New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
5 Cara Mudah Menghilangkan Asap Putih Pada Mobil Diesel

5 Cara Menghilangkan Asap Putih Mobil Diesel

Kadangkala mobil diesel mengeluarkan asap putih perlu ditilik penyebabnya. Ada cara menghilangkan asap putih mobil diesel anda. Bagaimana caranya? Untuk mengatasi hal tersebut, poin pertama yang Anda harus ketahui terlebih dahulu yakni apa penyebab ngebul pada mobil bermesin diesel Anda?

5 Cara Menghilangkan Asap Putih  Mobil Diesel

cara menghilangkan asap putih mobil diesel

Ada beberapa poin utama yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan asap pada mobil diesel. Berikut ini adalah cara-cara tersebut :

1. Membersihkan Peranti Saringan Udara

Kepulan asap yang terdapat pada mesin diesel dapat disebabkan karena saringan udara yang kotor. Udara yang kotor tersebut dapat masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna tersebut dapat menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih yang tebal.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bersihkanlah saringan udara setidaknya 3 bulan sekali atau setiap 1000km tapi akan lebih baiknya kita mengikuti panduan dari buku serve yang ada, namun perlu diperhatikan jarak tempuh dan medan yang dilalui serta kondisi alam karena sangat mempengaruhi kondisi filter udara mobil, seperti jalan berdebu dan berpasir. Jika saringan udara tersebut dirasa telah rusak segera ganti dengan saringan udara yang baru agar tidak menimbulkan masalah baru pada mobil disel Anda.

2. Memeriksa Seal Mesin

Penyebab timbulnya asap putih pada mesin diesel dapat disebabkan oleh seal klep mesin yang aus. Seal klep mesin yang aus biasanya disebabkan karena adanya gesekan tidak wajar atau juga bisa karena overheating. Ketika seal klep rusak maka akan terjadi celah dan oli akan merembes ke dalam ruang pembakaran.

Untuk mengatasi dan menghindari hal yang lebih parah sebaiknya gantilah seal klep mesin dengan yang baru, jika sekiranya seal mesin Anda telah rusak atau aus.

3. Memeriksa Ecu Pada Mobil Diesel

Cara menghilangkan asap putih mobil diesel yang ketiga Ecu merupakan kepanjangan dari Electronic Control Unit. Ecu yang tidak akurat juga dapat menyebabkan kepulan pada asap mobil. ECU yang tidak akurat membuat timing tidak pas dan membuat banyaknya semburan pada bahan bakar yang tidak sesuai sehingga membuat bahan bakar lebih boros dan terbuang sia-sia. Periksalah ke bengkel resmi untuk memeriksa komponen ini, karena membutuhkan alat khusus untuk pengecekan kondisi ECU.

4. Selalu Rutin Memeriksa Mesin Mobil Diesel

5 cara menghilangkan asap putih mobil diesel

Cara menghilangkan asap putih mobil diesel Yang terakhir adalah Anda harus selalu rutin memeriksa mesin dan perangkat-perangkat lainnya pada mobil. Dengan cara memperhatikan suara mesin, getaran mesin, pengecekan oli mesin, dan tenaga mesin saat dikendarai. hal ini bukan hanya berguna untuk menghindari kepulan asap tebal yang bisa saja terjadi, tetapi juga menghindari penyebab kerusakan lain pada mesin mobil Anda.

Itulah ulasan artikel terkait cara menghilangkan asap putih mobil diesel. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kita semua.

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami untuk cara menghilangkan asap putih mobil diesel. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

2 Responses

    1. Jika mobil Anda mulai menunjukkan knalpot mengeluarkan asap putih, maka hati-hati. Bisa saja oli mobil sudah bocor masuk ke ruang pembakaran. … Ada beberapa penyebab oli bocor ke ruang bakar. Bisa disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!