liburan natal

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal

Bulan Desember sangat erat kaitannya dengan liburan Natal dan tahun baru. Banyak sekali orang yang senantiasa memanfaatkan momen liburan akhir tahun ini untuk bepergian jauh serta berkumpul bersama keluarga tercinta.

Untuk dapat bepergian jauh, banyak orang memilih untuk menaiki kendaraan umum seperti kereta, bus, ataupun pesawat. Namun, di situasi pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang cenderung memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi karena dinilai lebih aman dan efisien.

Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal

liburan natal

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi selama liburan Natal, sangatlah penting melakukan pemeriksaan kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan masih dalam kendaraan prima dan siap untuk digunakan. Untuk itu, berikut telah kami rangkum ragam cara memeriksa kendaraan untuk bepergian selama liburan Natal:

  1. Periksa oli mesin

Oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Seperti yang sudah diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas agar suhu mesin tetap stabil, dan mesin dapat terus bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memeriksa oli pada kendaraan Anda terutama sebelum melakukan perjalanan jauh.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan oli kendaraan, caranya sangat mudah. Pertama-tama, Anda hanya perlu membuka kap mesin. Setelah itu, perhatikanlah letak tangki oli kendaraan Anda, dan bukalah tutupnya. Pada umumnya setiap tangki oli dilengkapi dengan sebuah alat untuk mengukur ketersediaan oli kendaraan yang dinamakan dengan stik oli. Tariklah stik oli ini perlahan-lahan keluar untuk melihat seberapa banyak sisa oli yang masih tersedia.

Stik oli ini dilengkapi dengan tanda khusus berupa huruf yakni L (low / rendah) dan F (full / penuh). Untuk itu, pastikanlah bahwa level oli harus berada di garis stik antara huruf L dan huruf F. Ada baiknya bila level oli berada sedikit di bawah garis huruf F, dan apabila kurang tambahkanlah oli secukupnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kembali jarak tempuh kendaraan dan pastikan oli yang tersedia cukup untuk melampaui jarak tersebut.

  1. Tes sistem rem

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kendaraan Anda bepergian jauh saat liburan Natal adalah sistem rem. Sistem pengereman atau brake merupakan unsur yang sangat vital bagi kendaraan, karena sistem ini sangat berkaitan erat dengan keamanan berkendara. Menurut penelitian, salah satu faktor utama yang menyebabkan kecelakaan di dunia adalah sistem rem yang tidak berfungsi. Karenanya, adalah hal yang sangat penting untuk selalu memeriksa serta menguji kelayakan rem pada kendaraan Anda.

Pemeriksaan sistem rem sangat sederhana. Pertama-tama, Anda dapat mengecek level minyak rem dan pastikan sudah berada pada batas level minimal. Apabila minyak rem kurang dari batas minimal, tambahkan minyak rem berkualitas secukupnya, dan pastikan tidak terjadi kebocoran. Hal selanjutnya yang tak boleh luput dari perhatian adalah sistem pengereman saat berkendara. Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu mengendarai kendaraan Anda dalam jarak dekat di tempat yang aman, kemudian lakukan pengereman dan pastikan bahwa rem masih pakem dan tidak dol.

  1. Periksa air radiator

Baik perjalanan jauh maupun dekat, selama liburan Natal atau hari biasa, level air radiator pada kendaraan Anda sudah seharusnya selalu diperhatikan. Selain itu, kebersihan air radiator juga menjadi salah satu hal penting, karena apabila kondisi airnya kotor dan keruh maka dapat mengakibatkan radiator mampat serta mengganggu kinerja mesin nantinya. Pengecekan seperti ini cukup mudah dan bisa Anda lakukan secara berkala agar kondisi air radiator tetap aman.

Hal selanjutnya yang juga harus diperiksa adalah level air radiator. Apabila ketinggian air radiator berada di bawah batas maksimum, maka pengisian harus segera dilakukan. Namun, beberapa tipe mobil memang tidak dilengkapi dengan reservoir atau tempat penampungan air radiator, sehingga dapat diperkirakan ketinggiannya melalui air pada tabung radiator. Pengisian air radiator ini sebaiknya dilakukan pada saat mesin kendaraan dalam kondisi mati untuk meminimalisir risiko suhu air yang terlalu panas.

Selanjutnya, ada baiknya juga untuk memeriksa kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Pastikan bahwa kedua selang tersebut masih dalam kondisi baik, tidak menggelembung dan tidak retak. Apabila terjadi kerusakan, segera lakukan penggantian selang untuk menghindari risiko selang yang pecah dalam perjalanan. Pastikan juga sambungan dari kedua selang ini sudah cukup kencang dan tidak bocor.

Dibaca Juga: Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil

  1. Memeriksa aki

Komponen lain yang tak kalah penting dalam kendaraan sudah pasti adalah aki. Aki sendiri merupakan sebuah alat akumulator yang menyimpan energi listrik, atau sederhananya dapat diartikan sebagai baterai bagi kendaraan. Apabila tidak ada aki, atau daya aki sudah lemah, maka kendaraan sudah dapat dipastikan tidak dapat berfungsi.

Karena itu, memeriksa aki merupakan hal yang penting dilakukan sebelum menggunakan kendaraan saat liburan Natal. Pertama-tama, periksalah baut yang terdapat pada kutub aki, dan jangan lupa untuk membersihkan kutub aki dari kerak ataupun debu kotoran yang menempel. Selain itu, periksalah level air aki yang ditampung. Apabila level air aki kurang dari batas minimum, segera tambahkan air aki murni demi menjaga kualitas aki kendaraan Anda.

  1. Wiper

Liburan Natal dan tahun baru memang identik dengan musim penghujan. Oleh sebab itu, hal ini membawa tantangan tersendiri terutama bagi pengendara yang hendak bepergian jauh, karena seringnya hujan tentu menghambat kelancaran perjalanan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena apabila seluruh komponen kendaraan sudah diperiksa dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa kendaraan tidak akan mengalami kendala berarti bahkan ketika melintas di tengah hujan lebat sekalipun.

Komponen kendaraan yang erat kaitannya dengan hujan tentu adalah wiper. Sebelum bepergian jauh, pastikan bahwa wiper masih dapat bergerak dan berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan pula karet pada wiper masih dalam kondisi baik agar air hujan dapat selalu tersapu dengan sempurna, sehingga penglihatan melalui kaca utama menjadi lebih jelas dan aman.

  1. Periksa kondisi dan tekanan ban

Ban merupakan salah satu komponen dalam kendaraan yang sering kali membutuhkan perbaikan, baik perbaikan ringan sampai dengan penggantian. Hal ini terjadi karena komponen yang satu inilah yang menumpu beban kendaraan, serta bersentuhan langsung dengan medan jalan yang dilalui. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk selalu memeriksa kondisi fisik ban agar tetap prima sehingga aman untuk dipakai dalam perjalanan jauh termasuk saat liburan Natal.

Untuk dapat melakukan pengecekan fisik ban, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan dongkrak untuk mengangkat bagian kendaraan, agar dapat memeriksa ban secara menyeluruh. Pastikan tidak ada bagian ban yang botak, bocor, ataupun tertancap paku dan benda-benda tajam lainnya. Anda juga dapat mengendarai kendaraan Anda dalam jarak dekat untuk memastikan agar ban tidak bocor dan masih layak digunakan.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tekanan udara dalam ban. Sebagai informasi, tekanan ban mobil normal adalah sekitar 30-34 psi. Untuk dapat mengecek tekanan mobil, Anda hanya perlu membuka pentil ban secara perlahan, dan masukkan alat pendeteksi tekanan udara ke dalam lubang angin.

Akhir Kata

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai ragam cara melakukan pemeriksaan kendaraan untuk berkendara jauh selama liburan Natal. Beberapa cara tersebut mungkin tergolong rumit, terutama bagi pemula di bidang otomotif. Namun, Anda sudah tidak perlu khawatir karena sekarang ada DOKTER MOBIL.

DOKTERMOBIL merupakan sebuah layanan pemeriksaan kendaraan yang lengkap dan aman bagi semua jenis kendaraan roda empat Anda. Saat ini, bengkel mobil terdekat DOKTER MOBIL memiliki penawaran menarik yakni gratis General Checkup di liburan natal, yang tentu dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pemeriksaan mobil sebelum perjalanan jauh selama liburan Natal ini. Apabila Anda tertarik dan membutuhkan informasi lebih lanjut, maka dapat mengunjungi situs www.doktermobil.com.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik