📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Faktor Penyebab Mobil Susah Masuk Gigi

7 Faktor Penyebab Mobil Susah Masuk Gigi

Pernahkah Anda merasakan mobil susah masuk gigi atau persneling mobil susah masuk? Mobil susah masuk gigi ini memang sangat menjengkelkan saat terjadi.

Ketika Anda sedang terburu-buru menuju suatu tempat, masalah mobil susah masuk gigi ini akan sangat menghambat Anda menuju sampai ke tujuan.

Bahkan jika Anda kurang berhati-hati saat berkendara, masalah mobil susah masuk gigi ini malah bisa berpotensi timbulkan kecelakaan lalu lintas, lho.

Agar Anda tak mengalami masalah berbahaya ini, berikut ini adalah penyebab mobil susah masuk gigi serta rekomendasi bengkel yang paling tepat untuk mengatasi saat mobil susah masuk gigi yang patut Anda simak. 

Penyebab Masalah Mobil Susah Masuk Gigi

Penyebab Masalah Mobil Susah Masuk Gigi

Mobil susah masuk gigi adalah keluhan yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan. Permasalahan ini bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Jika mobil Anda terasa sulit saat masuk gigi, ini dapat terjadi karena beberapa alasan, yang terdiri dari:

  1. Kondisi Sistem Transmisi Mobil yang Kurang Baik

Pertama, kondisi transmisi yang kurang baik. Setiap kendaraan memiliki transmisi yang dapat mempengaruhi bagaimana mobil beroperasi.

Ketika transmisi rusak, mobil dapat mengalami kesulitan untuk masuk ke putaran yang tepat saat mengganti gigi.

Blok transmisi harus selalu diperiksa dan ditinjau oleh ahli untuk memastikan bahwa transmisi berfungsi dengan baik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Adanya Permasalahan pada Sistem Pelumasan

Kedua, ada masalah dengan sistem pelumasan. Pelumasan berkontribusi pada kinerja mesin dan transmisi.

Ketika sistem pelumasan tidak berfungsi dengan baik, itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi. Oleh karena itu, harus diperiksa sistem pelumasan secara berkala dan diganti sesuai dengan pabrikan.

  1. Kabel Pengendali Gigi Bermasalah

Ketiga, ada masalah dengan kabel pengendali. Kabel pengendali berfungsi untuk mengontrol penggantian gigi. Jika kabel rusak atau tersangkut, maka itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi. Oleh karena itu, kabel harus diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengannya.

  1. Sistem Pemindah Tenaga Mengalami Trouble

Keempat, ada masalah dengan sistem pemindah tenaga. Sistem pemindah tenaga adalah bagian penting dari sistem transmisi. Ketika sistem tidak berfungsi dengan baik, maka itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi. Sistem ini harus diperiksa secara berkala dan diganti jika diperlukan.

  1. Sistem Penggerak dalam Kondisi yang Tidak Baik

Kelima, ada masalah dengan sistem penggerak. Sistem penggerak bertanggung jawab untuk menggerakkan mobil saat mengganti gigi. Jika sistem rusak, maka itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi. Oleh karena itu, sistem penggerak harus diperiksa secara berkala dan diganti jika diperlukan.

  1. Mesin Mobil Bermasalah

Keenam, adanya masalah dengan mesin. Mesin bertanggung jawab untuk menggerakkan mobil saat mengganti gigi. Ketika mesin rusak, maka itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi. Oleh karena itu, mesin harus diperiksa dan ditinjau secara berkala untuk memastikan bahwa mesin berfungsi dengan baik.

  1. Pedal Kopling Rusak

Ketujuh, ada masalah dengan pedal kopling. Pedal kopling bertanggung jawab untuk mengontrol penggantian gigi. Jika pedal kopling rusak atau rusak, itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi. Oleh karena itu, pedal kopling harus diperiksa dan ditinjau secara berkala untuk memastikan bahwa pedal kopling berfungsi dengan baik.

Tanda-tanda Masalah Transmisi Mobil

1. Gejala umum:

  • Kesulitan memindahkan gigi: Gigi terasa sulit masuk, macet, atau tergelincir.
  • Suara bising dari transmisi: Terdengar suara dengungan, gerinda, atau ketukan saat memindahkan gigi atau saat mobil berjalan.
  • Kebocoran oli transmisi: Oli transmisi bocor dari bawah mobil.
  • Bau terbakar: Tercium bau terbakar dari transmisi.
  • Performa mesin menurun: Mobil terasa kurang bertenaga atau akselerasi terasa lambat.

2. Memastikan Sistem Pelumasan Berfungsi Baik:

  • Periksa oli mesin: Pastikan oli mesin memiliki level yang cukup dan berwarna bening.
  • Periksa oli transmisi: Pastikan oli transmisi memiliki level yang cukup dan berwarna merah cerah.
  • Periksa filter oli: Ganti filter oli secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Perhatikan indikator oli: Jika indikator oli menyala, segera periksa level dan kondisi oli.
  • Dengarkan suara mesin: Suara mesin yang kasar dapat menandakan masalah pada sistem pelumasan.

3. Pedal Kopling Rusak:

  • Pedal kopling terasa keras: Pedal kopling terasa berat saat ditekan.
  • Pedal kopling terasa longgar: Pedal kopling terasa tidak ada tekanan saat ditekan.
  • Pedal kopling bergetar: Pedal kopling bergetar saat ditekan.
  • Kopling tidak berfungsi: Mobil tidak dapat bergerak saat pedal kopling ditekan.
  • Jika pedal kopling mobil terasa rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan sistem transmisi dan pelumasan mobil:

  • Gunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Ganti oli secara berkala.
  • Periksa level oli secara rutin.
  • Hindari membawa beban berlebihan.
  • Mengemudi dengan hati-hati.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga sistem transmisi dan pelumasan mobil Anda tetap berfungsi dengan baik dan memperpanjang usia pakainya.

Baca Juga: 11 Komponen Kopling Yang Vital Untuk Mobil Anda

Kesimpulannya, ada beberapa alasan mengapa mobil susah masuk gigi. Ketika salah satu dari alasan-alasan di atas terjadi, maka itu akan menyebabkan mobil sulit untuk masuk ke gigi.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan memastikan bahwa komponen-komponen mobil berfungsi dengan baik. Jika tidak, maka itu akan menyebabkan masalah yang lebih parah.

Penutup

Dengan mengetahui penyebab mobil susah masuk gigi, Anda dapat mengantisipasi masalah ini. Dengan memeriksa dan memastikan komponen-komponen mobil berfungsi dengan baik, Anda dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah dengan mobil Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

manfaat oli kompresor ac mobil

Manfaat Oli Kompresor AC Mobil

Ketika musim panas tiba, udara sejuk dari AC mobil menjadi penyelamat bagi perjalanan yang nyaman. Tapi tahukah Kamu bahwa di balik kemampuan ini ada komponen