📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Inilah Alasan Radiator Mobil Modern Tidak Boleh Pakai Air Biasa

Alasan Radiator Mobil Modern Tidak Boleh Pakai Air Biasa

Benarkah radiator mobil modern tidak boleh pakai air biasa untuk mengisi di radiatornya?

Banyak yang beranggapan bahwa semua jenis radiator mobil masih boleh menggunakan air biasa untuk diisi di radiator guna menjaga suhu mesin selalu stabil dan bebas dari overheat.

Tapi ternyata, radiator mobil modern tidak boleh pakai air biasa dan harus pakai coolant, lho!

Benarkah demikian? Cari tahu fakta dan kiat perawatannya dengan simak info selengkapnya di bawah ini, yuk!

Alasan Mengapa Radiator Mobil Modern Tidak Boleh Pakai Air Biasa

Radiator mobil modern tidak boleh menggunakan air biasa karena beberapa alasan utama, seperti:

  1. Penggunaan Teknologi Mesin yang Sudah Di-upgrade

Pertama, mobil modern seringkali dilengkapi dengan mesin berjenis high compression engine yang menghasilkan suhu yang lebih tinggi.

Hal ini berarti cairan pendingin khusus diperlukan untuk menahan suhu tersebut agar mesin tetap beroperasi dengan efisien.

Penggunaan air biasa dapat menyebabkan overheating pada mesin karena tidak mampu menyerap panas secara optimal seperti cairan pendingin khusus radiator.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mesin mobil modern, penggunaan air biasa pada radiator sebaiknya dihindari.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Indikator Suhu Menggunakan Lampu Indikator

Selanjutnya, beberapa mobil modern menggunakan lampu indikator suhu yang baru menyala ketika suhu mesin mencapai titik tertentu, biasanya di atas 110 derajat Celsius.

Namun, air biasa sudah mulai menguap pada suhu sekitar 100 derajat Celsius.

Dengan demikian, penggunaan air biasa pada radiator bisa menimbulkan ketidakakuratan dalam memantau suhu mesin.

Ini bisa berujung pada situasi berbahaya di mana mesin sudah panas tetapi lampu indikator belum menyala, mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin akibat overheating yang tidak terdeteksi secara dini.

  1. Ada Potensi Korosi dan Karat

Alasan lainnya adalah potensi terjadinya korosi dan karat dalam sistem pendinginan mesin. Air biasa mengandung zat-zat yang dapat mempercepat proses korosi pada komponen logam dalam radiator dan selang-selangnya.

Sebaliknya, cairan pendingin khusus radiator sudah dirancang dengan formula anti karat untuk melindungi komponen-komponen tersebut dari kerusakan akibat korosi.

Jika air biasa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, proses oksidasi dalam radiator dapat memunculkan lapisan karat yang mengganggu kinerja radiator secara keseluruhan, bahkan dapat merusak komponen mesin lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan cairan pendingin khusus radiator sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya korosi dan karat dalam sistem pendinginan mobil modern.

  1. Menyebabkan Oil Sludge

Selain itu, penggunaan air biasa pada sistem pendinginan mesin juga dapat berdampak pada pembentukan oil sludge di dalam mesin.

Oil sludge adalah campuran antara minyak mesin yang teroksidasi dan partikel-partikel kotoran yang menumpuk di dalam mesin.

Penggunaan air biasa pada radiator dapat menyebabkan suhu mesin menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya, sehingga meningkatkan risiko pembentukan oil sludge.

Oil sludge ini dapat menyumbat saluran-saluran minyak dan pendingin di dalam mesin, mengganggu aliran minyak yang optimal, dan meningkatkan gesekan di antara komponen-komponen mesin, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang serius.

Dengan demikian, alasan-alasan tersebut menjelaskan mengapa penggunaan air biasa pada radiator mobil modern tidak dianjurkan.

Untuk menjaga kesehatan dan kinerja mesin mobil modern, penting untuk menggunakan cairan pendingin khusus radiator yang dirancang secara khusus untuk menahan suhu tinggi, mencegah korosi dan karat, serta mengurangi risiko pembentukan oil sludge dalam mesin.

Baca Juga: Cara Mengatasi Oil Sludge pada Mobil yang Paling Jitu

Tips Perawatan Radiator Mobil Modern

Berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan radiator mobil modern:

  1. Pastikan Volume Air Sudah Tepat

Memastikan volume air radiator sudah tepat sangat penting untuk mencegah kerusakan pada sistem pendinginan mobil.

Pengisian air radiator melebihi kapasitas yang direkomendasikan dapat menyebabkan tekanan berlebih pada selang dan komponen lainnya, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kebocoran atau kerusakan lainnya.

Oleh karena itu, selalu periksa dan pastikan volume air radiator berada dalam batas yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

  1. Rutin Membersihkan Tangki Radiator

Membersihkan tangki radiator secara berkala merupakan langkah penting dalam merawat radiator mobil modern.

Dengan menguras tangki radiator minimal dua minggu sekali, Anda dapat menghilangkan kotoran dan endapan yang dapat menyebabkan korosi dan mengganggu aliran cairan pendingin.

Selain itu, membersihkan tangki radiator juga membantu menjaga temperatur mesin tetap stabil dan mencegah risiko overheating.

  1. Gunakan Coolant Radiator

Sebaiknya, gunakan coolant radiator yang telah dirancang khusus untuk menjaga suhu mesin dalam mobil modern.

Coolant radiator mengandung bahan-bahan khusus yang mampu menahan suhu tinggi, mencegah korosi, dan melindungi komponen-komponen mesin dari kerusakan akibat panas dan oksidasi.

Dengan menggunakan coolant radiator, Anda dapat memastikan bahwa sistem pendinginan mobil berfungsi dengan optimal dan mengurangi risiko kerusakan mesin akibat overheating.

  1. Cek Kondisi Radiator Mobil

Sebelum menggunakan kendaraan, pastikan untuk memeriksa kondisi radiator secara menyeluruh. Periksa apakah radiator tertutup rapat dan tidak ada kebocoran yang terlihat.

Kebocoran pada radiator dapat menyebabkan kebocoran cairan pendingin, yang dapat mengakibatkan overheating dan kerusakan mesin.

Oleh karena itu, pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi radiator dan segera perbaiki jika ditemukan masalah.

  1. Mengecek Air Secara Berkala

Meskipun mobil baru umumnya tidak memerlukan pengecekan air secara rutin, tetapi disarankan untuk melakukan pengecekan minimal sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa volume air radiator tetap dalam batas yang aman dan tidak ada kebocoran yang terjadi.

Untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun, pengecekan air sebaiknya dilakukan lebih sering, minimal dua minggu sekali, untuk menghindari risiko overheating dan kerusakan mesin akibat kekurangan cairan pendingin.

  1. Memeriksa Kebocoran

Penggunaan coolant radiator juga mempermudah dalam mendeteksi kebocoran pada sistem pendinginan mobil.

Coolant radiator umumnya berwarna mencolok, seperti merah atau hijau, sehingga memudahkan dalam mendeteksi kebocoran jika terjadi.

Jika Anda melihat adanya tanda-tanda kebocoran cairan pendingin, segera periksa dan perbaiki kebocoran tersebut untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.

  1. Mengganti Radiator

Untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 7 tahun, sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti radiator secara berkala.

Meskipun radiator dapat bertahan dalam waktu yang lama, namun seiring dengan bertambahnya usia, risiko kebocoran dan kerusakan pada radiator juga meningkat.

Dengan mengganti radiator secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa sistem pendinginan mobil tetap berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko overheating dan kerusakan mesin akibat kebocoran.

Dengan menerapkan tips-tips perawatan di atas, Anda dapat menjaga kesehatan dan kinerja radiator mobil modern Anda, serta mengurangi risiko kerusakan mesin akibat penggunaan air biasa dan masalah perawatan lainnya.

Soal perawatan raditor mobil, Anda bisa percayakan permasalahan pada Dokter Mobil. Karena apapun masalah mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

Untuk info soal solusi permasalahan mobil Anda, Anda bisa langsung hubungi dan kunjungi beberapa cabang Dokter Mobil terdekat di bawah ini:

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Cara Cek Injektor Mobil Bensin Bekas

Cara Cek Injektor Mobil Bensin Bekas

Apakah Anda memiliki mobil bensin bekas dan ingin memastikan injektornya berfungsi dengan baik? Memeriksa kondisi injektor mobil bensin bekas sangat penting untuk memastikan performa kendaraan

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form