New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin

Ketahui 5 Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup Saat Dingin

Ketahui 5 Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup Saat Dingin –  Sudah distarter berkali-kali tetap tidak bisa menyala? Waspadai gejala tersebut. Normalnya, mobil sehat hanya butuh 1 hingga 2 kali starter saja. Namun jika mobil sudah bermasalah, inilah salah satu gejalanya mobil susah hidup terutama saat dingin.

Salah satu pemicunya yakni mobil jarang dipanaskan secara rutin pada pagi hari tiap baik saat mobil hendak dipakai atau tidak sekalipun. Jangan salah kaprah, mobil jarang digunakan pun juga rentan bermasalah ketika mesin dingin. Apa sih penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin ? Selengkapnya simak pejelasannya dibawah ini;

Penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin

penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin
Ketahui 5 Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup Saat Dingin

1. Aki Bermasalah

Penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin yang Pertama, cobalah anda cek pada perangkat aki mesin. Bisa saja aki sudah dalam kondisi lemah hingga harus membutuhkan daya yang lebih untuk menghantarkan listrik sampai pada mesin.

Solusinya, cobalah gunakan voltmeter untuk mengetahui kondisi aki mobil anda. Jika memang sudah lemah, segera mengisi aki (untuk aki basah) atau mengganti aki (untuk aki kering).

Tapi aki saya masih bagus kok

Nah, ini solusinya. Cobalah gunakan R Project Dokter Mobil sebagai daya tambah volt stabilizer mobil anda.

2. Busi Kotor

Penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin selanjutnya, cobalah untuk mengecek kondisi busi mobil anda. Jika terdapat kotoran menumpuk, lepaskan besi secara hati-hati dari mesin lalu segera bersihkan. Anda dapat menggunakan sikat kawat atau amplas. Pastikan busi benar-benar bersih dari kotoran mengganggu.

Lihat Juga : 12 Kesalahan Perawatan Mobil

Jangan lupa cek kerenggangan busi apakah terlalu rapat atau justru terlalu renggang. Gunkan kaliper cerah untuk mengecek kerenggangannya. Jika busi dinyatakan sudah tipis atau habis maka harus segera diganti.

3. Karburator 

Kemudian, anda dapat mengecek karburator. Biasanya, permasalahan pada karburator yakni adanya percampuran bensin dengan air. Karburator umumnya terdapat pada mobil keluaran tahun 1990an, jadi tidak semua mobil terdapat komponen part karburator.

Cara mengatasinya hanya dengan membongkar lalu setel ulang pelampung karburator. Memang terbilang sulit terutama untuk orang awam mesin. Alangkah baiknya untuk memanggil mekanik kerumah agar permasalahan karburator dapat tertangani dengan baik.

4. Suhu Radiator

Berikutnya, coba untuk mengecek komponen suhu radiator. Biasanya disebut dengan WTS (Water Temperatur Sensor) atau Engine Coolap Temperature. Fungsinya tidak lain untuk mendeteksi suhu pada radiator mobil anda agar mebcegah terjadinya overheat. Radiator sangat erat kaitannya dengan mesin mobil. Radiator juga sebagai penetralisir suhu mesin agar tidak timbul overheat.

Tidak heran bila komponen bermasalah maka dapat mempengaruhi sistem injeksi mobil.

Bagaimana cara mengatasinya?

Sebaiknya disarankan untuk memanggil teknisi ahlinya sebab komponen ini cukup rentan bila terdapat kesalahan dalam memperbaiki. Jika anda tetap ingin melakukannya, anda dapat merubah jalur aliran radiator tanpa melewati WTS. Cara ini hanya berlaku pada jenis mobil tertentu dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Jika tidak, alhasil mobil semakin rusak.

5. Pompa Bensin Bermasalah

penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin

Terakhir, pompa bensin yang bermasalah juga dapat menjadi permasalahan sebab mobil tidak bisa menyala. Tanpa adanya komponen ini, maka aliran bensin dari tangki menuju karburator tidaklah berjalan sempurna. Alhasil, mobil susah menyala karena bensin tidak sampai pada karburator.

Solusinya, jangan memperbaiki sendiri. Ada baiknya untuk memanggil teknisi keteprcayaan anda agar mendapat penanganan yang tepat.

Selesai sudah ulasan mengenai penyebab mesin mobil susah hidup saat dingin. Semoga dapat membantu permasalahan mobil anda saat ini. Senang dapat menjadi sumber informasi pilihan anda. Yuk cari permasalahan mobilmu lainnya hanya di Dokter Mobil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 58697

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya