3 Panduan Mudah Tune Up Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil, Mesin

3 Panduan Mudah Tune Up Mobil

panduan-tune-up-mobil

panduan-tune-up-mobil

Tune-up adalah servis yang sudah paling sering dilakukan dibandingkan dengan jenis servis mobil yang lain, seperti spooring-balancing, overhaul. Inilah 3 panduan mudah tune up mobil. Tune-up adalah servis yang mempunyai tujuan untuk mengembalikan tenaga motor supaya sesuai pada standarnya

Jadi tune-up adalah servis penting yang terdapat pada sebuah mobil sebelum servis lainnya.  Untuk mengetahui cara bagaimana melakukan tune up mobil, berikut cara yang perlu Anda ketahui yaitu:

Bersihkanlah karburator atau injektor

Secara prinsip, keduanya memang mempunyai kesemaan dalam fungsi, yaitu sama-sama pemasok bahan bakar keruang bakar mesin. Adapun cara yang sebaiknya Anda lakukan jika Anda memiliki waktu yang senggang yaitu : bukalah semua sumur dan juga baut karburator, buanglah sisa bahan bakar yang ada, bilas bagian yang ada pada peranti dengan menggunakan solat atau bensin.

Membersihkan saringan udara

Langkah pertama dan paling mudah dilakukan adalah membersihkan saringan atau filter udara. Caranya, lepaskan peranti itu dari wadahnya, kemudian gunakan kompresor atau peranti  lain yang memiliki tekanan angin tinggi. Gunakanlah kuas lembut yang berukutan serempat, kemudian bersihkan kotoran yang sudah menempel pada sel-sel saluran udara tersebut.  Sesudah itu, gunakanlah kipas angin & tekanan tekan tombol ukuran embusan angin tertingi. Hal tersebut dimaksudkan supaya kotoran yang masih menempel menghilang.

Ganti bila aus dan Bersihkan Busi

Setelah membersihkan dengan saringan utama, langkah setelah itu ialah membersihkan busi. Peranti ini ialah bagian sangat vital pada proses pembakaran bahan bakar & udara pada ruang bakar mesin sebagai pemantik api. Bila memang terjadi aus, maka percikan pada api tidak akan terjadi. Akibatnya, pada proses pembakaran tidak terjadi & mobil pun mogok.  Setelah membersihkan sumbu & kepala busi dengan menyikatnya, ada baiknya tingkat kerenggangan juga bisa diatur kembali, untuk tingkatan kerenggangan itu, sebaiknya janganlah terlalu rapat & jangan juga terlalu longgar. Bila busi aus umumnya pada pemakaian busi yang idealnya adalah 20-25 ribu km, sebelum memasang kembali busi pada tempatnya, semprot lubang busi dengan menggunakan carbon cleaner. Hal tersebut dimaksudkan untuk membersihkan sisa-sisa atau kerak pada pembakaran dilubang tersebut

 Demikian sedikit uraian tentang tune up mobil yang dibahas diatas, semoga bisa bermanfaat untuk Anda  mengenai apa saja cara untuk tune up mobil. Perhatikanlah dan cermatilah cara-cara diatas agar kendaraan yang Anda punya dapat terawat dengan baik dan tahan lama.

“Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *