📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Cara Mengatasi Air AC Mobil Menetes di Daihatsu Rocky

Cara Mengatasi Air AC Mobil Menetes di Daihatsu Rocky

Apakah air AC mobil menetes adalah hal yang wajar? Yang mana ketika mobil berhenti atau diparkirkan pada suatu tempat maka akan ada air yang menetes.

Air tersebut berasal dari AC mobil. Dengan kata lain AC mobil mengalami kebocoran. Tapi hal tersebut jangan membuat Anda panik karena hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Yang mana air yang menetes merupakan hasil dari kinerja cooler dari proses kondensasi sehingga memiliki embun yang mendukung dan akhirnya menetes.

Untuk mencegah menetesnya air AC pada mobil Daihatsu Rocky, ada baiknya anda melakukan beberapa cara mengatasi air AC mobil menetes berikut ini.

Beberapa cara ini dapat membantu anda untuk membuat air ac tersebut tidak lagi jatoh.

Namun sebelum itu, anda harus simak terlebih dahulu apakah air ac mobil itu, dan apakah normal atau tidak jika ada air yang menetes. Simaklah dan cermati baik-baik untuk dapat mengetahuinya.

Air AC Mobil Menetes

AC merupakan salah satu komponen yang ada di dalam mobil dan berfungsi untuk menjadi elemen pendingin dan membuat udara yang ada di dalam mobil akan terasa sejuk dan tidak panas.

Apa biasanya mengalami proses penguapan dan pengembunan ketika sedang digunakan. Yang mana AC akan meneteskan air di bagian depan mobil tepatnya di bawah mesin.

Dan jika mobil memiliki AC 2 blower maka air AC mobil menetes di bagian belakang juga.

Namun jika tidak ada tetesan air pada lubang pembuangan AC maka AC mobil tidak baik-baik saja. Dengan kata lain jika air AC mobil tidak menetes maka penguapannya tidak sempurna.

Atau bisa saja air AC mobil tidak mendarat karena tersumbat dengan kotoran- kotoran yang ada.

Yang mana jika hal tersebut terjadi maka udara yang dikeluarkan AC adalah udara yang tidak sehat bagi orang-orang yang menghirupnya.

Saat inilah Anda harus melakukan servis mobil agar air AC mobil menetes di saluran pembuangan. Dan membuat kerusakan kecil yang ada bisa dengan mudah diperbaiki.

Cara Mengatasi Air AC Mobil Yang Menetes

Cara mengatasi air AC mobil yang menetes di bagian dalam kabin mobil tidak sulit untuk dilakukan.

Bahkan dapat dilakukan secara mandiri dari rumah tanpa bantuan bengkel sama sekali. Berikut adalah cara mengatasi air AC mobil yang menetes:

  1. Cara yang pertama Anda bisa mengecek selang pembuangan AC Apakah tersumbat atau tidak. Ciri selang yang tersumbat yaitu adanya gel atau lendir yang terdapat di dalam selang tersebut. Jika ada Anda bisa memasukkan lidi atau kawat panjang untuk menghilangkan lendir atau gel yang ada di dalam selang tersebut.
  2. Cara yang kedua yaitu dengan memeriksa apakah selang terjepit karat atau tidak. Yang mana pada selang AC biasanya terdapat karet yang sewaktu-waktu bisa saja mengerutkan dan menjepit selang sehingga membuat air tidak bisa lewat. Jika ada karet yang mengerutkan telah Anda bisa melepasnya agar air AC tidak menetes dalam kabin mobil.
  3. Cara yang ketiga yang mudah untuk dilakukan yaitu memeriksa sambungan selang pembuangan AC lepas atau tidak. Karena jika sambungannya lepas apa air AC bisa keluar dan menetes di bagian dalam kabin mobil.

Ada tiga cara yang bisa anda terapkan agar air tidak lagi menetes dari AC mobil Daihatsu Rocky. Ketiga cara tersebut sangat mudah untuk anda pahami dan terapkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pastikan untuk melakukan pengecekan dan cara mengatasi tersebut beberapa kali ya.

Karena cara ini juga termasuk bagian dari bagaimana kita merawat AC mobil agar tetap dingin dan jauh dari kata rusak.

BACA JUGA: Daihatsu Rocky, Ketahui Spesifikasi hingga Tips Perawatan

Normalkah Air AC Mobil Menetes?

Sebenarnya jika air AC mobil menetes di bagian bawah mobil melalui selang pembuangan air AC itu merupakan hal wajar yang sering terjadi.

Namun jika air AC menetes di dalam mobil bisa saja terjadi masalah-masalah yang harus segera Anda cari tahu.

Adapun biasanya penyebab dari air asin mobil yang menetes di dalam kambing mobil itu karena selang pembuangan AC tersumbat.

Hal tersebut terjadi karena adanya evaporator yang kotor sehingga menimbulkan cairan yang berupa gel atau lendir yang menyumbat selang pembuangan.

Yang kedua adalah permasalahan selang yang terjepit di karet yang mana karet tersebut berada pada body selang itu sendiri.

Kemudian yang ketiga bisa saja disebabkan karena sambungan selang pembuangan AC lepas.

Sehingga jika terjadi air AC mobil menetes di dalam kabin mobil Anda bisa mengecek Apakah sambungan selang pembuangan AC tersebut lepas atau tidak.

Mengapa Air AC Mobil Menetes?

Sebenarnya air AC mobil menetes dari saluran pembuangan air AC maka hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar terjadi.

Namun jika air AC keluar dari saluran-saluran yang tidak wajar maka mungkin saja terjadi kerusakan pada AC. Ada banyak alasan yang membuat air AC mobil menetes.

Simaklah penjelasan di bawah ini untuk mengetahui alasan air AC mobil menetes.

Seringkali jika terdapat masalah pada AC maka kekuatan angin yang dihasilkan oleh AC tidak akan bisa maksimal.

Bahkan hembusan angin yang dikeluarkan AC bisa saja berubah menjadi panas dan membuat penumpang yang ada di dalam mobil merasa tidak nyaman.

Adanya tiupan yang kurang kencang dan hembusan udara yang panas tersebut bisa saja terjadi karena blower AC dan evaporator yang kotor.

Yang mana kotornya power AC dan evaporator tersebut membuat banyak sekali kotoran dan debu yang menumpuk. Sehingga AC mobil tidak bisa bekerja secara optimal.

Alasan alasan lainnya yang membuat air AC mobil menetes yaitu karena melawan AC yang jarang dibersihkan. Yang mana hal tersebut membuat debut menumpuk di bilah blower dan membuat evaporator juga ikut kotor.

Sehingga aliran udara dan hembusan angin yang dihasilkan oleh AC memburuk dan membawa debu.

Jadi untuk menghindari hal tersebut bersihkanlah blower dan evaporator AC minimal selama setahun sekali. Selain itu bersihkanlah filter kabin dan ganti secara rutin ketika Anda melakukan servis AC mobil.

Air AC Mobil Menetes Tanda  AC Mobil Perlu Diganti

Air AC mobil yang menetes secara tidak wajar adalah salah satu tanda atau mobil perlu diganti.

Penting untuk memeriksa kondisi kompresor AC secara berkala untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan yang ada pada aset tersebut.

Karena kompresor AC sendiri merupakan hal yang sangat penting dan bertanggung jawab dalam mengalirkan freon ke seluruh komponen untuk menciptakan Udara yang sejuk di dalam mobil.

Nama siapa sangka juga kondisi kompresor merupakan kondisi yang sering diabaikan oleh pemilik pemilik mobil.

Padahal kompresor merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem kerja AC mobil. Yang mana jika Anda merasa tidak cukup dingin maka masalahnya terletak di kompresor.

Biasanya karena tekanan freon yang ada di kompresor menjadi lebih lemah.

