📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tiga Alasan Anda Perlu Menggunakan Inverter Mobil

inverter mobil

Bagi pengguna kendaraan roda empat, mungkin sudah tidak asing dengan inverter. Inverter mobil atau car inverter merupakan perangkat elektronik kelistrikan mobil yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan listrik darurat.

Alasan Anda Perlu Menggunakan Inverter Mobil

Biasanya penggunaan power inverter digunakan untuk memberikan daya listrik pada perangkat kecil seperti handphone, laptop, powerbank, dan benda lainnya yang terdapat di dalam mobil. Jadi dapat dikatakan jika inverter merupakan solusi dalam kebutuhan darurat listrik di perjalanan. Lalu, apa saja manfaat yang diperoleh dengan menggunakan power inverter?

Mengenal Inverter Mobil

Sebelum membahas lebih jauh power inverter mobil, ada baiknya untuk mengetahui antara daya kelistrikan mobil AC dan DC. Dalam pengertian yang mendasar, daya AC merupakan daya listrik yang diperoleh dari stopkontak rumah. Sementara, daya DC merupakan daya listrik yang diperoleh dari baterai. Kendati demikian, karena aki mobil memberikan tegangan DC, dan sebagian besar perangkat elektronik menggunakan daya mobil AC, maka diperlukan perangkat yang dikenal sebagai inverter daya mobil jika ingin mengisi listrik untuk perangkat AC di jalan.

Perlu diingat jika terdapat beberapa kendala yang penting untuk diingat setiap anda ingin menggunakan inverter mobil anda termasuk kapasitas mobil, nilai keluaran alternator, dan watt keluaran inverter. Selain itu, sistem kelistrikan mobil hanya dapat mengeluarkan daya dalam jumlah terbatas dan baterai hanya dapat menyediakan daya listrik sebelum mati sehingga beberapa faktor ini dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan power inverter yang akan anda gunakan di jalan.

Jadi, secara garis besar inverter mobil merupakan komponen sistem kelistrikan mobil yang dapat mengonversi arus listrik searah (direct current) dan menjadi arus listrik bolak balik atau alternating current. Namun, ada baiknya untuk menggunakan power inverter saat mobil sedang menyala sebab dalam keadaan mobil diam power inverter juga akan mengambil daya, hal ini bertujuan untuk menghemat baterai aki mobil.

Memang banyak yang menganggap jika aki merupakan sumber utama pemasok arus listrik mobil,tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar mengingat terdapat alternator untuk mengaliri arus listrik mobil saat dinyalakan. Mengingat saat mesin mobil menyala, terdapat beberapa perangkat mobil yang memerlukan arus listrik mobil seperti AC, infotainment, penerangan, dan lainnya yang bersumber dari alternator. Alternator akan mengaliri arus listrik mobil untuk memberikan daya pada perangkat-perangkat yang memerlukan daya listrik.

Bagaimana Cara Kerja Inverter?

inverter mobil

Inverter berfungsi dengan cara menggunakan sumber daya DC searah untuk meniru sumber daya arus bolak-balik. Pada dasarnya inverter elektronik merupakan osilator yang dapat dengan cepat mengubah polaritas sumber daya DC dan secara efektif menciptakan gelombang arus listrik mobil. Dengan demikian, cara kerja inverter mobil sangat sederhana yaitu serupa dengan adaptor, tetapi posisi trafo yang terbalik sehingga menghasilkan arus listrik bolak-balik (alternating current). Selain itu, power inverter juga dapat mengubah tegangan listrik mobil dari 12 Volt menjadi 220 Volt, setara dengan tegangan listrik di rumah.

Jenis dan Perbedaan Power Inverter untuk Mobil

Terdapat sejumlah jenis inverter yang berbeda, tetapi untuk otomotif biasanya inverter yang digunakan seperti:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Gelombang Sinus Murni

Gelombang sinus murni cenderung lebih mahal, tetapi dapat menghasilkan gelombang yang lebih dekat dengan daya AC yang tersedia dari stopkontak. Misalnya beberapa perangkat seperti catu daya yang tidak pernah terputus , mungkin gagal berfungsi dengan baik tanpa gelombang sinus murni yang stabil, tetapi sebagian besar elektronik konsumen akan berfungsi dengan baik tanpa menggunakan gelombang sinus murni.

  • Gelombang Sinus Dimodifikasi

Selain inverter sinus murni, terdapat gelombang sinus modifikasi Inverter ini memiliki harga lebih terjangkau. Gelombang sinus yang dimodifikasi sangat baik untuk sebagian besar alat elektronik yang membutuhkan daya listrik.

  • Fungsi Power Inverter

Fungsi utama inverter pada mobil dibutuhkan untuk membagi kebutuhan listrik di dalam mobil yang melebihi kapasitas DC.

Bagaimana Menghubungkan Power Inverter?

Agar dapat berfungsi dan digunakan sebagaimana mestinya, inverter harus terlebih dahulu dihubungkan ke aki mobil dengan cara tertentu. Beberapa cara  konfigurasi yang paling umum meliputi:

  • Panel sekering
  • Langsung ke baterai
  • Korek api
  • soket aksesori 12v

Cara termudah untuk menghubungkan inverter adalah dengan mencocokkannya ke soket pemantik 12v lainnya, tetapi ada beberapa batasan untuk pemasangan tersebut. Karena kemungkinan terdapat komponen lain yang terhubung ke pemantik rokok atau soket. Inverter yang disambung seperti itu umumnya terbatas pada draw 5 atau 10 amp. Dalam aplikasi tugas yang lebih berat, inverter perlu dihubungkan ke panel sekring atau langsung ke baterai. Beberapa panel sekering memiliki slot kosong yang dapat dihubungkan dengan inverter. Dalam kasus lainnya, inverter dapat dihubungkan langsung ke baterai dengan sekering in-line. Namun, sangat penting untuk menggunakan beberapa jenis sekering agar terhindar dari situasi yang membahayakan.

Manfaat Menggunakan Inverter

Dengan menggunakan power inverter pada mobil, akan diperoleh beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Mengisi daya

Power inverter pada mobil sangat berguna untuk Anda yang bekerja dengan menggunakan kendaraan seharian dan perlu untuk melakukan pengisian daya handphone. Inilah sebabnya mengapa inverter digunakan untuk mencolokkan perangkat mereka seperti laptop dan pengisi daya Smartphone. Inverter yang digunakan untuk mengisi daya peralatan elektronik umumnya memerlukan tegangan 220V 50Hz dari power inverter.

  • Terhubung dengan Multimedia

Sarana hiburan juga menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para pengendara. Membeli DVD multimedia adalah salah satu solusi yang dapat dipilih tetapi model terbaru sangat mahal. Inverter dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat hiburan mereka seperti laptop, pemutar CD, pemutar DVD, dan terkadang bahkan konsol game. Ini merupakan salah satu manfaat menggunakan power inverter.

  • Bekerja

Bekerja tanpa sumber daya listrik merupakan kesalahan fatal sehingga dengan menggunakan inverter merupakan pilihan yang tepat.  Misalnya seperti penggunaan inverter saat anda ingin menebang pohon di lokasi, inverter watt tinggi dapat digunakan untuk menjalankan gergaji. Baterai kendaraan dapat digunakan dengan cara yang paling nyaman dan bermanfaat dengan menggunakan inverter tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Power Inverter

inverter mobil

Sebelum menggunakan power inverter untuk mobil anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu perangkat apa saja yang akan dihubungkan dan tegangan maksimum yang ada pada perangkat tersebut. Oleh karenaitu, bagaimana cara untuk memilih inverter yang sesuai untuk mobil anda:

  • Mengecek komponen inverter

Mengecek komponen inverter dapat dilakukan dengan mengetahui efisiensi inverter. Seperti, diketahuiefisiensi 90 persen dengan kekuatan inverter 1.000 watt, maka daya maksimal yang akan dikeluarkan adalah 900 watt. Dengan kata lain, semakin besar persentase, maka daya yang dikeluarkan akan semakin tinggi. Tentu saja inverter seperti ini merupakan pilihan terbaik.

  • Pertimbangan harga

Harga akan mempengaruhi kualitas sebuah barang sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebaiknya memilih inverter dengan harga yang sesuai dengan peruntukkan dan hindari menggunakan inverter bekas agar tidak sia-sia.

  • Fitur Lainnya Power Inverter Mobil

Selain sebagai solusi untuk kebutuhan listrik darurat dalam kendaraan, power inverter juga memiliki fitur lainnya seperti:

  • Inverter daya tidak hanya untuk kendaraan tetapi juga sebagai sumber listrik jika anda pergi keluar untuk berkemah.
  • Banyak power inverter dilengkapi dengan outlet USB, berguna untuk mengisi daya di jalan tanpa harus membawa adaptor dan colokan besar. Untuk kemudahan penggunaan, dapatkan inverter yang kompatibel dengan USB.
  • Inverter mobil terbaik memiliki layar digital yang menunjukkan berapa banyak energi yang telah dikonsumsi dan informasi tentang tegangan baterai. Sangat berguna untuk mengetahui hal-hal ini secara sekilas, jadi pertimbangan untuk mendapatkan inverter yang memiliki layar..
  • Mencegah Korsleting Listrik pada Inverter Mobil

Menggunakan inverter mobil dengan waktu yang cukup lama tidak menutup kemungkinan akan terjadinyakorsleting listrik. Arus pendek atau korsleting listrik merupakan terjadinya hubungan resistansi rendah antara dua konduktor yang memasok daya listrik ke sirkuit sehingga menghasilkan kelebihan aliran tegangan dan menyebabkan aliran listrik yang berlebihan di sumber listrik sehingga menyebabkan korsleting listrik.

Dibaca Juga: Accu Mobil, Kenali 7 Tanda Ada Masalah Dan Cara Merawatnya

Agar tidak terjadi hubungan arus pendek pada mobil, maka ada baiknya untuk mengetahui sistem kelistrikan mobil. Pada dasarnya, sistem kelistrikan mobil terbagi menjadi tiga bagian yaitu sistem starter, pengisian, pengapian, glow plug, sistem injeksi, dan sistem common rail. Tidak hanya kelistrikan mobil bagian dalam mesin, bagian luar juga terdapat sistem kelistrikan mobil yang memiliki fungsi sama dengan sistem kelistrikan mobil dalam, jenis kelistrikan pada body mobil diantaranya sistem penerangan eksterior, sistem penerangan interior, dan sistem peringatan. Fungsi kelistrikan mobil pada bagian luar umumnya digunakan sebagai fungsi penerangan.

Dengan beberapa penjelasan diatas, tentunya penggunaan inverter mobil dapat memberikan beberapa keuntungan bagi pengendara yang bekerja dengan menghabiskan waktu di mobil atau saat anda lupa untuk mengisi ulang kembali daya perangkat alat elektronik yang anda gunakan. Sebaiknya pilih bengkel terpercaya untuk memasang inverter mobil seperti di bengkel Dokter Mobil.

Bengkel dokter mobil menyediakan Anda jasa kelistrikan seperti kabel putus atau korsleting listrik penyebab mobil anda mati total. Tidak hanya itu, Dokter Mobil juga dapat membantu anda untuk menentukan inverter mobil terbaik yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8722

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️