🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Safety Belt dan Fungsinya Selain Jadi Sabuk Pengaman Mobil

Sefty belt

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Keberadaan safety belt pada mobil sangat dibutuhkan dan kelengkapan ini harus ada saat kamu berkendara. Pemerintah sendiri telah mengeluarkan peraturan untuk menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan penumpang saat berkendara. Adanya sabuk pengaman ini semua penumpang akan terlindungi dari benturan saat rem mendadak atau kecelakaan.

Melihat fungsinya yang sangat penting, saat ini banyak perusahaan mobil yang terus berinovasi memberikan mobil dengan safety belt terbaik. Sehingga mobil yang tidak dilengkapi sabuk pengaman dianggap tidak layak dan membahayakan bagi penumpang.

Awal Mula Adanya Safety Belt di Mobil

Sefty belt

Keberadaan safety belt pada mobil memang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengendaranya. Awal mula munculnya Safety belt adalah sering kali memakan korban akibat benturan keras saat kecelakaan mobil.

Melihat kondisi ini, ada seorang teknisi dari Inggris yang menemukan ide cemerlang untuk membuat safety belt. Teknisi ini merasa khawatir dengan tingginya angka kematian akibat kecelakaan mobil. Penyebab utama pada kecelakaan mobil adalah tubuh pengendara akan terlempar ke depan hingga mengalami benturan.

Ide pembuatan sabuk pengaman ini akhirnya dikembangkan oleh dokter dari Amerika yaitu Hunter shelden dokter rumah sakin Califirnia. Dhunter mengungkapkan bahwa korban kecelakaan mobil ini secara umum mereka terlempar dan mengalami benturan saat alami kecelakaan.

Ketika terjadi kecelakaan pasti sopir akan mengerem mendadak, hal inilah yang membuat para penumpang akan terlempar dari tempat duduknya. Hal inilah yang membuat para korban bisa alami cidera parah hingga alami kematian.

Atas kejadian tersebut munculah sabuk pengaman untuk menahan tubuh para penumpang agar tetap ada di tempat duduk saat mengerem mendadak atau kecelakaan.

Sejak adanya sabuk pengaman, sejak tahun 1946 semua mobil harus memiliki sabuk pengaman. Bahkan peraturan ini juga sudah diberlakukan di setiap perusahaan otomotif untuk menawarkan produk mobil dan sudah dilengkapi alat pengaman. Bagi perusahaan yang tidak mematuhinya maka izin produksi pun tidak dikeluarkan.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Baca Juga : Pengertian Pompa Bensin Pada Mobil

Sejak diberlakukan penggunaan Safety belt, seluruh perusahaan otomotif di Amerika Serikat telah memproduksi mobil dengan sabuk pengaman. Peraturan ini akhirnya diikuti oleh seluruh negara untuk meminimalisir benturan saat kecelakaan mobil.

Fungsi Menggunakan Safety Belt Pada Mobil

Apa sih yang dimaksud dengan sabuk pengaman pada mobil? jadi alat ini harus ada di dalam mobil untuk menahan tubuh penumpang agar tidak terlempar ketika rem mendadak, tabrakan, dan lainnya.

Penerapan Safety belt ini sendiri berupa sabuk yang sudah dirancang khusus menjadi satu dengan tempat duduk penumpang. Alat ini sudah dilengkapi dengan pengait sehingga kamu lebih mudah untuk membuka dan memasangnya kembali.

Sabuk pengaman ini akan mengikat penumpang yang duduk di kursi. Tentu dengan sifatnya yang elastis bisa memberikan rasa nyaman bagi yang memakainya.

Sebenarnya fungsi utama sabuk pengaman ini yaitu menahan penumpang agar tidak terlempar kedepan saat terjadi kecelakaan. Namun keberadaan safety belt tidak sebatas itu saja, masih ada fungsi lainnya. Berikut ini penjelasannya :

  1. Melindungi bagian penting pada tubuh penumpang

Pada saat kendaraan tiba-tiba mengerem mendadak, pasti tubuh akan ikut maju ke depan. Kalau kamu saat berkendara tidak menggunakan sabuk pengaman bisa menyebabkan kepala atau wajah alami benturan dengan benda di depannya.

Kepala menjadi bagian terpenting pada tubuh, jangan sampai kepalamu sering terkena benturan keras. Benturan pada kepala bisa menyebabkan gangguan pada sistem saraf.

Baca Juga : Wuling Almaz, Kenali Keunggulan Mobil SUV Ini

Selain melindungi kepala juga melindungi bagian tubuh depan seperti dada yang rawan terhadap benturan keras. Mengingat dalam dada terdapat organ penting seperti paru-paru, jantung, dan hati.

  1. Menahan badan agar tetap ada di kursi mobil

Fungsi utama penggunaan sabuk pengaman pada mobil yaitu menahan badan penumpang agar tidak terlempar pada saat kecelakaan. Mengingat kecelakaan mobil bisa menyebabkan penumpangnya terlempar dari tempat duduknya. Jadi sangat berbahaya kalau mengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman.

  1. Nyaman berkendara

Penggunaan sabuk pengaman saat berkendara selain melindungi diri juga memberikan kenyamanan. Nah, dengan menggunakan sabuk pengaman akan membuat para penumpang bisa lebih tenang dan nyaman. Jadi setiap berkendara pastikan untuk menggunakan sabuk pengaman agar tubuh tetap ada di kursi mobil.

Jenis – Jenis Sabuk Pengaman Pada Mobil

Melihat pentingnya penggunaan sabuk pengaman untuk mobil, kini sudah banyak sekali ditemukan jenis-jenis abuk pengaman. Jadi kamu bisa merubah sabuk pengaman mobil sesuai kebutuhan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis sabuk pengaman dengan fungsi yang berbeda sesuai jenis mobilnya. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut :

  • Sabuk pengaman dengan satu titik pangkuan

Jenis sabuk pengaman ini memiliki desain yang sederhana dan cara penggunaannya lebih mudah. Sebagai pengendara kamu cukup menyilangkan sabuk di atas pagkuan penumpang.

Sabuk pengaman satu titik pangkuan ini lebih sering ditemui pada jenis mobil tua. Selain itu sabuk pengaman ini juga sering digunakan pada bangku kedua dan ketiga.

  • Sabuk pengaman dengan dua titik

Sabuk pengaman dua titik ini memiliki dua buah sabuk yang sistem penahannya ada di bagian perut dan dada. Cara penggunaan sabuk dua titik ini adalah dengan menyilang atau diagonal.

  • Sabuk sash

Sabuk sash digunakan dengan cara melintang melewati bahu penumpang. Pada saat penggunaannya kamu bisa sesuaikan dengan tubuh. Namun ada kelemahan saat menggunakan safety belt sash adalah lebih mudah terlepas. Sehingga kamu harus memilih sabuk sash yang kualitasnya bagus.

  • Sabuk pengaman pangkuan dan sash

Sabuk pengaman ini menjadi perpaduan antara sabuk pangkuan dan sabuk sash. Jadi Safety belt memiliki dua sisi yang terpisah. Biasanya sabuk pengaman ini digunakan untuk kursi mobil bagian belakang.

  • Sabuk pengaman tiga titik

Sabuk pengaman ini perpaduan antara sabuk pangkuan dan sabuk sash. Memiliki bentuk seperti jaringan yang menyebar dan berkesinambungan untuk melindungi tubuh bagian bahu, dada, dan selangkangan.

Demi memberikan kenyamanan saat berkendara kondisi sabuk pengaman harus terjaga dan berfungsi secara optimal. Apabila sabuk pengaman ini tidak berfungsi dengan baik, lebih baik langsung lakukan perbaikan di bengkel Dokter Mobil.

Memang sabuk pengaman itu tidak membutuhkan perawatan seperti komponen mobil lainnya, namun kalau tidak mau menarik secara otomatis harus dilakukan pemeriksaan.

Lantas mengapa harus melakukan perbaikan di bengkel Dokter Mobil? bengkel mobil ini sudah dilengkapi teknisi yang profesional sehingga bekerja sesuai SOP standar internasional. Kemudian proses pengerjaannya lebih cepat, sehingga kamu tidak perlu berlama-lama di bengkel.

Baca Juga : Rekomendasi Bengkel Alam Sutera Terbaik

Pengerjaan lebih cepat karena sudah didukung oleh mesin dan tools yang canggih. Nah, dengan menggunakan mesin ini setiap pengerjaan bisa dilakukan lebih maksimal, cepat, dan akurat.

Jadi mulai sekarang kamu bisa melakukan service mobil secara berkala seperti ganti oli, tune up, service AC, dan lainnya di Dokter mobil. Saat service mobil di Dokter Mobil kamu juga akan mendapatkan layanan Free General Checkup Mobil loh, menarik bukan?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.