New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mesin mobil mati saat injak kopling

Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah seperti mesin mobil mati saat injak kopling merupakan kendala yang menjengkelkan, apalagi saat hendak dikendarai. Masalah ini juga bisa menjadi cukup berbahaya terutama saat berada di lalu lintas padat dan jalan sempit. Bukan hanya mobil, melainkan nyawa Kamu bisa terancam jika terus dibiarkan.

Kamu tentu sering mendengar seorang pemilik mobil yang mengatakan mesin mobilnya masih sangat baik, namun terkadang mengalami penurunan performa bahkan mesin mati saat melewati tanjakan atau turunan. Hal ini disebabkan karena ketika melewati tanjakan mobil memerlukan kopling RPM. Jika mesin tiba-tiba mati saat koplingnya diinjak, bisa saja terjadi malfungsi atau bahkan kerusakan.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling

  1. Membersihkan Karburator

Kotornya karburator bisa menjadi salah satu penyebab mobil mati saat menginjak kopling. Jika tidak segera mengambil tindakan, kotoran yang terus menumpuk akan menjadi kerak sehingga karburator pun mengalami gangguan. Oleh sebab itu, bagi Kamu yang merasa sayang pada mobil sebaiknya mengecek dan membersihkan karburator secara rutin.

Namun jika sudah terlanjur dan mesin pun mati ditengah jalan, maka untuk mengatasinya Kamu cukup membersihkan karburator. Caranya tidak sembarangan, pada proses pembersihan diperlukan karburator cleaner. Setelah itu, Kamu harus menunggu beberapa hari, kemudian periksa apakah mesin sudah kembali normal atau masih terdapat masalah. Jika belum stabil, solusinya adalah membersihkan seluruh kotoran yang ada di venturi dengan proses OH karburator.

  1. Memperbaiki kabel persneling

Tidak jarang pula kabel persneling menjadi pemicu mesin mobil mati. Putusnya kabel persneling dapat menyebabkan RPM menurun hingga mesin mati saat kopling diinjak. Sebagai salah satu sistem penggerak, kabel persneling memiliki peran cukup penting dalam proses transmisi. Oleh karena itu, jika kabel ini bermasalah maka transmisi akan terganggu sehingga mobil pun tidak bisa bergerak secara normal.

  1. Mengganti kampas kopling

Kampas kopling yang bermasalah sering menjadi penyebab kasus menurunnya performa pada mobil. Dampak akan terasa sangat jelas ketika mobil melewati tanjakan atau turunan. Bagi yang belum tahu, tenaga yang berasal dari mesin tidak akan tersalurkan secara optimal ke sistem transmisi bila kampas kopling sudah mulai habis. Tenaga hanya akan berkutat pada mesin namun roda mobil tidak dapat bergerak sama sekali.

Jika terus dibiarkan, lambat laun mobil akan kehilangan tenaga hingga akhirnya mati secara tiba-tiba. Bukan hanya merusak mesin, hal ini juga berpotensi merusak komponen lainnya yang ada pada sistem kopling. Oleh sebab itu, tangani masalah sesegera mungkin.

  1. Servis sensor air flow meter

Salah satu sensor yang cukup penting pada mobil bermesin injeksi adalah air flow meter. Sensor satu ini memiliki fungsi untuk menyalurkan sekaligus mengukur jumlah udara yang harus masuk ke dalam mesin. Jika terjadi masalah, maka performa mobil akan terasa menurun secara drastis, tidak bertenaga, atau bahkan mesin mati saat menginjak atau melepaskan kopling.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya bawa mobil Kamu ke bengkel atau dealer resmi terdekat. Pasalnya, memperbaiki sensor air flow meter tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk menangani kendala ini. Selain itu, peralatan yang harus digunakan pun memerlukan peralatan canggih serta memadai. Tidak ada salahnya mempercayakan mobil ke orang yang lebih ahli.

Baca Juga : lampu check engine tidak menyala saat kontak on

Itulah beberapa cara mengatasi mesin mobil mati saat injak kopling yang harus diketahui. Akan jauh lebih baik jika Kamu mengerti cara merawat mobil yang baik sehingga terhindar dari resiko kerusakan. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat terutama untuk Kamu yang tertarik dengan dunia otomotif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!