah tergelincir. Mobil suv memiliki velg setidaknya 15 inchi dengan ban yang tebal dan gemuk.

Sedangkan pada mobil mpv, varian velg ada beberapa jenis dengan ban yang lebih melihatkan sisi kuat dan nyaman saat dikendarai. Biasanya ukuran velg 15 inchi atau bahkan lebih. Ukuran ban mpv lebih ramping dibandingkan dengan suv.

  1. Ban Cadangan

Ban cadangan merupakan hal yang sangat penting untuk kendaraan dikarenakan mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu. Salah satu perbedaan mobil mpv dan mobil suv pada bagian ban cadangan sebenarnya sangat mudah diamati. Pada mobil ban cadangan suv, mobil terletak dipunggung belakang mobil.

Baca Juga : 22 Daftar Service AC Mobil Terbaik No. 1 di Indonesia

Penempatan ban di punggung belakang ini dinilai lebih praktis dan juga elegan. Namun mungkin juga ada beberapa mobil suv yang tidak meletakkan ban cadangan di belakang mobil sehingga perlu melihat secara seksama.

Sedangkan pada mobil mpv, ban cadangan terletak pada bagian kolong belakang mobil. Tepatnya berada di balik bemper belakang mobil didekat knalpot mobil. Ban cadangan ini posisinya terbuka dengan diberikan besi pengait untuk menjaga ban agar tidak terjatuh. Untuk ban agar mudah dikeluarkan, cukup dengan mengendurkan baut dari pengait ban berlawanan dengan arah jarum jam.

  1. Harga

Tentang harga, perbedaan mobil mpv dan mobil suv memiliki variasi yang disesuaikan dengan kategori mobil. Namun untuk mobil suv dengan golongan premium, harganya wajar jika lebih tinggi dan bahkan pada kisaran miliaran rupiah. Sedangkan pada mobil mpv, harga mobil berkisar ratusan juta dan ada juga dengan miliaran rupiah.

Jenis dari harga ini disesuaikan jenisnya termasuk apakah tersedia atau tidaknya fasilitas premium sebagai penentu harga dan juga kenyamanan ekstra. Itulah tadi perbedaan mobil mpv dan mobil suv yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan mobil mana yang akan dibeli. Perlu diingat! Sebagus apapun mobil, perawatan secara berkala seperti tone up pada mobil sangat diperlukan.

Baca Juga : Dokter Mobil Hadir Sebagai Solusi Mesin Mobil Bunyi Saat Digas

Lakukanlah perawatan, mobil dengan fasilitas free general check up melalui service di bengkel Dokter Mobil. Mempercayakan kepada Dokter Mobil menjadi bengkel untuk mobil anda, adalah keputusan yang tepat. Banyak keuntungan bisa memperbaiki, mengecek dan memperbaik mobil kesayangan anda di Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.