New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab rpm tidak mau naik

3 Penyebab RPM Tidak Mau Naik Serta Cara Mengatasinya

penyebab rpm tidak mau naik
penyebab rpm tidak mau naik

3 Penyebab RPM Tidak Mau Naik Serta Cara Mengatasinya – Tahukah Kamu penyebab RPM tidak mau naik? Kondisi ini bisa saja menandakan bahwa terdapat masalah pada air induction system mobil. Dampak dari kendala akan terasa sangat jelas, pasalnya mobil menjadi sulit dikendalikan pada putaran rendah. Selain itu, perpindahan tuas transmisi yang mulanya lembut akan berubah agak kasar.

Bagi yang belum tahu, air induction system atau lebih akrab dipanggil sistem pemasok udara memiliki peranan yang cukup penting pada proses pembakaran. Jika udara yang masuk ke ruang bakar sedikit, maka proses kompresi gas pun menjadi minim. Alhasil, pembakaran yang terjadi tidak berjalan normal hingga akhirnya RPM mesin lambat atau susah naik.

Lalu apa tindakan yang perlu dilakukan? Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang penyebab sekaligus solusi terbaiknya.

Penyebab RPM Tidak Mau Naik dan Solusinya

  1. Idle Speed Control (ISC)

Komponen satu ini berperan sebagai aktuator yang berfungsi untuk mengatur idle RPM dalam sistem EFI. Pada dasarnya, cara kerja ISC membuat idle karburator tertutup atau terbuka dengan memanfaatkan kinerja dari solenoid valve.

Akan tetapi, bila ISC tidak dirawat dengan baik, kotor, atau bahkan rusak, maka intake manifold tidak akan menerima suplai secara normal. Dampaknya, RPM tidak akan stabil karena terdapat delay yang pada sepanjang mesin idle.

Untuk menghindari penyebab RPM tidak mau naik, Kamu harus melakukan perawatan secara rutin terutama pada bagian lubang saluran dan aktuator ISC. Kamu dapat melakukannya sendiri dengan membuka ISC, lalu katup hingga benar-benar bebas dari kotoran. Jika memungkinkan, Kamu dapat menggunakan carburator cleaner untuk menjangkau lubang idle.

  1. Mass Air Flow (MAF)

Komponen yang letaknya berada di bagian tabung filter udara ini memiliki fungsi sebagai pendeteksi volume udara yang masuk ke ruang bakar. Karena letaknya tersebut, MAF menjadi memiliki resiko terjadi masalah karena kotoran yang menempel.

Jika memang demikian, maka hasil sensor MAF tidak akan memberikan informasi atau data yang akurat dan konsisten. Pada akhirnya volume bensin yang keluar dari injektor tidak akan berjalan secara normal. Pasalnya ECU turut terpengaruh akibat dari data yang dikirimkan oleh sensor MAF tidak akurat. Hal inilah yang menjadi penyebab RPM sulit naik dan tak stabil.

Jika indikator mobil Kamu masih dalam kondisi baik, biasanya gejala ini bisa diketahui dengan mudah karena lampu check engine terus menyala saat mobil digunakan. Solusi terbaik untuk mengatasi kendala pada MAF membersihkannya menggunakan carburator cleaner. Jangan lupa untuk mengecek kondisi konektor, kabel, dan komponen yang berhubungan dengan sensor MAF lainnya.

  1. Throttle Body

Khusus mesin yang sudah dilengkapi dengan sistem Drive by Wire, terdapat sensor APP yang terletak di pedal gas yang berfungsi untuk menutup atau membuka katup gas secara otomatis. Meski terbilang lebih praktis dan modern, namun kenyataannya mobil seperti ini lebih rentan mengalami kendala RPM tidak mau naik atau tidak stabil.

Mengapa demikian? Pasalnya, sistem Drive by Wire memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap perubahan kondisi. Selain itu, untuk mendukung kinerjanya sistem ini memiliki banyak sensor. Tidak seperti mobil yang pada umumnya fokus pada satu sensor.

Baca Juga : Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling

penyebab rpm tidak mau naik

Penyebab utama terjadinya masalah RPM tidak mau naik pada mesin ini adalah kotoran yang menumpuk di bagian pangkal katup. Untuk memeriksanya, Kamu dapat melepas throttle body lalu perhatikan apakah dinding katup terlihat bersih atau sebaliknya. Jika memang kotor, maka inilah yang menjadi pemicu RPM mesin tidak stabil.

Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah membersihkan bagian throttle body. Bagi yang belum tahu, mobil EFI memiliki resiko mengalami kendala ini karena memang tiap komponen saling bergantung satu sama lain. Oleh karena itu, sebaiknya bawa mobil kesayanganmu ke bengkel atau dealer resmi terdekat. Dengan mekanik profesional dan handal, maka dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan komponen lain pada mobil.

Nah, itulah beberapa penyebab RPM tidak mau naik sekaligus cara mengatasinya. Meski tidak bisa memperbaiki kendala secara mandiri, setidaknya Kamu tahu akar permasalahannya sehingga tindakan yang diambil selanjutnya lebih tepat. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama untuk Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4759

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya