New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Mesin Mobil Panas Saat Macet

Mesin Mobil Panas Saat Macet? ini Penjelasaannya

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas saat macet. Hal ini wajib diketahui oleh para pengguna mobil supaya mobil tak cepat rusak. Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebabnya adalah karena adanya kerusakan pada radiator. Seperti yang kita ketahui, radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil sehingga tidak terjadi overheat alias panas yang berlebihan. Nah, kalau radiator sampai mengalami kerusakan, besar kemungkinan mesin mobil kamu akan cepat panas meskipun baru digunakan beberapa saat saja.

Supaya lebih jelas lagi, selain karena radiator yang bermasalah, ternyata masih banyak jenis-jenis penyebab mesin mobil cepat panas saat panas. Untuk menambah pengetahuan kamu tentang mobil dan mesin-mesinnya, mari sama-sama kita baca ulasan berikut ini. Kamu harus paham dan mengingatnya, ya. Supaya kamu tahu harus mengecek bagian apa saja ketika mesin mobil kamu cepat panas.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas saat Macet

  1. Radiator yang bermasalah

Seperti yang kita bahas di pembuka tadi, radiator memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas suhu mesin mobil kamu. Biasanya, kalau mobil kamu cepat panas, bisa jadi radiator mobil dalam kondisi bocor. Untuk itu, kamu harus segera periksa bagian radiatornya. Jika memang iya, langsung bawa mobil kamu ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan. Namun, jika kondisinya sudah rusak parah, jangan ragu untuk mengganti radiator mobil kamu dengan yang baru, ya. Dengan begitu, mesin mobil akan kembali normal dan tidak cepat panas lagi.

  1. Masalah pada selang radiator

Selain komponen utamanya, selang radiator juga tentu punya peran yang tak kalah penting. Biasanya, masalah yang sering terjadi pada selang radiator adalah adanya kebocoran akibat pemakaian yang sudah cukup lama alias selang radiator sudah tua. Jika selang radiator bermasalah, seperti bocor atau tersumbat, proses pendinginan pada mesin tidak akan bisa berjalan dengan baik dan sempurna, sehingga menyebabkan mesin mobil kamu cepat panas.

  1. Penggunaan cairan radiator

Tanpa cairan, radiator mobil kamu tidak akan bisa berfungsi. Untuk cairannya, kamu bisa menggunakan air biasa atau cairan khusus radiator. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Kalau air biasa, kamu tak perlu beli lagi. Tinggal ambil dari keran rumah kamu, lalu isi saja tangki radiator hingga penuh. Tapi kekurangannya, air biasa memiliki kandungan logam yang cukup tinggi sehingga mampu membuat kerak pada tangki radiator. Kalau cairan khusus radiator, kamu masih memerlukan biaya untuk membelinya, tapi penggunaannya akan lebih maksimal. Semuanya sama-sama bagus. Tapi kalau kamu menggunakan air biasa, ingat untuk menggantinya sekitar lima minggu sekali.

  1. Oli mesin yang kamu pilih

Kalau salah memilih jenis oli mesin, mobil kamu juga bisa cepat panas. Oli dengan kualitas rendah akan membuat mesin mobil cepat overheat. Kalau dibiarkan dan penggunaan oli kualitas rendah tetap berlanjut, mesin mobil kamu bisa-bisa mati mendadak saat digunakan. Akhirnya, mesin mobil jadi tidak awet dan sering keluar masuk bengkel. Untuk itu, dalam memilih jenis oli, kamu harus perhatikan kualitasnya dan sesuai atau tidak pada jenis mobil kamu.

  1. Kadar oktan bahan bakar mobil

Ada banyak pilihan bahan bakar yang bisa kamu pilih. Masing-masing jenis ini memiliki kadar oktan yang berbeda-beda pula. Kamu bebas memilih sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Tapi ingat, kadar oktannya harus sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kamu. Kalau tidak, hal ini bisa menyebabkan mobil kamu menjadi knocking. Istilah ini merujuk pada mesin mobil yang mengeluarkan suara ngelitik saat dihidupkan. Selain knocking, kesalahan pemilihan oktan BBM juga berakibat pada mesin mobil yang bisa memanas dengan sangat cepat alias overheat. Supaya hal ini tidak terjadi pada mobil kamu, pastikan kamu memilih bahan bakar yang oktannya sesuai, ya.

Baca Juga : Tarikan Mobil Berat saat AC Hidup

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa jadi penyebab mesin mobil cepat panas saat macet. Jika mobil kamu sering mengalami overheat, pastikan kamu akan mengecek bagian-bagian yang sudah disebutkan di atas, ya. Kalau kerusakannya sudah tidak bisa ditangani sendiri, langsung saja pergi ke bengkel kepercayaan kamu, sehingga mobilmu segera ditangani oleh para mekanik yang sudah berpengalaman.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? IniĀ  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu