🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

11 Komponen Kopling Yang Vital Untuk Mobil Anda

Komponen Kopling

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Mengetahui komponen kopling adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Kopling sendiri merupakan suatu komponen kendaraan yang fungsinya adalah menghubungkan roda gigi transmisi dan poros pada mobil.

Fungsinya yaitu menjadikan roda belakang mobil bisa bergerak. Manfaat kopling pada kendaraan yaitu untuk mengubah tingkat kecepatan mesin kendaraan sehingga dapat diatur sesuai dengan keinginan pengendara.

Selain mengetahui komponen pada kopling, pengendara mobil atau pemilik mobil juga harus mengetahui bahwa jenis dan juga fungsi kopling itu beragam. Hal ini disesuaikan dengan desain mobil yang sedang digunakan.

Jadi tidak semua mobil menggunakan Jenis kopling yang sama. Hal ini karena dalam dunia otomotif, kopling selalu dikembangkan dan ditambah dengan berbagai elemen. Tujuannya adalah agar performa kendaraan menjadi lebih paripurna.

Inilah Komponen Kopling Mobil Perlu Kalian Ketahui

Komponen Kopling

Jadi kopling merupakan suatu rangkaian mekanis pada mobil yang tersusun dari banyak komponen kopling dan mereka saling berhubungan. Pada kopling mobil manual, ada sebanyak 11 komponen pada kopling. Berikut daftarnya :

  1. Pedal kopling

Pedal kopling dalam komponen kopling fungsinya seperti sebuah sistem input. Yang saat digunakan akan ditranslate pada pengendali kopling.

Cara kerja pedal kopling ini sama dengan tuas pengungkit. Jadi pada bagian pangkal pedal ada suatu engsel yang mana dia terhubung dengan push Rod.

Push rod di sini, dia fungsinya menghubungkan pedal kopling dengan piston Master silinder kopling mobil. Pedal kopling mobil dapat diatur tingginya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pengemudi mobil.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Jadi ketika pengemudi merasa pedal kopling terlalu tinggi atau sulit untuk digapai oleh kaki saat diinjak, maka pengemudi dapat maka pengemudi dapat melakukan pengaturan ulang pada pedal kopling.

Dalam berkendara, antara kenyamanan pengemudi saat menginjak kopling sangat berpengaruh terhadap keselamatan selama berkendara. Maka dari itu pengemudi harus benar-benar mengatur pedal kopling agar bisa digunakan dengan nyaman selama berkendara.

  1. Master silinder kopling

Komponen kopling kedua pada kopling ada yang dinamakan dengan Master silinder kopling. Fungsi dari Master silinder kopling ini adalah sebagai pengubah tenaga mekanis.

Dia akan mengubah Tenaga dari pedal menjadi tenaga hidrolik. Master silinder kopling pada mobil telah dilengkapi oleh sebuah piston.

Selain itu Master silinder kopling juga terhubung pada sistem rem lewat selang minyak rem. Komponen pada kepala silinder kopling mempunyai water jacket, yang mana manfaatnya adalah sebagai saluran air pendingin. Gunanya yaitu untuk mendinginkan mesin. Jadi mesin akan terhindar dari mengalami overheat.

  1. Master silinder kopling atas

Master silinder kopling yang telah disebutkan pada poin 2, dibagi menjadi dua yaitu Master silinder kopling atas dan master silinder kopling bawah. Yang pertama kita akan bahas Master silinder kopling atas.

Jadi master silinder kopling atas ini ini akan terhubung secara langsung oleh sebuah bagian. Sehingga fungsinya itu untuk menerima tekanan yang berasal dari pedal kopling.

Tekanan ini kemudian akan diteruskan kepada Master silinder kopling bawah. Saluran penerusannya yaitu melalui fluida atau sebuah cairan khusus. Jadi fluida Ini fungsinya sangat penting dalam sistem kerja kopling.

  1. Master silinder kopling bawah

Kemudian yang keempat dari komponen kopling ada Master silinder kopling bawah. Seperti yang telah disebutkan pada poin 3, yang mana fungsi silinder kopling bawah adalah untuk menerima tekanan yang berasal dari Master silinder kopling atas.

Dan tekanan ini disalurkan oleh sebuah cairan khusus yang dinamakan fluida. Dari Master silinder kopling bawah ini baru kemudian tekanan akan diteruskan ke release fork atau nama lainnya adalah garpu pembebas. Jadi fungsi dari garpu pembebas ini adalah sebagai media yang fungsinya untuk mendorong.