Udara yang tidak dingin juga disebabkan karena sistem kompresor yang tergores parah yang biasanya terjadi karena oli kompresor yang tidak pernah diganti.

Jika hal tersebut terjadi maka Anda harus mengganti komplresor dan untuk selanjutnya gantilah oleh kompresor secara berkala agar tidak terjadi kerusakan komponen bagian mobil tersebut.

Ciri-Ciri Evaporator Rusak

Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa evaporator AC mobil itu rusak. Jadi Anda perlu memeriksanya secara berkala agar mengetahui jika evaporator AC mobil tanda dalam keadaan rusak atau tidak.

Bagian evaporator ini berfungsi untuk menyerap panas di udara lalu menggantinya dengan udara dingin yang berasal dari blower.

Tapi jika evaporator AC mobil mengalami kerusakan maka di dalam evaporator tersebut akan ada lubang yang membuat freon bocor.

Hal ini jelas lama-lama akan menguras freon dan membuat AC mobil menjadi tidak dingin. Apalagi jika lubang yang ada semakin terbuka dan semakin parah maka evaporator mobil harus diganti.

Ciri-ciri evaporator rusak yang lain yaitu adanya kotoran atau debu yang belum tersaring melalui filter kabin dan menumpuk di bagian evaporator sehingga menutup panggangan evaporator tersebut.

Hal tersebut mengakibatkan udara dari blower AC tidak akan kuat dan terasa lemah karena tertutup oleh debu dan kotoran yang ada. Hal inilah yang membuat servis AC perlu untuk dilakukan untuk membersihkan debu-debu dan kotoran yang ada di evaporator AC tersebut.

Cara Memeriksa Kondisi Kompresor AC Mobil Daihatsu Rocky

Berikut beberapa cara untuk memeriksa kondisi kompresor AC mobil Daihatsu Rocky:

1. Periksa Kinerja AC

  • Nyalakan AC mobil dan rasakan dinginnya udara yang keluar.
  • Jika AC tidak dingin sama sekali, kemungkinan kompresor bermasalah.
  • Periksa juga apakah ada suara berisik yang keluar dari kompresor saat AC dinyalakan.

2. Periksa Tekanan Freon

  • Gunakan alat manifold gauge untuk mengukur tekanan freon pada sistem AC.
  • Tekanan freon yang rendah menandakan adanya kebocoran atau masalah pada kompresor.

3. Periksa Oli Kompresor

  • Periksa level dan kondisi oli kompresor AC.
  • Oli yang berkurang atau kotor menandakan adanya masalah pada kompresor.

4. Periksa Ampere Kompresor

  • Gunakan alat tang ampere untuk mengukur ampere kompresor AC.
  • Ampere yang terlalu tinggi atau rendah menandakan adanya masalah pada kompresor.

Tindakan Jika Air AC Mobil Masih Menetes Setelah Pembersihan

Jika setelah melakukan pembersihan blower dan evaporator AC, air AC mobil masih menetes secara tidak wajar di dalam kabin mobil, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Periksa Selang Pembuangan Air AC

  • Pastikan selang pembuangan air AC tidak tersumbat atau tertekuk.
  • Bersihkan selang pembuangan air AC jika tersumbat.

2. Periksa Tatakan Evaporator

  • Pastikan tatakan evaporator tidak bocor.
  • Ganti tatakan evaporator jika bocor.

3. Periksa Housing Blower

  • Pastikan housing blower tidak bocor.
  • Ganti housing blower jika bocor.

4. Periksa Kondensor AC

  • Pastikan kondensor AC tidak tersumbat kotoran.
  • Bersihkan kondensor AC jika tersumbat.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas air AC masih menetes, kemungkinan ada kerusakan pada komponen lain di dalam sistem AC.

Sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi yang berpengalaman.

Tips:

  • Lakukan servis AC mobil secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali.
  • Gunakan filter AC yang berkualitas untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sistem AC.
  • Hindari penggunaan AC mobil yang berlebihan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form