🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Berbagai Jenis Aki Selain Aki Kering Perlu Anda Ketahui

Aki kering

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Aki kering banyak digunakan untuk kendaraan. Disamping aki kering juga masih ada beberapa jenis aki yang semuanya memiliki kualitas berbeda-beda. Yang jelas fungsi aki adalah sumber tenaga listrik untuk mobil. Karena meski mobil berjalan dengan bantuan bahan bakar, jika kebutuhan listriknya tidak terpenuhi maka tidak akan bisa jalan.

Aki atau biasa juga disebut dengan akumulator, akan menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Hal ini tentunya untuk mempermudah penempatan dan juga pengaturan penggunaan. Karena sangat banyak komponen mobil yang membutuhkan energi dari aki.

Mengenal Tentang Fungsi Aki Bagi Mobil

Aki kering

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa banyak komponen mobil yang membutuhkan energi listrik dari aki kering. Biasanya juga akan digunakan dari jenis aki lain menyesuaikan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi aki bagi mobil :

  1. Sebagai simpanan energi

Karena mobil tidak digunakan secara terus menerus, maka energi listriknya harus disimpan sehingga bisa digunakan secara bertahap. Energi akan disimpan dalam bentuk cairan kimia. Jadi saat mobil digunakan, akan terjadi proses pengubahan dari energi kimia menjadi energi listrik.

Oleh karena fungsi aki adalah sumber energi, maka harus rutin dilakukan pengecekan. Fungsi dari pengecekan ini adalah untuk memastikan agar aki kering atau jenis lainnya yang dipakai tidak habis tiba-tiba dalam perjalanan. Tentu akan merepotkan saat aki habis pada malam hari dan di lokasi yang jauh dengan bengkel.

  1. Menyuplai energi ke bagian starter

Fungsi aki yang kedua adalah sebagai bahan energi untuk starter. Starter tentunya adalah komponen yang sangat penting untuk kendaraan. Jadi saat starter tiba-tiba macet, bisa saja aki kering pada mobilmu habis atau bermasalah.

  1. Menyuplai energi ke bagian pengapian

Sistem pengapian juga merupakan salah satu komponen yang penting untuk mobil. Fungsi dari bagian pengapian adalah untuk menjalankan sistem mesin pada mobil. Jika pengapian bermasalah, tentunya mesin mobil tidak akan bisa bergerak dengan baik. Jadi pastikan aki mobil tetap dalam kondisi baik dan tidak kehabisan agar mobil tetap dapat digunakan.

  1. Menyuplai energi ke bagian AC

Dalam penggunaannya, AC mobil sangat dibutuhkan meski tidak sepenting komponen mesin. Utamanya pada saat hari panas, AC mobil akan membuat suasana berkendara tetap nyaman karena udara dingin dalam mobil. Energi dari AC ini juga disuplai oleh tenaga yang berasal dari aki.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  1. Menyulpai energi ke bagian lampu

Lampu mobil juga memperoleh energinya dari aki sejenisnya. Dari energi kimia aki akan diubah menjadi energi listrik. Kemudian dari energi listrik akan diubah menjadi energi cahaha.

Tentunya lampu menjadi komponen mobil yang sangat penting. Utamanya untuk perjalanan malam hari. Selain itu juga penting untuk penggunaan lampu sein. Tentu bisa kalian bayangkan kesulitan mobil jika lampunya mati.

Daftar Jenis-Jenis Aki Mobil

Sebagai komponen yang sangat penting untuk mobil, aki tentunya juga mempunya jenis yang bermacam-macam. Ada jenis apa saja ? Berikut daftarnya :

  1. Aki kering

Sekedar informasi bahwa dinamakan aki kering bukan berari cairan akinya dalam kondisi kering ya. Dinamakan demikian karena kandungan timah kalsium dalam aki jenis ini lebih hemat dalam penggunaannya. Dalam artian timah kalsiumnya tidak mudah menguap.

Jadi dalam aki jenis ini juga akan tetap ada cairan elektrolit. Dalam penggunaannya, aki ini tidak memerlukan pengisian ulang karena dari pabriknya memang telah disetting demikian. Hal ini juga yang membuat aki kering lebih mudah dalam perawatannya.

  1. Aki basah

Jenis aki yang kedua ada aki basah. Aki jenis ini adalah yang paling sering digunakan disamping juga aki kering. Disebut aki basah karena cairan yang terkandung berupa asam sulfat. Dalam bentuknya, asam sulfat ini menyerupai bantuk air sebagai cairan elektrolit.

Namun tentunya yang terdapat dalam aki basah ini bukan sembarang air ya. Terdapat kandungan timah yang secara fungsi adalah untuk menguatkan timbal yang berfungsi untuk baterai.

Satu kelemahan aki basah adalah cepat habis. Kandungan timahnya akan cepat menguap sehingga air aki juga mengikut cepat habis. Namun keuntungannya adalah bahwa aki basah dapat diisi ulang.

  1. Aki kalsium

Selanjutnya ada jenis aki kalsium. Dinamakan demikian karena kutub jenis yang terdapat dalam aki ini bahannya dari kalsium. Jika kalian ingin menggunakan jenis aki yang sangat irit, maka aki kalsium adalah jawabannya. Tingkat penguapan dari aki kalsium lebih rendah jika dibandingkan dengan aki kering.

Baca Juga : Inilah Cara Cas Aki Mobil Rutin Dengan Mudah

Poin menarik lain dari aki kalsium adalah daya baterainya. Dimana daya tahan baterai aki kalsium sangat baik sehingga penyaluran listrik juga dapat berjalan dengan lancar.

Dan tentu saja aki kalsium dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Namun bagi kalian yang mementingkan kualitas, tentunya harga tidak menjadi masalah bukan ?

  1. Aki hybrid

Selanjutnya juga ada jenis aki hybrid. Aki ini terbilang cukup unik karena merupakan perpaduan dari aki kering, aki basah, dan juga aki kalsium. Jadi tentu saja membawa keunggulan dari ketiga aki tersebut. Penguapannya minim, perawatan mudah, dan biaya perawatan tidak banyak.

Namun kelemahan aki hybrid adalah bisa merusak komponen mobil. Karena cairan elektrolit yang terkandung dalam aki hybrid bersifat korosif.

  1. Aki MF AGM

Selanjutnya ada jenis aki MF AGM. Nama dari aki ini adalah kependekan dari maintenance free absorbent glass mate. Jika tidak disingkat, tentunya akan sulit menyebutkan nama jenis aki ini dalam satu tarikan nafas bersama rangkaian kalimatnya.

Aki jenis ini biasanya dikhususkan untuk jenis mobil off-road. Karena daya kekuatan aki MF AGM lebih baik dari jenis aki lainnya. Utamanya karena mobil off-road sering berada dalam medan yang lebih ekstrem.

Jika kalian mengalami masalah pada aki mobil, baik itu aki kering maupun jenis lainnya, maka Dokter mobil menjadi pilihan bengkel yang paling tepat. Semua masalah terkait aki dapat diselesaikan dengan mudah di bengkel Dokter mobil.

Selain untuk masalah aki, Dokter mobil juga menjadi jawaban untuk segala jenis permasalahan pada mobil. Jadi jika kalian ingin melakukan servis mobil, ya Dokter mobil bengkel yang paling tepat.

Mulai dari tune up, service AC, ganti oli, pemasangan anti karat, dan masih banyak lagi layanan servis yang disediakan bengkel Dokter mobil.

Keunggulan dari Dokter mobil adalah terdapat layanan free general check up. General check up ini tentunya sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil.

Baca Juga : Dokter Mobil Hadir Sebagai Solusi Mesin Mobil Bunyi Saat Digas

Demikian jenis-jenis aki mobil. Untuk setiap jenis tentunya memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Jika kalian memilih jenis aki, pastikan untuk menggunakan yang paling tepat untuk mobil kesayangan kalian. Dan untuk memnuhi kebutuhan aki mobil dan segala servis, Dokter mobil adalah bengkel yang dapat kalain andalkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.