  1. Aktuator silinder

Kemudian yang kelima dari komponen kopling ada aktuator silinder. Jadi aktuator silinder ini adalah komponen yang berada di bagian dalam Master silinder kopling.

Fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai pengubah tekanan dari hidrolik untuk kembali dijadikan menjadi tenaga mekanis.

Jika dirumuskan, ada 2 jenis aktuator silinder yang biasanya dipakai pada mobil. Yaitu tipe dalam dan juga tipe luar. Sesuai namanya, tipe luar letaknya di luar kopling dan tipe dalam letaknya ada di dalam kopling kendaraan.

  1. Hidrolic clucth pipe

Komponen kopling mobil selanjutnya ada pipa hidrolik, yang mana komponen ini bentuknya menyerupai pipa. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk mengalirnya tekanan hidrolik. Pipa ini biasanya dibuat dari bahan Mika namun ada beberapa yang menggunakan bahan besi.

Bahan Mika biasanya dipilih karena dia kuat namun ringan Sedangkan untuk melepaskan pipa ini kita harus berhati-hati karena pipa ini biasanya akan sangat rapuh.

  1. Garpu pembebas

Garpu pembebas adalah komponen kopling yang mana dia fungsinya untuk mengubah tenaga mekanis yang berasal dari actuator silinder. Garpu pembebas cara kerjanya adalah menggunakan prinsip pedal kopling, yaitu mengungkit.

Baca Juga : Solusi Tepat Mengatasi Mesin Mobil Kasar Tanpa Ribet

Tekanan yang dihasilkan oleh garpu pembebas biasanya dipengaruhi oleh panjang garpu. Dan panjang garpu ini biasanya akan ditentukan oleh jenis kendaraan.

  1. Release bearing

Tekanan yang asalnya dari garpu pembebas akan disalurkan oleh release bearing. Dari sini kemudian tekanan akan digunakan untuk menekan pada pegas diafragma. Bentuk dari hari ini seperti cincin yang sangat tebal.

  1. Pelat penekan

Sesuai dengan namanya, komponen di kopling yang dinamakan plat penekan Ini fungsinya adalah sebagai alat penekan pada plat dan akan meneruskan tekanan dari Frisian Flag pada kampas kopling. Dengan proses ini, kampas kopling mobil akan terjepit pada roda gila.

Bentuk dari plat penekan ini seperti piring yang bahannya adalah besi tuang dengan memiliki lubang pada bagian tengah. Kemudian pelat penekan ini dalam fungsinya akan berputar seiring dengan putaran gigi primer kopling.

  1. Tutup kopling

Bagian komponen kopling yang terakhir ada tutup kopling. Jadi tutup kopling ini akan melindungi komponen-komponen lain yang berada dalam kopling.

Letak dari tutup kopling ini adalah menyelimuti kampas kopling dan dia akan terhubung langsung dengan roda gila pada komponen pada kopling. Jadi tutup kopling ini akan berputar seiring dengan perputaran roda.

Mengatasi Masalah Pada Kopling

Biasanya ada tiga masalah yang sering terjadi pada kopling. Yang pertama adalah ketika kopling menggelincir. Hal ini terjadi karena permukaan kopling mengalami keausan.

Kemudian yang kedua ada getaran atau gesekan yang kasar pada komponen kopling di sini mobil akan terasa seolah bergetar dan yang terakhir adalah bunyi gemeretak yang biasanya terjadi saat gigi transmisi dipindahkan

Untuk mengatasi segala permasalahan pada kopling, Dokter mobil menjadi salah satu bengkel yang sangat direkomendasikan. Hal ini karena Dokter mobil dapat memperbaiki masalah sampai ke akar dan juga akan sekaligus memberikan solusi tuntas pada Mobil kesayangan anda.

Baca Juga : Apa itu Suspensi Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda

Selain mengatasi masalah pada kopling, Dokter mobil juga dapat juga menerima segala service terkait mobil. Diantaranya ada penggantian oli dan juga pemasangan lapisan anti karat pada mobil. Disamping itu Dokter mobil juga memberikan free general check up mobil.

Demikian komponen kopling dan juga berbagai permasalahannya. Yang jelas jika kopling dan bagian mobil lain mengalami masalah, Dokter mobil adalah bengkel yang dapat diandalkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.