New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Mobil Livina Bergetar

Penyebab Mobil Livina Bergetar dan Cara Mengatasinya

Mobil Livina Bergetar

Penyebab Mobil Livina Bergetar dan Cara Mengatasinya – Kondisi mobil Livina bergetar kerap dikeluhkan pemilik mobil keluaran Nissan ini. Masalah ini perlu ditangani dengan tepat dan segera. Sebelum merembet dan memunculkan masalah lainnya.

Ya, munculnya getaran ataupun sengal-sengal pada mobil Livina merupakan pertanda adanya masalah pada komponen mobil. Nah, untuk menyelesaikan masalah ini, anda perlu mengetahui apa penyebab masalah ini. Dengan demikian anda bisa menentukan:

  • Apa cara untuk mengatasi masalah ini
  • Bagaimana memastikan agar masalah serupa tidak muncul kembali

Jika Membiarkan Masalah Getar pada Livina

Mesin Mobil Livina Bergetar wajib untuk segera di atasi. Bukan hanya karena dapat menyebabkan kerusakan dan masalah mobil yang semakin merembet ke mana-mana, namun juga menyebabkan resiko masalah seperti:

  1. Mesin mendadak mati ketika berhenti di lampu merah

    Bayangkan saat berhenti di lampu merah, namun tiba-tiba mobil anda mogok. Dan lampu kemudian berwarna hijau. Pengemudi kendaraan lain akan mengklakson. Dan tentunya akan sangat membuat malu.

  2. Mesin mendadak mati ketika melaju kencang

    Hal ini tentunya beresiko tinggi menyebakan terjadinya kecelakaan. Dan tentu saja tidak ada yang menginginkan terjadinya hal ini.

  3. Biaya perbaikan yang semakin besar

    Ya, jika membiarkan masalah pada mobil, tentunya masalah akan semakin merembet. Kerusakan semakin parah, dan tentunya biaya perbaikan akan semakin tinggi.

Oleh sebab itu, ketika merasakan ada masalah pada Grand Livina kesayangan anda, langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebab masalahnya. Dengan demikian, anda tahu apa solusinya, dan apa cara pencegahan agar masalah serupa tidak terjadi lagi.

Penyebab Mesin Mobil Livina Bergetar

Pada dasarnya masalah bergetar pada mobil Livina disebabkan oleh adanya masalah pada 3 komponen utama. Adapun komponen tersebut adalah:

  1. Distributor Pembakaran

    Komponen yang berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin. Jika komponen ini bermasalah, mesin tidak dapat berfungsi dengan normal. Ditandai dengan adanya gejala bergetar atau tersengal.

  2. Koil

    Komponen ini berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Ketika rusak, maka pengapian mobil tentunya akan bermasalah. Kadang hidup (normal), namun kadang tidak ada pengapian. Hal inilah yang jadi penyebab mobil terasa sengal dan getar-getar.

  3. Busi

    Walaupun busi mobil lebih dari 1, namun 1 saja busi bermasalah maka mesin akan mengalami masalah. Pembakaran menjadi tidak berlangsung mulus. Dan masalah mobil bergetar akan muncul.

  4. Aki yang sudah aus

    Aki memegang peran penting dalam kelistrikan mobil. Aki yang aus akan menyebabkan naik turunnya kelistrikan mobil. Dan hal ini yang menjadikan terjadinya masalah pada putaran mesin mobil. Dan menjadikan efek sengal dan getar pada mesin.

Untuk menentukan yang mana jadi sumber masalah, cara terbaik adalah dengan mencari bengkel mobil terdekat dan berkompeten untuk membantu melakukan pengecheckan. Pastikan keenam komponen di atas diperiksa secara seksama. Dengan demikian, solusi untuk masalah ini dapat ditemukan.

Baca Juga : Penyebabdan Ciri Mobil Makan Oli serta Solusinya

Solusi Mengatasi Mesin Livina yang Bergetar

Mobil Livina Bergetar

Setelah mengetahui penyebab masalah Mobil Livina Bergetar, ada beberapa solusi yang bisa diambil. Adapun beberapa solusi tersebut antara lain adalah:

  • Penggantian Part

    Part yang sudah bermasalah sebaiknya diganti dengan baru. Terutama koil dan busi. Karena jika dipaksakan untuk dipakai lagi, bisa-bisa masalah yang sama akan muncul kembali.

  • Tune UP

    Masalah ini seringkali muncul akibat mobil jarang mendapatkan perawatan tune UP secara berkala. Oleh sebab itu, tune up tidak hanya muncul sebagai cara mencegah masalah livina bergetar, namun juga solusi mengatasi masalah ini.

  • Setting Ulang Sistem Pembakaran

    Piggyback Pro merupakan cara untuk mensetting sistem pembakaran mobil. Hal ini diperlukan karena kemungkinan sistem pembakaran mobil terjadi error/kesalahan.

Demikianlah beberapa penyebab Mobil Livina Bergetar dan solusi untuk mengatasi masalah mesin mobil Livina bergetar atau tersengal. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 46890

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

One Response

  1. Hallo Dokter Mobil.
    saya pengguna Grand Livina Matic 1,5 Ultimate ijin bertanya.
    pada saat kendaraan saya akselerasi di atas 80km/jam mobil terasa bergetar, tetapi pada saat Rpm rendah tidak terasa bergetar.
    Part apa yang harus saya perhatikan / ganti ?
    Ijin pencerahan nya Dok ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!