New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Tarikan Mobil Berat Saat Ac Hidup

5 Penyebab Tarikan Mobil Berat Saat AC Hidup yang Merepotkan

Berkendara di cuaca panas ternyata jadi penyebab tarikan mobil berat saat AC hidup. Apakah Anda termasuk golongan yang berpikir begitu? Jika pernah, Anda perlu segera mengubah pikiran tersebut. Sebab masalah mesin berat saat AC hidup bukan karena cuaca. Tapi karena ada komponen mobil yang bermasalah.

Tarikan Mobil Berat Saat Ac Hidup

AC di dalam mobil memang komponen penting. Karena itu perlu mengetahui garis besar sistem kerja AC di mobil Anda. Secara garis besar, sewaktu AC dinyalakan itu berarti ada penambahan beban kerja mobil. Saat berbagai sistem di mobil membutuhkan tenaga, itu berarti ruang pembakaran perlu menaikkan performanya.

Kenaikan performa ruang bakar ini pada dasarnya akan menaikkan suhu di ruang mesin. Untuk mengimbangi suhu panas di ruang mesin, maka disediakan sistem pendingin mesin. Sayangnya, saat suhu di ruang mesin panas padahal sistem pendingin bekerja baik, itu berarti ada masalah di komponen mobil Anda.

Cek lima penyebab tarikan mobil berat saat AC hidup yang merepotkan dan wajib banget Anda ketahui

Tarikan Mobil Berat Saat Ac Hidup

Berikut ini adalah daftar komponen yang bisa jadi penyebab tarikan mobil berat saat AC hidup. Komponen-komponen ini berada di bagian ruang mesin. Sebaiknya, Anda tidak membongkar sendiri. Sebisa mungkin gunakan jasa mekanik profesional.

  1. Kompresor

Kompresor adalah adalah komponen utama bagi AC mobil Anda. Saat kompresor bermasalah, berarti suhu di ruang mesin cenderung naik tinggi. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan area kompresor bersama mekanik andalan Anda.

Pada wilayah kompresor, umumnya, masalah dapat ditemukan pada komponen piston kompresor yang lecet. Bisa jauga pada pulley AC yang mengalami korosi.

Apabila masalah di kompresor ini didiamkan terus, maka risikonya adalah laher timing belt ikut-ikutan bermasalah.

  1. Extra Fan

Extra fan adalah komponen yang jadi bagian dari sistem pendingin ruang mesin. Komponen ini mengimbangi suhu panas di ruang mesin agar tidak terlalu panas. Caranya dengan mengeluarkan suhu panas di ruang mesin dan memasukkan udara dari luar ke mesin.

Bila extra fan bermasalah, secara otomatis ruang mesin menjadi panas dan tidak ada yang mengimbangi suhu panasnya. Akibatnya overheat.

  1. Radiator

Sistem pendinginan ruang mesin juga didukung oleh radiator. Apabila komponen radiator bermasalah, sebenarnya masih ada komponen extra fan yang menunjang jadi pendingin. Begitu juga sebaliknya. Akan tetapi pendinginan jadi tidak maksimal.

Anda perlu melakukan pengecekan komponen radiator. Pada umumnya, masalah radiator adalah tumpukan kotoran di area kisi-kisi radiator. Lakukan perawatan serutin mungkin pada area kisi-kisi tersebut.

  1. Idle Up

Idle up adalah sistem yang berfungsi memaksimalkan kerja AC dan mesin saat aktif bersamaan. Saat fungsi idle up ini tidak berjalan, maka AC tidak dingin dan mesin jadi berat.

Untuk bisa mnengetahui kerusakan di sistem idle up, Anda bisa membandingkan putaran mesin sebelum dan sesudah AC dinyalakan. Bila putaran mesin masih sama saja, atau getarannya masih sama, itu berarti idle up memang bermasalah.

  1. Setelan RPM

Setelan RPM bisa jadi menjadi penanggung jawab masalah relasi AC dan putaran mesin. Beberapa pengguna mobil memang cukup sering membuat settingan RPM yang tidak sesuai spesifikasi mesin.

Sayangnya, aktivitas tersebut bisa mengganggu performa mobil. Salah satu yang terganggu adalah AC. Oleh sebab itu, segera lakukan pengecekan dan penyetingan ulang RPM mobil. Tujuannya untuk memastikan setingan RPM sesuai dengan spesifikasi mesin.

Kelima hal penyebab tarikan mobil berat saat AC hidup tersebut sangat umum dan lumrah terjadi pada banyak mobil. Pada beberapa kasus, kerusakan mobil bisa lebih parah dari sekedar mesin terasa berat. Tapi mesin menjadi pincang. Gejalanya adalah mobil bergetar terlalu keras.

Baca Juga : Bengkel Irit BBM Mobil

Apabila kejadiannya sudah di tahap mesin pincang dan AC susah dingin, kemungkinan besar masalahnya sudah parah sekali. Karena kerusakan satu komponen menjalar ke komponen lain. Sehingga mobil mengalami masalah besar.

Untuk itulah saat sudah mengetahui penyebab tarikan mobil berat saat AC hidup, segera lakukan perbaikan dan perawatan. Bila Anda tidak mampu melakukannya sendiri, segera menuju ke bengkel dan mekanik kepercayaan Anda. Dengan begitu, mobil Anda akan sama di tangan para profesional.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2365

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya