New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Ketahui 5 Hal yang Menjadi Penyebab Livina Brebet

Ketahui 5 Hal yang Menjadi Penyebab Livina Brebet

Mempunyai mobil tentu harus diseimbangkan dengan perawatan mobil secara berkala. Masih ingatkah anda kapan terakhir menservis mobil Livina kesayangan anda? Jangan malas, sebab hal ini dapat memicu gejala penyebab Livina brebet. Kalau sudah brebet, berkendara pun menjadi tidak menyenangkan karena performa mesin sudah tidak stabil kembali.

Apa Saja Penyebab Livina Brebet ?

Penyebab Livina brebet harus ditilik lebih dalam agar dapat dilakukan penanganan segera mungkin. Atasi rasa khawatir berkendara anda dengan mengetahui penyebab selengkapnya dibawah ini;

1. Ketidaksesuaian Bahan Bakar

Setiap jenis mobil umumnya menggunakan jenis bensin yang berbeda pula. Jenis oktan pun turut mempengaruhi kinerja mesin. Salah pilih bensin maka mesin menjadi brebet. Untuk mobil Livina, gunakan bensin dengan oktan tinggi minimal pertamax.

2. Sistem Injeksi Bermasalah

Dengan adanya sistem injeksi, maka bahan bakar dapat tersuplai dalam mesin. Jika komponen ini bermasalah, maka salah satu cirinya yakni tekanan di ujung sistem menjadi tidak stabil, sehingga suplai bahan bakar tidak bekerja secara sempurna alhasil putus-putus. Inilah yang menyebabkan mobil Livina anda menjadi brebet.

Anda dapat mengecek bagian fitting atau sambungan selang bensin. Kebocoran bensin dapat diteksi disini. Alhasil pada injektor bensin tidak keluar dengan volume seharusnya.

3. Sensor EFI Bermasalah

Sensor berfungsi mengirimkan data ke bagian ECU mobil. Jika sensor sudah rusak, maka pengiriman data pada ECU sudah tidak akurat kembali. Alhasil, suplai bensi menjadi tidak pas hingga brebet ketika RPM sedang berada pada posisi rendah maupun tinggi.

4. Kerak Kotoran Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar yang sudah kotor oleh berbagai partikel debu tentu dapat menghambat performa mobil Livina anda. Mengapa? Karena dapat menyumbat aliran bensin sehingga sistem pembakaran menajdi terganggu. Alhasil mobil menjadi brebet hingga tidak nyaman digunakan.

Hindari untuk membongkar pasang secara individu sebab dibutuhkan keahlian khusus dan peralatan menunjang untuk membongkar part mesin mobil anda.

5. Busi Kotor atau Tidak Standar

Sepele namun bisa fatal. Busi merupakan komponen penting dalam pemacik api hingga pembakaran menjadi sempurna. Busi yang sudah kotor perlu dibersihkan agar terbebas dari partikel kotoran. Segera bersihkan bagian busi yang kotor.

Selain busi kotor, busi yang sudah tidak sesuai standar juga mempengaruhi kualitas pembakaran. Kalau api yang keluar dari busi terlalu kecil, mesin bisa nyendat.

Solusinya hanya mengganti mengganti busi dengan yang baru.

Cara Terbaik Mengatasi Mobil Grand Livina Brebet

Solusi terbaik yaitu dengan melakukan tune up tempat servis ketepercayaan anda.

Baca Juga : Panduan Cara Tune Up Mobil yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Jika tune up dirasa masih belum meminimalisir kerusakan, maka solusinya yakni servis di bengkel mobil spesialis untuk mendapatkan penanganan lebih dalam mendiagnosa kerusakan saluran pembakaran secara menyeluruh.

Demikian ulasan mengenai penyebab livina brebet. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat digunakan sebagai rujukan. Sayangi mobil Livina anda dengan mendapatkan penanganan secara tepat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya